Tetap Menarik Saat di Rumah Aja, Ikuti 8 Tips Ini Untuk Membuat Wajah Terlihat Segar Selama Puasa
Lifestyle

Saat berpuasa, wajah biasanya terlihat lebih lesu karena kurangnya asupan makanan dan minuman untuk tubuh. Meski banyak berdiam di rumah selama Ramadan kali ini, kita tetap harus menjaga kesegaran wajah, di antaranya dengan melakukan 8 tips ini.

WowKeren - Berpuasa selama 13 jam sering kali membuat tubuh menjadi lemas dan wajah terlihat kusut. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan makanan dan minuman yang biasa kita terima sepanjang hari. Meskipun Ramadan kali ini kita diimbau untuk tetap di rumah saja karena wabah Corona, bukan berarti kita bisa mengabaikan penampilan wajah.

Karena itulah penting untuk menjaga kesegaran wajah agar kulit tetap sehat dan menarik meski sedang berpuasa. Nah, apa kamu ingin tahu bagaimana cara menjaga kesegaran wajah selama berpuasa di bulan Ramadan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Cukupi Kebutuhan Cairan


Cukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tak hanya berguna untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, tapi juga bisa menjaga kesegaran wajah. Dengan begitu, wajah tidak akan terlihat pucat atau kusut meski berpuasa seharian.

Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Kamu bisa menerapkan pola 2-4-2, yakni dua gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari dehidrasi saat berpuasa dan wajah akan selalu terlihat segar.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur


Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap kondisi wajah. Di antara jenis makanan yang bisa membuat wajah tetap segar selama berpuasa adalah buah dan sayur karena mengandung banyak vitamin di dalamnya.

Sebaiknya konsumsi buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan air untuk memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan buka. Misalnya adalah semangka, stroberi dan tomat yang sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit.

3. Rajin Membersihkan Wajah


Rajin Membersihkan Wajah

Wajah rentan kotor karena debu dan polusi. Karena itulah kamu harus rajin membersihkan wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit.

Gunakan sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Perhatikan juga kandungan pembersih yang ada di sabun tersebut untuk menghindari risiko iritasi. Selain itu, lakukan scrubbing setidaknya seminggu dua kali untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Dengan begitu, wajah akan terlihat selalu segar saat sedang berpuasa.

4. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya


Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Untuk mencegah dehidrasi pada kulit, sebaiknya selalu gunakan pelembab wajah di pagi dan siang hari. Selain untuk menjaga kelembaban kulit, pelembab juga bisa memaksimalkan kinerja dan fungsi kolagen sehingga dapat membuat wajah senantiasa halus dan segar.

Selain pelembab, usahakan untuk rutin menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki tulisan broad-spectrum karena bisa memberikan perlindungan pada kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Jika kamu bingung ingin menggunakan tabir surya merek apa, sebaiknya simak beberapa rekomendasinya di sini.

5. Semprotkan Face Mist dan Gunakan Pelembab Bibir


Semprotkan Face Mist dan Gunakan Pelembab Bibir

Saat kamu merasa wajah mulai kering dan tak lagi segar, sebaiknya langsung semprotkan face mist dan biarkan mengering dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan karena face mist ampuh membuat wajah kamu jadi segar dan lembab seketika karena kandungan air mineral di dalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembab bibir untuk membuat wajah terlihat lebih segar. Sebab jika bibir terasa kering, wajah akan tampak pucat dan kusam. Tapi ingat, sebaiknya pilih pelembab bibir yang tidak memiliki rasa agar kamu tidak tergoda untuk menjilatnya saat sedang berpuasa.

6. Keramas Secara Teratur


Keramas Secara Teratur

Kamu mungkin bertanya-tanya apa hubungan antara keramas secara teratur dengan menjaga kesegaran wajah saat puasa. Dalam kenyataannya, wajah yang segar juga bisa didapatkan dari tampilan rambut yang bersih dan tidak acak-acakan.

Rambut berminyak bisa membuat wajahmu terlihat kusam dan jauh dari kata segar. Oleh karena itu, pastikan untuk keramas dua hari sekali dan jangan lupa untuk menggunakan conditioner agar rambut terasa lebih lembut dan bercahaya.

7. Gunakan Masker Wajah di Malam Hari


Gunakan Masker Wajah di Malam Hari

Di samping rutin membersihkan wajah, sebaiknya kita juga rutin untuk menggunakan masker agar wajah tetap segar selama berpuasa. Masker wajah dapat menjaga elastisitas kulit agar wajah selalu terlihat kencang dan segar sepanjang hari.

Agar lebih aman bagi kulit, kamu bisa membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Misalnya masker dari lemon, telur, alpukat, bengkuang, pepaya, madu dan beberapa bahan lain yang bermanfaat bagi wajah. Kamu bisa membuat masker tersebut saat sore sembari menanti waktu berbuka tiba. Dengan begitu, kamu bisa mengoleskan masker tersebut pada malam hari dan lakukan secara teratur seminggu dua kali.

8. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Kurang tidur juga bisa membuat wajah kamu terlihat lemas dan pucat sehingga jauh dari kesan segar. Saat Ramadan, pola tidur kita akan berubah karena kita cenderung beribadah hingga larut malam lalu bangun pada dini hari. Karena itulah kita perlu mengelola waktu istirahat dengan baik dan mendapatkan tidur yang cukup. Jika kamu kekurangan tidur saat malam, usahakan menyisihkan waktu untuk tidur sejenak di siang hari.

Demikian delapan tips untuk membuat wajah tetap terlihat segar meski berpuasa sepanjang hari. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tubuh tetap bugar selama menjalani puasa Ramadan. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi Al-Qur'an yang bisa diunduh secara gratis untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait