Aman dan Tak Butuh Banyak Biaya, Berikut 7 Cara Alami Untuk Mengatasi Mata Bintitan
Health

Mata bintitan tak hanya menimbulkan rasa gatal dan nyeri, tapi juga bisa mengganggu penampilan dan membuat kita merasa kurang percaya diri. Jika Anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya coba atasi dengan tujuh cara alami ini.

WowKeren - Mata bintitan sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang sepele. Meski demikian, kondisi ini bisa mengganggu penampilan yang membuat seseorang merasa kurang percaya diri saat berada di depan umum.

Mata bintitan sendiri disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang berkembang di bagian akar rambut pada bulu mata. Bintitan yang muncul biasanya berupa benjolan berwarna kemerahan di kelopak mata. Gejala ini biasanya disertai dengan rasa gatal hingga nyeri.

Jika kamu sedang mengalami masalah satu ini, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara alami yang aman dan tak membutuhkan banyak biaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata bintitan. Penasaran apa sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Bersihkan Mata dengan Air Bersih


Bersihkan Mata dengan Air Bersih

Ketika muncul bintitan di mata, usahakan untuk membersihkannya secara rutin menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan air sabun dan sampo yang lembut agar kuman pengaruh bintitan tidak menyebar kemana-mana. Misalnya adalah sabun dan sampo bayi yang mengandung berbagai bahan alami dan lembut bagi kulit.

Saat mulai membersihkan, tutup mata dan bersihkan secara perlahan kelopak mata yang bintitan lalu pijat dan bilas dengan air bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah diberi sabun dan oleskan secara lembut pada area sekitar mata. Terakhir bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

2. Kompres Air Hangat


Kompres Air Hangat

Tak hanya dibersihkan, mata bintitan juga perlu dikompres dengan air hangat. Cara ini bisa mengurangi rasa gatal pada mata dan mengempiskan bagiannya yang bengkak. Jika bintitan yang kamu alami sampai bernanah, metode ini bisa membantu mengencerkan nanah di dalamnya agar cepat kempis.

Untuk melakukannya, pertama siapkan handuk, air hangat dan wadahnya. Rendam handuk tersebut dengan air hangat lalu kompres pada mata selama 15-20 menit sampai nanah atau gelembungnya kempis. Kamu bisa melakukan metode ini sesering mungkin atau kapanpun saat merasa mata tidak nyaman.

3. Gunakan Air Garam


Gunakan Air Garam

Garam memiliki sifat anti bakteri dan mengandung magnesium serta mineral yang bisa membunuh kuman, virus maupun bakteri. Karena itulah bahan alami satu ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mata yang bintitan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu menyiapkan kapas, garam dan air bersih. Pertama, larutkan garam ke dalam air hangat dan aduk sampai benar-benar rata. Celupkan kapas atau kain lembut ke dalam larutan tersebut lalu letakkan di mata yang bintitan. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan ulangi sampai bintitan kamu kempis atau nanahnya keluar.

4. Oleskan Getah Lidah Buaya


Oleskan Getah Lidah Buaya

Lidah buaya juga ampuh menyembuhkan mata bintitan karena bersifat analgesik dan anti bakteri. Sifat ini didapat dari kandungan mineral, vitamin dan senyawa penting lainnya yang biasa digunakan sebagai bahan pengobatan. Karena itulah lidah buaya sering digunakan sebagai pereda nyeri serta anti virus.

Untuk mengatasi mata bintitan dengan lidah buaya, pertama belah daun lidah buaya dan ambil sedikit getah beningnya menggunakan cotton bud. Kemudian oleskan getah tersebut pada area mata yang bintitan secara perlahan. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai infeksi mereda.

5. Kompres dengan Teh Celup


Kompres dengan Teh Celup

Teh sudah banyak digunakan sebagai pengobatan seputar mata seperti kantung hitam dan mata panda. Tak hanya itu, sebab teh celup juga diyakini mampu mengurangi bengkak pada mata bintitan dan menyembuhkan infeksinya.

Untuk melakukan metode ini, terlebih dulu seduh teh dalam cangkir berisi air panas. Diamkan selama 1 menit sampai sari dari tehnya benar-benar keluar. Angkat kantong teh tersebut dan tunggu sampai tidak terlalu panas lalu tempelkan pada mata bintitan sekitar 5 menit atau sampai kantong terasa dingin. Jika kamu mengalami bintitan di mata lainnya, sebaiknya gunakan kantong teh yang berbeda ya.

6. Jangan Menyentuh atau Menekan Mata


Jangan Menyentuh atau Menekan Mata

Selain menggunakan bahan alami, tindakan kita juga berpengaruh pada proses penyembuhan mata bintitan. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengobatinya adalah dengan tidak menekannya. Kondisi mata akan semakin buruk jika disentuh dan ditekan dengan tangan yang kotor. Hal inilah yang membuat mata bintitan kita tak kunjung sembuh sebab kotoran dan kuman yang bersarang di tangan bisa berpindah ke mata.

Mata bintitan memang menimbulkan sensasi rasa gatal yang luar biasa, namun sebaiknya kita tidak menggaruk, menyentuh atau bahkan menekannya. Jika kamu menggaruk, rasa gatal itu mungkin akan hilang untuk sementara waktu, namun rasa gatalnya akan semakin terasa beberapa saat kemudian. Kalaupun kamu ingin menyentuhnya, pastikan dulu tanganmu sudah bersih dan usahakan untuk tidak menggaruknya ya.

7. Hindari Penggunaan Kosmetik dan Lensa Kontak


Hindari Penggunaan Kosmetik dan Lensa Kontak

Ketika mata sedang bintitan, sebaiknya hindari kebiasaan atau aktivitas yang bisa membuat infeksi semakin parah. Salah satunya adalah penggunaan kosmetik yang dikhawatirkan bisa menyalurkan lebih banyak bakteri ke mata. Apalagi jika produk kosmetik dan perlengkapan makeup yang kamu miliki jarang dibersihkan.

Selain kosmetik, hindari juga penggunaan lensa kontak selama mata bintitan. Pasalnya bakteri dari bintitan bisa berpindah ke lensa kontak sehingga infeksi akan semakin tersebar. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kacamata untuk sementara waktu.

Demikian tujuh cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata bintitan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi mata ikan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan vagina yang gatal.

You can share this post!

Related Posts