Makan Daging Secara Berlebihan
Health

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan, mengingat betapa pentingnya fungsi organ ini. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengganggu kesehatan ginjal namun tanpa sadar sering kita lakukan.

WowKeren - Mengkonsumsi daging secara berlebihan juga bisa membahayakan kesehatan ginjal. Perlu diketahui bahwa protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang bisa mengganggu ginjal dan menyebabkan asidosis. Ini adalah kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology menyelidiki bagaimana dampak panjang dari konsumsi daging merah terhadap kesehatan ginjal. Asupan daging merah kemudian dikaitkan dengan meningkatnya risiko perkembangan penyakit ginjal stadium akhir.

Penelitian itu menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi daging merah dalam jumlah tertinggi yakni 25 persen teratas memiliki risiko 40 persen lebih tinggi untuk terkena penyakit ginjal stadium akhir. Karena itu, sebaiknya terapkan pola makan seimbang dengan konsumsi buah dan sayur.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait