Universitas Cambridge Umumkan Kuliah Online Akan Berlangsung Sampai 2021
Dunia

Salah satu universitas ternama dunia itu diketahui telah menutup kampus sejak Maret 2020, setelah Pemerintah Inggris memberlakukan sistem lockdown untuk menekan angka penyebaran virus corona.

WowKeren - Universitas Cambridge di Inggris memutuskan untuk terus mengadakan kuliah daring alias online hingga musim panas 2021 mendatang. Salah satu universitas ternama dunia itu telah menutup kampus sejak Maret 2020, setelah Pemerintah Inggris memberlakukan sistem lockdown untuk menekan angka penyebaran virus corona (COVID-19).

"Semua kuliah umum atau kuliah yang melibatkan banyak mahasiswa, tidak akan dilakukan secara tatap muka tetapi akan dilakukan secara daring," kata Senior Pro-Vice-Chancellor for Education Universitas Cambridge, Graham Virgo.

Meski begitu, untuk beberapa kelas dalam kelompok kecil masih memungkinkan untuk dilakukan secara tatap muka langsung. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.


"Ini tidak akan terasa seperti kursus daring karena akan ada proses belajar langsung di antaranya," kata Virgo seperti dilansir dari Reuters pada Kamis (21/5).

Salah satu universitas favorit di dunia tersebut juga mengatakan keputusan itu dapat ditinjau ulang, tergantung pada pedoman resmi pemerintah tentang penanganan virus corona.

Kepala Eksekutif Universitas Inggris, Nicola Dandridge, mengatakan langkah Cambridge menjadi keputusan perdana di antara kampus-kampus Inggris lainnya. Dia mengatakan universitas masih dapat membebankan biaya kuliah penuh sebesar 9,250 pound sterling atau sekitar Rp166 juta selama mereka mempertahankan standar tinggi pengajaran daring.

Namun dia menekankan mahasiswa perlu mengetahui pendidikan apa yang akan ditawarkan kampus sebelum akhirnya perkuliahan dimulai. Sementara itu di Amerika Serikat (AS), California State University juga telah memutuskan untuk menjalankan kelas daring selama musim gugur karena khawatir dengan gelombang kedua infeksi COVID-19. Langkah ini juga menjadi keputusan pertama di antara kampus lain di AS.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait