Bukan Kambing Biasa, Sepasang Spesies Langka Ini Terekam Kamera di Hutan Gunung Leuser
SerbaSerbi

Dalam video yang diunggah oleh akun Taman Nasional Gunung Leuser, terlihat sepasang kambing hutan Sumatera yang langka tengah berkeliaran di hutan Gunung Leuser.

WowKeren - Kemunculan satwa langka apa lagi yang hampir punah selalu menjadi kabar gembira bagi para pecinta lingkungan, tak terkecuali di Indonesia. Baru-baru ini hewan langka tak sengaja tertangkap kamera pengintai di ketinggian Gunung Leuser.

Adalah kambing hutan Sumatera, satwa pemilik nama ilmiah Capricornis sumatraensis yang terekam tengah berkeliaran di hutan Gunung Leuser. Temuan menggembirakan ini diunggah oleh akun Instagram resmi milik @gunungleusernationalpark pada Rabu (27/5) lalu.

Berbeda dari kambing biasa, kambing hutan langka ini memiliki ciri-ciri tubuh yang lebih kekar. Warna tubuhnya hitam keabuan dan memiliki moncong yang mirip kerbau.

"Tubuhnya kekar tertutup rambut lebat dan kasar, berwarna hitam keabuan. Moncongnya mirip moncong kerbau," tulis akun tersebut melalui unggahan Instagram. "Sedang tanduknya lurus, ramping seperti tanduk antelop dan melengkung ke belakang."


Dalam video tersebut tak hanya satu ekor kambing yang terlihat namun sepasang. Kambing hutan sumatera atau sumatran serow ini hanya tersebar di pulau Sumatera. Sejak 21 tahun terakhir, jumlah populasinya terus mengalami penurunan lebih dari 30 persen. Oleh sebab itu status kambing ini termasuk ke dalam kategori rentan.

Adapun penurunan ini disebabkan karena aktivitas manusia yang membahayakan seperti perburuan liar maupun aktivitas lain yang menyebabkan makhluk hidup malang ini kehilangan habitat alaminya.

"Kambing Hutan Sumatera alias Sumatran Serow di Indonesia penyebarannya hanya di pulau Sumatera," lanjut bunyi penjelasan pada unggahan tersebut. "Status konservasinya saat ini rentan atau Vulnerable (VU) karena diyakini mengalami penurunan yang signifikan (mungkin lebih dari 30 persen, sejak 21 tahun terakhir) akibat perburuan maupun hilangnya habitat."

Kambing hutan ini merupakan jenis satwa yang dilindungi di Indonesia. Tiga dataran tinggi yang menjadi habitatnya adalah Pegunungan Barisan di Selatan pulau Sumatera, Aceh utara, dan Gunung Kerinci yang terletak di bagian tengah pulau.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru