Terlalu Banyak Mengkonsumsi Suplemen dan Obat Penghilang Rasa Sakit
Health

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan, mengingat betapa pentingnya fungsi organ ini. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengganggu kesehatan ginjal namun tanpa sadar sering kita lakukan.

WowKeren - Meski suplemen memiliki banyak manfaat, bukan berarti kita bisa mengkonsumsinya secara rutin. Apalagi saat ini ada cukup banyak suplemen yang dicampur dengan obat atau zat aktif dengan kadar tinggi yang dapat menyebabkan jaringan parut di ginjal. Sebaiknya hindari produk suplemen yang mengandung Aristolochia, Asarum, atau Bragantia. Dan jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya hindari suplemen penurun berat badan, binaraga maupun penambah energi.

Selain suplemen, mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit secara berlebihan juga tak baik untuk kesehatan ginjal. Obat anti inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan menyebabkan jaringan parut di organ tersebut. Bahkan mereka yang mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang lebih berisiko mengalami kerusakan ginjal.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait