Tetap Cantik Meski #Dirumahaja, Pakai 8 Masker Alami Ini Untuk Merawat Kulit Saat Karantina Mandiri
Lifestyle
#dirumahsaja

Merawat wajah saat menjalani karantina mandiri di rumah tetap penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker alami yang bisa dibuat sendiri di rumah seperti berikut ini.

WowKeren - Menjalani karantina mandiri di rumah untuk meminimalisir penyebaran Corona cenderung membuat kita mengabaikan perawatan wajah. Ini karena kita tidak harus keluar rumah untuk bertemu rekan maupun teman, sehingga tidak perlu berdandan cantik.

Padahal kita tetap harus menjaga penampilan wajah dan membuatnya tetap ternutrisi, salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah. Dalam situasi seperti saat ini, lebih baik membuat masker sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada.

Dengan membuat masker sendiri di rumah, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Mulai dari membunuh waktu selama berdiam diri di rumah hingga merawat wajah secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Nah, berikut delapan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker wajah sendiri di rumah.

(wk/eval)

1. Masker Alpukat


Masker Alpukat

Bahan alami pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker adalah alpukat. Buah ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin A di dalam alpukat berguna untuk membersihkan sel kulit mati, ada juga asam amino glutamin yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin C yang berkhasiat untuk memproduksi elastin dan kolagen agar kulit tetap terasa kenyal.

Untuk menjadikannya masker, kamu hanya perlu menghaluskan bagian dagingnya. Setelah itu campur dengan madu secukupnya dan aduk sampai rata. Simpan di kulkas sebelum diaplikasikan pada wajah untuk mendapatkan sensasi dingin. Setelah dioleskan pada wajah diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air biasa.

2. Masker Putih Telur


Masker Putih Telur

Putih telur juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar masker wajah. Hal ini dikarenakan putih telur mengandung vitamin A yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, mengurangi kerutan dan garis halus serta mencerahkan wajah. Jika kamu menggunakan masker putih telur secara rutin, wajah akan terasa lebih kencang.

Kamu bisa langsung mengaplikasikan putih telur pada wajah yang telah dibersihkan untuk menjadikannya masker. Tapi jika tidak menyukai bau amisnya, kamu bisa mencampurkan lemon atau jeruk nipis. Setelah itu oleskan pada wajah sampai mengering. Tapi ingat, usahakan untuk tidak menggerakkan wajah saat menggunakan masker telur karena dapat menimbulkan kerutan di wajah.

3. Masker Lidah Buaya


Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan karena mengandung vitamin C, vitamin E dan vitamin A. Ada juga kandungan antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas pada kulit. Tak hanya itu, zat aloesin yang ada di dalamnya bisa menghambat pembentukan melanin. Melanin sendiri merupakan senyawa yang bisa membuat wajah menjadi gelap. Menariknya lagi, lidah buaya juga memiliki manfaat melembabkan dan dapat mengurangi iritasi pada kulit.

Penggunaannya sebagai masker sangat mudah. Kalian hanya perlu mengelupas kulitnya lalu ambil bagian gelnya. Setelah itu hancurkan daging lidah buaya lalu oleskan secara merata pada wajah. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan air mawar atau madu lalu biarkan meresap ke dalam sebelum dibilas.

4. Masker Wortel


Masker Wortel

Kantung mata yang hitam bisa cukup mengganggu penampilan. Selain disebabkan karena faktor usia, kantung mata hitam juga bisa disebabkan karena gaya hidup. Bagi kamu yang terlalu sering begadang, tentu sangat berisiko mengalami masalah satu ini. Tapi tenang, karena kamu bisa menggunakan masker wortel untuk mengatasinya.

Untuk membuat masker wortel, kamu harus menghaluskan wortel dan air dengan blender. Buat sampai teksturnya mengental agar bisa menempel dengan mudah di kulit. Aplikasikan masker tersebut ke bagian mata yang berkantung lalu diamkan selama 15-20 menit. Angkat sisa masker dengan handuk dan air hangat lalu bersihkan dengan air. Terakhir, gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

5. Masker Bengkuang


Masker Bengkuang

Karena manfaatnya untuk kecantikan, bengkuang sering digunakan sebagai bahan dasar dari berbagai produk kecantikan. Bengkuang dapat mencerahkan wajah karena mengandung vitamin B1 dan C. Kandungan ini mampu mengangkat sel kulit mati lalu digantikan dengan yang baru sehingga kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, bengkuang juga bisa mencegah penuaan dini dan menghilangkan flek hitam.

Cara membuat masker bengkuang di rumah sangat mudah. Kamu cukup menghaluskan buah bengkuang lalu aplikasikan pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa memeras buah bengkuang yang telah dihaluskan dengan air kemudian haluskan ke seluruh wajah. Biarkan mengering selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Masker Pepaya


Masker Pepaya

Buah pepaya yang manis dan menyegarkan juga berguna untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, E dan C sebagai antioksidan juga bisa membantu menutrisi dan melembabkan kulit. Karena itulah buah satu ini bisa kamu manfaatkan untuk masker wajah.

Cara menggunakannya sebagai masker sangat mudah. Pertama haluskan pepaya lalu campur dengan madu sampai rata. Jika sudah, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama sekitar 30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin setiap minggu.

7. Masker Minyak Zaitun


Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Bahan satu ini mengandung banyak nutrisi dan kaya akan antioksidan polifenol, kandungan vitamin E dan K, lemak, phenolic dan zat besi. Beberapa kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memelihara kesehatan kulit. Karena itulah minyak zaitun merupakan salah satu pilihan paling tepat untuk digunakan merawat kecantikan diri.

Cara pembuatan masker zaitun sangat mudah. Sebab kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

8. Masker Tomat


Masker Tomat

Tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah alami karena bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Selain itu, buah satu ini juga bisa menghindarkan kulit dari jerawat, kulit kering, kusam, mengecilkan pori-pori serta melindungi wajah dari paparan sinar UV.

Cara pembuatan masker tomat sendiri sangat mudah sebab kamu hanya perlu menghancurkan tomat lalu oleskan pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan madu dan yoghurt lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga 2-3 kali seminggu.

Demikian delapan masker alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips membuat wajah tetap segar selama berpuasa. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

You can share this post!

Related Posts