Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Untuk Tangkal Corona dengan Mengkonsumsi 7 Minuman Herbal Ini
Kuliner
COVID-19 di Indonesia

Ada beberapa minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh demi menangkal virus Corona? Penasaran apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Penyebaran virus Corona yang semakin ganas mengharuskan kita untuk lebih ekstra dalam menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya sistem imun yang kuat akan membuat tubuh tidak mudah terjangkit berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19.

Selain berolahraga dan mengkonsumsi makanan bernutrisi, meminum minuman herbal juga bisa dilakukan untuk menangkal Corona. Hal ini disebabkan karena bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman herbal berkhasiat sebagai obat alami karena mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan.


Selain itu, minuman herbal juga dipercaya minim efek samping berbahaya bagi tubuh. Nah, mau tahu minuman herbal apa saja yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus Corona? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Empon-Empon


Empon-Empon

Minuman herbal satu ini belakangan sedang naik daun karena direkomendasikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Empon-empon sendiri dikenal sebagai ramuan herbal yang terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, kunyit hingga serai.

Jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini dapat memberikan berbagai manfaat. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, melegakan tenggorokan dan pernafasan, sebagai obat flu dan batuk, mengurangi perih di perut serta membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama kupas jahe dan kunyit lalu cuci dengan sereh hingga bersih. Setelah itu geprek jahe hingga pipih. Masukkan ketiga bahan itu ke dalam air mendidih dan rebus selama kurang lebih 10 hingga 15 menit hingga air berubah menjadi kecokelatan. Lalu saring air rebusan tersebut ke dalam gelas dan minuman herbal empon-empon siap disajikan.

2. STMJ (Susu Telur Madu Jahe)


STMJ (Susu Telur Madu Jahe)

Minuman herbal berikutnya yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Ada banyak orang yang menyukai minuman ini karena memiliki rasa yang nikmat dan mampu memberikan manfaat baik untuk tubuh. Pasalnya minuman ini terbuat dari campuran madu dan telur dengan susu yang lembut serta jahe, sehingga mampu memberikan sensasi rasa gurih, manis dan menghangatkan.

Untuk membuatnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah rebus susu dengan jahe yang sudah dimemarkan hingga mendidih. Setelah itu tuang rebusan tersebut ke dalam gelas lalu masukkan telur ayam kampung di dalamnya. Aduk dengan cepat agar tidak menggumpal lalu tambahkan tiga sendok makan madu atau sesuai selera. Aduk hingga benar-benar rata sebelum disajikan.

3. Temulawak Jahe Mint


Temulawak Jahe Mint

Kamu juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh dengan meminum temulawak jahe mint. Temulawak sendiri memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Mulai dari mencegah virus dan bakteri, mengatasi masalah pencernaan, mencegah kanker, obat anti radang dan obat anti kejang.

Untuk membuat ramuan ini tidaklah sulit. Pertama cuci bersih temulawak, jahe dan daun mint. Setelah itu kupas kulit jahe dan temulawak lalu geprek hingga pipih. Kemudian rebus jahe, temulawak dan gula aren bersama air. Jika sudah mendidih, saring air rebusan tersebut ke dalam gelas. Terakhir masukkan daun mint dan perasan jeruk nipis dan minuman herbal ini siap dinikmati.

4. Kunyit Asam


Kunyit Asam

Minuman herbal kunyit asam juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita karena mengandung banyak curcumin. Kunyit sendiri memiliki manfaat untuk meredakan peradangan, mengobati maag, melawan infeksi, meredakan nyeri haid serta sebagai obat alergi alami.

Cara membuat minuman ini sangatlah mudah. Pertama kupas kunyit, cuci hingga bersih lalu tumbuk hingga sedikit halus. Setelah itu rebus air hingga mendidih dan masukkan semua bahan ke dalamnya. Rebus kurang lebih selama 30 menit dengan air kecil hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Jika sudah, saring air rebusan tersebut dan tambahkan madu sesuai selera. Minuman herbal kunyit asam siap dinikmati.

5. Wedang Uwuh


Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah salah satu jenis minuman yang bisa digunakan sebagai penangkal Corona. Dinamakan uwuh karena minuman ini dipenuhi dengan bahan-bahan berupa dedaunan yang mirip dengan sampah. Sebab dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Wedang ini sendiri memiliki aroma harum bercita rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya antara lain 10 serut kayu secang, 1 buah serai, 2 buah kapulaga, 3cm kayu manis, 1 buah jahe yang telah dibakar dan dimemarkan, 2 lembar daun jeruk, 1 buah gula batu dan air sebanyak 1200 ml. Pertama, cuci semua bahan hingga bersih lalu masukkan ke dalam panci yang berisi air. Rebus bahan-bahan tersebut selama kurang lebih 5 menit hingga warna airnya berubah menjadi merah. Kemudian masukkan gula batu secukupnya sebagai perasa manis dan wedang uwuh siap dinikmati.

6. Wedang Jahe


Wedang Jahe

Wedang jahe yang kaya vitamin juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus Corona. Di antara manfaat baik lain yang dimiliki wedang jahe adalah untuk mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendi dan otot serta mencegah risiko penyakit jantung.

Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama rebus air bersama jahe, serai, daun pandan, sedikit garam dan kayu manis. Tunggu hingga air rebusan tersebut mengeluarkan aroma wangi. Setelah itu masukkan gula merah dan madu dan aduk hingga rata. Biarkan mendidih hingga airnya berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Terakhir, angkat dan diamkan hingga hangat lalu saring ke dalam gelas. Wedang jahe pun siap dinikmati.

7. Wedang Pokak


Wedang Pokak

Wedang pokak merupakan minuman herbal yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur, juga dapat dikonsumsi untuk menangkal virus Corona. Minuman ini sendiri memiliki aroma harum dan dapat menghangatkan tubuh. Salah satu bahan dasar minuman ini adalah jahe yang memiliki kandungan curcumin dan gingerol yang berkhasiat untuk meningkatkan daya taha tubuh.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat wedang pokak antara lain 2 batang serai, 1 batang kayu manis, 2 lembar daun pandan, 2 buah kapulaga, 3 buah cengkeh, 1 buah pokak (bunga lawang), setengah sendok teh merica, 100 gram gula merah serta air secukupnya. Untuk membuatnya, pertama masukkan semua bahan ke dalam panci berisi air lalu rebus hingga berwarna kecokelatan. Biarkan hingga mendidih dan berbau wangi. Jika sudah, saring ke dalam gelas dan tambahkan gula sesuai dengan selera. Minum selagi hangat agar terasa nikmat.

Demikian tujuh minuman herbal yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai ide camilan lezat yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui resep minuman ala cafe yang bisa dibuat sendiri di rumah.

You can share this post!

Related Posts