Jangan Dikonsumsi Berlebihan, 7 Jenis Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bisa Rusak Sistem Imun
Health

Meski suatu makanan dikatakan baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi berlebihan pasti akan membuat kesehatan terganggu. Sayangnya, secara tidak disadari, banyak makanan yang kita konsumsi justru melemahkan sistem imun.

WowKeren - Di tengah pandemi COVID-19 yang menyerang saat ini, hal utama yang wajib kalian lakukan adalah menjaga sistem imun tubuh agar tetap fit. Untuk memperkuat kekebalan tubuh ada dua poin yang terlebih dahulu harus diperhatikan.

Hal pertama adalah bagaimana kalian memilih makanan yang dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh. Selain itu menghindari perilaku yang dapat melemahkan imunitas juga harus dilakukan. Pada dasarnya, mengonsumsi apa pun secara berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan.

Meski suatu makanan dikatakan baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi berlebihan pasti akan membuat kesehatan terganggu. Sayangnya, secara tidak disadari, banyak makanan yang kita konsumsi justru melemahkan sistem imun. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis makanan dan minumannya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Fast Food


Fast Food

Sudah bukan hal aneh lagi bahwa fast food merupakan makanan yang tak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Fast food bahkan menjadi salah satu makanan yang dapat merusak sistem imun. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi fast food dapat menimbulkan masalah yang potensial pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Penelitian itu dilakukan pada tikus. Tikus yang diberi makan tinggi gula dan rendah serat sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah. Sementara ketika diberi makanan yang sehat, sistem kekebalan pada tubuh tikus kembali normal. Lebih lanjut, para peneliti juga menyarankan untuk mengganti bahan-bahan sebagai alternatif sehat.

2. Kafein


Kafein

Kopi merupakan salah satu minuman yang tinggi kafein. Saat ini banyak orang memulai hari dengan minum kopi, bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Kopi memang tidak hanya dapat membantu seseorang untuk lebih fokus. Namun, kopi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena dapat menyebabkan kembung dan mulas pada sebagian orang.

Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga memicu dehidrasi. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat kalian merasa terhidrasi sekaligus mual. Kafein juga dikenal sebagai zat yang bisa melemahkan sistem imun. Teh maupun minuman lain juga wajib kalian hindari ya.

3. Makanan Instan


Makanan Instan

Buat yang malas masak selama wabah virus corona, makanan instan pun bisa menjadi alternatif sebab selain tidak ribet kalian juga enggak perlu ribet memasaknya. Harganya pun cukup terjangkau dan rasanya. Meski begitu, berbagai penelitian telah membuktikan makanan instan ini mengandung tinggi garam dan mengandung pengawet.

Menurut CDC, garam berlebih berhubungan erat dengan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Atas alasan tersebut, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan instan ataupun garam meja berlebih agar imun tetap dalam kondisi prima.

4. Es Krim


Es Krim

Es krim adalah salah satu kudapan yang digandrungi banyak orang. Makanan manis ini dipenuhi oleh krim tinggi lemak dan susu, yang menjadikannya kudapan dengan kandungan lemak tertinggi. Terlepas dari tingginya kandungan gula di dalam es krim, makanan ini dapat memicu peradangan dan meningkatkan kadar gula darah yang membahayakan kesehatan.

Tingginya kadar gula dalam es krim juga dapat melemahkan sistem imun. Berdasarkan penelitian oleh The American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan orang dengan konsumsi gula berlebih akan mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Efek terbesar ditemukan 1-2 jam kemudian, tetapi bertahan hingga lima jam.

5. Makanan Ringan Kemasan


Makanan Ringan Kemasan

Makanan ringan kemasan diketahui tinggi garam, namun selain itu makanan ini juga mengandung banyak MSG. MSG mungkin bisa memberi rasa umami yang lezat pada makanan. Namun, MSG juga dapat memberikan efek samping yang cukup berbahaya pada sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian itu menunjukkan bahwa makanan yang mengandung MSG dapat menyebabkan perubahan pada kelenjar limpa dan juga kelenjar timus atau kelenjar yang terletak di tengah rongga dada. Hal ini akan mengurangi sel darah putih yang merupakan bagian penting pada sistem daya tahan tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan sel darah putih, maka sistem imun atau kekebalan tubuh akan merosot

6. Minuman Bersoda


Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Namun, minuman ini bukan merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi dehidrasi. Minuman soda dibuat dari bahan-bahan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin dan sukralosa. Bahan pemanis buatan itu sama sekali tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan justru sebaliknya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan dalam pembuatan minuman soda dapat berefek buruk pada metabolisme glukosa. Lebih lanjut, penelitian itu juga menyarankan untuk mengganti minuman soda dengan minuman menyegarkan yang lebih sehat lainnya. Seperti teh hijau yang kaya antioksidan juga ide yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Minuman Beralkohol


Minuman Beralkohol

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat ada hubungan erat antara asupan alkohol yang berlebihan dan respon imun yang melemah. Efeknya termasuk peningkatan kerentanan terhadap pneumonia dan kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan sindrom stres pernapasan akut (ARDS).

Keduanya faktor ini berpotensi mempengaruhi hasil COVID-19. Untuk mencegahnya, CDC menetapkan batasan untuk mengonsumsi alkohol yang aman dan tidak menurunkan sistem kekebalan tubuh. Wanita harus kurang dari empat gelas dan pria delapan gelas per minggu.

Intip juga beberapa tips dalam artikel berikut agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari virus corona saat new normal berlaku. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips saat belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah agar terhindar dari virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru