Masjid India Kembangkan 'Kartu Pintar' untuk Salat di Tengah Pandemi
SerbaSerbi

Sebuah masjid di Kerala, India mengeluarkan 'kartu pintar' yang digunakan untuk menghindari keramaian dan menjaga jarak saat salat di tengah pandemi COVID-19.

WowKeren - Sebuah masjid di Kuttichira, Kozhikode, Kerala, India telah menemukan cara unik untuk menghindari keramaian di tengah pandemi COVID-19. Pengurus masjid mulai mengeluarkan kartu pintar kepada orang-orang untuk salat dan secara bersamaan mendorong jarak sosial.

"Pengurus telah memberikan kartu pintar dengan nomor kepada orang-orang di sekitar Masjid," kata Muhammad Sajjad, yang merupakan bagian dari komite Masjid dilansir DNA India, Selasa (16/6). "Seseorang yang memasuki tempat masjid harus menggosok tangan mereka dengan pembersih."

Mereka juga harus memberitahu identitas mereka di kamera. Sistem otomatis telah disiapkan untuk menyimpan alamat dan nomor telepon. Setelah teregistrasi, mereka harus mengatakan nomor kartu pintar mereka sehingga perincian lainnya akan secara otomatis diisi.


"Pintu masjid akan terbuka secara otomatis setelah menggesekkan kartu. Kami telah memasang sensor di pintu," terangnya. "Kami juga telah membuat tanda di dalam area masjid sehingga orang dapat mematuhi norma jarak sosial."

Sebelumnya, pemerintah Kerala telah mengeluarkan perintah yang memungkinkan pembukaan tempat ibadah, mal dan restoran mulai 9 Juni sesuai dengan pedoman dan pembatasan sosial. Sedangkan untuk wanita hamil dan mereka dengan komorbiditas tidak boleh mengunjungi tempat ibadah. Mereka yang memiliki gejala juga tidak diizinkan.

Menurut data worldometers, India saat ini telah mencatat total 343.026 kasus positif corona. Dengan jumlah kematian sebanyak 9.915 orang dan yang sembuh sebanyak 180.320 orang.

Sementara itu, India sendiri menjadi negara keempat dengan kasus COVID-19 tertinggi di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat, Brasil, dan Rusia. Dan menjadi yang tertinggi di benua Asia.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait