Salahkan WHO Soal Wabah Corona, Donald Trump Sigap Ancam Potong Dana
Dunia

Presiden AS Donald Trump menilai WHO sudah sangat terlambat dalam menindak wabah virus Corona. Kesalahan fatal ini membuat Trump berencana untuk memotong dana WHO.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump benar-benar dibuat pening dengan wabah virus Corona yang membuat babak belur negaranya. Dan di tengah situasi itu, Trump acap kali menyalahkan pihak-pihak yang dianggapnya bertanggung jawab atas wabah COVID-19.

Kali ini Trump dilaporkan menyalahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Konglomerat bidang properti itu menyebut WHO sudah banyak melakukan kesalahan di berbagai aspek terkait penyakit yang kekinian telah menjadi pandemi global itu.

"Mereka benar-benar melakukan hal yang buruk kepada kita. Mereka tidak bekerja cepat, ini jelas-jelas merupakan langkah yang salah," tutur Trump dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Putih, Selasa (7/4) waktu setempat. "Saya bisa bilang langkah yang mereka lakukan, di semua aspek, benar-benar kesalahan."

Salah satu hal yang begitu Trump soroti adalah perihal pemberitahuan status pandemi global yang dinilainya terlambat. Sebab WHO baru menetapkan status pandemi itu pada awal Maret 2020, ketika kasus di dunia masih 121 ribu, hanya sekitar 10 persen dari total kasus saat ini.


"Kalau kita runut satu-persatu, mereka selalu bilang tak ada masalah besar, selalu seperti itu," ujar Trump, dilansir dari CNBC. "Padahal saya tahu tidak ada yang tidak apa-apa. Lalu saya mengambil kebijakan menutup lalu lintas internasional, mereka bilang saya melakukan kesalahan, dan sekarang ketahuan saya lah yang benar."

Karena itulah Trump berpikir untuk memberi sanksi kepada WHO. Masih dikutip dari konferensi persnya, Trump mengancam akan memotong dana untuk organisasi kesehatan yang kini dikomandoi Tedros Adhayanom Ghebreyesus itu.

"Kami akan memotong aliran dana ke WHO," uajr Trump. "Kami siap melakukan ini karena, seperti yang kalian tahu sendiri, mereka sudah melakukan hal yang salah."

Mirisnya, Trump pun kembali menyebutkan hal bernada rasisme untuk "menghukum" WHO. "Padahal kalian tahu WHO mendapat asupan dana terbesar dari Amerika Serikat, tetapi mereka sangat Cinasentris. Kami sangat menyadari hal itu," imbuhnya.

Namun Trump tak merinci bagaimana ia akan memotong aliran dana untuk WHO. Sebab saat ini Kongres AS sudah menyepakati USD122 juta untuk WHO tahun ini. Trump sendiri berencana untuk memotong dana sampai setengahnya, yakni USD58 juta untuk tahun depan, meski banyak pihak meyakini hal tersebut tak akan disepakati Kongres AS, apalagi di tengah wabah virus Corona seperti ini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait