Ikuti 8 Tips Ini Untuk Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar, Biar Tak Mudah Lemas Saat Berpuasa
Health

Karena menahan lapar dan dahaga, berpuasa sering membuat kita merasa lemas. Karena itulah penting untuk membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa dengan delapan cara mudah ini.

WowKeren - Bulan suci Ramadan sebentar lagi akan tiba. Umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saat berpuasa, kita diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga selama sekitar 13 jam. Karena itu wajar jika tubuh kita merasa lemas dan lelah.

Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa memiliki tubuh yang senantiasa bugar. Sebab ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit meski seharian berpuasa. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Lewatkan Sahur


Jangan Lewatkan Sahur

Kita dianjurkan untuk selalu makan sahur. Karena itu meskipun mengantuk dan malas bangun di pagi buta, usahakan untuk membuka mata dan makan sahur. Makan sahur sangat penting karena menjadi kesempatan bagi tubuh untuk mendapatkan nutrisi sebagai bekal untuk kita berpuasa.

Usahakan untuk makan makanan bergizi saat sahur. Guna mencukupi kebutuhan karbohidrat, pilih karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah dan oat karena bisa membuat kenyang lebih lama sehingga kita tidak cepat lapar.

Penuhi juga kebutuhan protein yang bisa kamu dapatkan dari daging, tahu, tempe dan telur. Selain itu, kamu juga perlu memenuhi asupan serat dari sayur dan buah-buahan. Dengan memenuhi kebutuhan gizi ini, tubuh kita akan selalu sehat dan bugar sepanjang hari.

2. Jangan Tidur Setelah Sahur


Jangan Tidur Setelah Sahur

Sebagian kita mungkin terbiasa kembali tidur setelah makan sahur. Namun sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini. Karena hal ini dapat menyebabkan sistem pencernaan tubuh menjadi terganggu dan berantakan.

Alih-alih tidur, alangkah baiknya jika kita melakukan berbagai amalan. Seperti membaca Al Quran dan berdzikir sembari menunggu adzan Subuh. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas positif lainnya seperti membaca buku untuk menambah wawasan.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan


Penuhi Kebutuhan Cairan

Meskipun berpuasa, kita tetap harus memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih setiap hari. Kamu bisa membaginya saat sahur dan buka sesuai dengan selera.

Selain itu, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh. Pasalnya kafein bersifat diuretik yang akan membuat kita lebih sering buang air kecil. Jika hal itu terjadi, cairan dalam tubuh akan cepat hilang dan kita bisa mengalami dehidrasi selama berpuasa.

4. Hindari Tempat Panas


Hindari Tempat Panas

Selama berpuasa, sebisa mungkin jangan berada di tempat yang panas terlalu lama. Hal ini disebabkan karena tempat dan cuaca yang panas bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Jika sudah demikian, badan akan terasa semakin lemas dan tak bertenaga.

Apalagi di musim Corona seperti saat ini. Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya kamu tetap berada di dalam rumah. Batasi juga aktivitas fisik yang bisa menguras tenaga dan lebih baik lakukan berbagai kegiatan ringan namun bermanfaat selama berada di dalam rumah. Seperti membaca Al Qur'an, buku, menonton film dan sebagainya.

5. Jangan Lupa Olahraga


Jangan Lupa Olahraga

Meski harus menahan lapar dan dahaga, kita tetap harus melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar. Kamu bisa berolahraga di sore hari menjelang buka puasa, setelah berbuka atau ketika tubuh sudah mendapat cukup energi.

Usahakan untuk melakukan berbagai olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit, 3-5 kali dalam seminggu. Seperti berjalan kaki, sit up, push up, yoga, bersepeda, jogging dan berbagai latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

6. Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa


Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Salah satu waktu yang paling dinanti saat Ramadan adalah ketika berbuka puasa. Aneka makanan dan minuman lezat biasanya tersedia di meja makan. Karena tergoda, kita mudah kalap dan makan dalam jumlah besar.

Padahal terlalu banyak makan saat buka puasa bisa membuat perut begah dan kembung, sehingga penting untuk makan secukupnya saja. Untuk menyiasatinya, kamu bisa makan secara bertahap. Saat waktu berbuka tiba, sebaiknya makan makanan ringan seperti kurma, salad buah, es buah atau air putih. Setelah beberapa waktu, barulah kamu bisa makan menu utama.

7. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak


Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa adalah dengan menghindari makanan manis, asin dan berlemak. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan memakan kurma dan air putih.

Makanan berminyak juga perlu dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh, menimbulkan rasa lelah dan membuat kita mudah mengantuk. Selain itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan asin terlalu banyak karena bisa mengundang rasa haus dan menyebabkan dehidrasi.

8. Tidur yang Cukup


Tidur yang Cukup

Pengaturan pola tidur juga penting diperhatikan jika ingin membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa. Kurang tidur bisa menghambat kinerja otak sehingga membuatmu merasa mengantuk dan lemas di siang hari. Jika sudah demikian, aktivitas harian akan terhambat. Karena itu, sebaiknya jangan begadang agar kamu tidak kurang tidur. Usahakan tidur lebih cepat dari biasanya, misal setelah menjalani salat tarawih.

Demikian delapan tips agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan berkuah yang bisa mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai permainan seru yang bisa dimainkan bareng keluarga di rumah selama bulan Ramadan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait