Ngaji Dimana Saja Dan Kapan Saja, 8 Aplikasi Al-Qur'an Gratis Ini Bisa Bikin Puasamu Lebih Maksimal
Tekno

Salah satu amalan yang baik dilakukan di bulan suci Ramadan adalah membaca Al-Qur'an. Nah, bagi kamu yang ingin membaca Al-Qur'an dimana saja dan kapan saja, tak ada salahnya untuk mengunduh delapan aplikasi berikut ini.

WowKeren - Tinggal menghitung hari saja kita akan menyambut bulan suci Ramadan. Selain berpuasa sebulan penuh, ada baiknya memperbanyak ibadah sunnah seperti membaca Al-Qur'an. Sebab dengan begitu, hati akan menjadi lebih tenang dan kita bisa mengumpulkan lebih banyak pahala.

Dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa lebih mudah membaca Al-Qur'an dimana saja dan kapan saja. Pasalnya saat ini sudah tersedia banyak aplikasi Al-Qur'an yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Dengan begitu, kita tetap bisa mengaji meski meski tidak membawa Al-Qur'an dalam bentuk buku yang tebal saat berada di luar rumah.

Mau tahu aplikasi Al-Qur'an apa saja yang lengkap dan bisa kalian gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Al Quran Indonesia


Al Quran Indonesia

Aplikasi Al-Qur'an pertama yang bisa kamu unduh secara gratis adalah Al Quran Indonesia. Tak hanya menyediakan 114 surat dan 30 juz yang lengkap dengan tajwidnya, aplikasi ini juga menghadirkan jadwal salat, alarm adzan, arah kiblat hingga kalender hijriyah. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur audio murotal 30 juz, di mana kamu bisa memilih satu di antara delapan Qari yang disediakan.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika mengunduh aplikasi ini. Di antaranya adalah kemudahan untuk membaca Al-Qur'an dalam mode layar landscape maupun potrait. Ada juga fitur audio controller berupa pause, play, next, prev, repeat dan stop. Selain itu, kamu juga bisa membagikan ayat-ayat di dalamnya ke media sosial milikmu.

2. Qur'an Kemenag


Qur'an Kemenag

Kementerian Agama Republik Indonesia juga menghadirkan aplikasi Al-Qur'an yang bernama Qur'an Kemenag. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Mulai dari 30 juz yang lengkap dengan terjemahan dan tafsirnya, asbabun nuzul atau kisah turunnya surat di Al-Qur'an hingga layanan Ayat Harian.

Selain itu, aplikasi ini juga cocok bagi kamu yang sedang belajar mengaji. Sebab di dalamnya juga terdapat fitur suara murattal Al-Qur'an agar kamu bisa menghafal ayat-ayat di dalamnya dengan cepat. Karena itu jika kamu tertarik sebaiknya unduh sekarang juga ya, apalagi ukurannya cukup ringan yakni 10MB saja sehingga tidak membuat ponsel mudah nge-hang.

3. MyQuran Al Quran


MyQuran Al Quran

Ada juga aplikasi Al-Qur'an berkualitas yang merupakan karya anak bangsa yang bernama MyQuran Al Quran. Aplikasi yang dikembangkan oleh The WALi Studio yang berbasis di Cimahi, Jawa Barat, ini bahkan sampai mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2016 lalu.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi dengan tampilan sederhana namun elegan ini. Mulai dari surat dan juz yang lengkap, fitur audio yang bisa diputar secara offline, tafsir Al Jalalyn, kumpulan doa, tajwid, kalender hijriyah, Asmaul Husna, alarm dan jadwal salat hingga tugas khatam untuk bulan Ramadan serta fitur hafalan bagi hafiz atau hafizah. Menariknya lagi, aplikasi ini bebas iklan sehingga kamu tidak perlu terganggu saat sedang membaca Al-Qur'an.

4. Al Quran Per Kata dan Tafsir


Al Quran Per Kata dan Tafsir

Aplikasi Al-Qur'an berikutnya yang bisa kamu unduh secara gratis di Android adalah Al Quran Per Kata dan Tafsir. Aplikasi satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari 114 surat dan 30 juz, jadwal salat lima waktu, penunjuk arah kiblat, beragam doa dan hadist shahih, tajwid, asbabun nuzul, fitur audio, tafsir dan masih banyak lagi.

Uniknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan fitur kamus Al-Qur'an, yang memungkinkan kamu untuk mengetahui arti sebuah kata yang ada di dalam ayat Al-Qur'an. Selain itu, ada juga fitur note kamu bisa menyisipkan catatan di setiap ayat Al-Qur'an yang ingin ditandai. Menarik banget bukan?

5. Al-Qur'an Bahasa Indonesia


Al-Qur'an Bahasa Indonesia

Sesuai dengan namanya, aplikasi Al-Qur'an Bahasa Indonesia menghadirkan terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami setiap terjemahan dari setiap ayat Al-Qur'an. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tajwid dan pengingat waktu salat yang bisa kamu atur sesuai dengan tempatmu berdomisili.

Menariknya lagi, Al-Qur'an Bahasa Indonesia juga menghadirkan fitur audio manager yang bisa memudahkanmu dalam belajar dan menghafalkan ayat Al-Qur'an. Dengan sejumlah fitur tersebut, tak heran jika aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

6. Al-Qur'an Al-Hadi


Al-Qur'an Al-Hadi

Al-Qur'an Al-Hadi adalah aplikasi berikutnya yang sebaiknya masuk dalam daftar unduhanmu. Selain membaca Al-Qur'an, kamu juga bisa mengikuti kajian sesuai dengan terjemahan yang ada. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengkaji isi Al-Qur'an secara terstruktur dengan skema yang luas.

Ada juga fitur mesin pencari yang disematkan dalam aplikasi ini untuk mencari tema kajian yang ingin kalian ketahui. Misalnya jika kalian ingin mencari tema kajian 'Syarat masuk surga', maka akan muncul beberapa ayat yang menjelaskan tentang persyaratan masuk surga. Menarik banget bukan?

7. Muslim Pro


Muslim Pro

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi yang sangat populer karena telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android. Aplikasi yang berasal dari Singapura ini memiliki beragam fitur menarik yang membuatnya sangat komperehensif.

Di antara fitur unggulannya adalah bacaan Al-Qur'an beserta terjemahannya, pengingat salat, notifikasi adzan hingga penunjuk arah kiblat. Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan database restoran halal dan tempat ibadah yang terletak di sekitar lokasimu. Kalau tertarik, buruan diunduh ya.

8. Quran for Android


Quran for Android

Bagi kamu yang menyukai tampilan sederhana, aplikasi Quran for Android cocok untukmu. Aplikasi ini memiliki tema gelap yang bisa diatur ke mode malam, sehingga cocok digunakan dalam waktu yang lama karena tak mudah merusak mata. Fitur yang disediakan aplikasi ini tergolong cukup lengkap dan bisa memudahkanmu dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur'an. Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan terjemahan ayat Al-Qur'an dalam 20 bahasa yang berbeda. Menarik banget bukan?

Demikian delapan aplikasi Al-Qur'an yang bisa kamu unduh secara gratis di Android. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap bugar meski berpuasa seharian penuh. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan berkuah yang bisa mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait