Jangan Biarkan Internetan Terganggu, Ini 7 Rekomendasi Aplikasi Memperkuat Sinyal Wifi Untuk Android
Unsplash/Mika Baumeister
Tekno

Penggunaan wifi tidak hanya terbatas pada PC atau laptop saja namun juga smartphone. Namun sayangnya, beberapa jaringan wifi memiliki sinyal yang lemah sehingga mengganggu pengalaman kalian berinternet.

WowKeren - Saat ini kebutuhan untuk internet cepat sudah menjadi prioritas. Untuk itu banyak sekali penyedia jasa jaringan internet berlomba-lomba menawarkan kecepatan yang luar biasa tinggi. Tak jarang pengguna lebih tertarik dengan jaringan wifi yang lancar dan berkualitas.

Penggunaan wifi tidak hanya terbatas pada PC atau laptop saja. Smartphone dan tablet juga sekarang bisa terkoneksi pada wifi. Namun sayangnya, beberapa jaringan wifi memiliki sinyal yang lemah sehingga pengalaman kalian berinternet bakal terganggu dengan koneksi yang lemot.

Nah, buat kalian yang sering kesal karena sinyal jelek, berikut tim WowKeren rangkum rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk memperkuat sinya wifi. Yuk langsung disimak!

(wk/putr)

1. Internet Booster & Optimizer


Internet Booster & Optimizer

Faktor lambatnya proses akses internet pada ponsel kalian bukan hanya karena pemilihan provider saja. Bisa jadi kurang optimalnya dari perangkat yang digunakan juga menjadi faktor. Agar lancar Internet Booster & Optimizer bisa membantu kalian.

Jangan khawatir, karena aplikasi ini bisa digunakan oleh ponsel apapun baik itu ponsel yang sudah di-root atau belum di-root. Selain itu, Internet Booster & Optimizer juga dapat bekerja dengan baik untuk jaringan WiFi, 3G, 4G LTE, dan jaringan lainnya.

2. Network Signal Info


Network Signal Info

Network Signal Info adalah aplikasi yang membantu kalian untuk menentukan kekuatan sinyal atau koneksi wifi pada perangkat. Kadang-kadang bar sinyal pada smartphone bisa saja menipu. Aplikasi ini akan memberikan tampilan yang lebih rinci melalui 14 bar penunjuk kekuatan sinyal.

Gunakan dua widget Network Signal Info untuk memantau kekuatan sinyal jaringan dari provider dan wifi. Perlu diingat bahwa Network Signal Info tidak akan menambah kekuatan sinyal pada perangkat, tetapi aplikasi ini bermanfaat untuk mengetahui kekuatan sinyal sebenarnya yang kalian peroleh.

3. OpenSignal


OpenSignal

Apakah kalian punya pengalaman naik ke genteng hanya demi mendapkan sinyal internet? Jika pernah, kalian wajib memiliki aplikasi OpenSignal ini. OpenSignal dapat membantu kalian memperoleh sinyal yang kuat. Pasalnya, ini merupakan aplikasi yang akan menunjukkan spot untuk mendapatkan sinyal yang kuat pada ponsel kalian.

Aplikasi ini akan menunjukkan tempat di mana kalianbisa memperoleh sinyal kuat melalui panah, peta, dan radar yang mendeteksi menara seluler terdekat. Dengan OpenSignal, kalian tidak perlu mencari-cari di mana tempat untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Di manapun kalian berada, OpenSignal akan membimbing untuk memperoleh sinyal atau koneksi internet wifi secara lebih akurat.

4. WiFi Master Key


WiFi Master Key

Jika mengunduh aplikasi ini, maka kalian bisa memperkuat sinyal wifi, sekaligus mengetahui seberapa cepat dan kuat jaringan wifi kalian. Aplikasi ini dikembangkan oleh LinkSure Network yang berbasis di Singapura. Selain memperkuat sinyal, aplikasi ini juga ditengarai bisa menghemat daya ponsel kalian.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa diakses dalam 23 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Jika tertarik menggunakan aplikasi ini buat performa akses wifi kamu bisa unduh via Play Store. Aplikasi ini berkapasitas 4,8 MB dengan rating 4.2. Adapun jumlah pengunduhnya sampai saat ini mencapai 100.000 pengunduh loh.

5. WiFi Overview 360


WiFi Overview 360

WiFi Overview 360 bakal memberikan tampilan secara rinci mulai dari nama jaringan wifi yang tersedia, kekuatan sinyal, nomor saluran, dan tipe enkripsi yang digunakan. Selain itu WiFi Overview 360 juga bisa menampilkan jumlah pengguna dari suatu jaringan wifi kalian.

Oleh karena itu, walaupun jaringan wifi tersebut punya sinyal bagus namun penggunanya banyak, tetap saja koneksi internet bakal terasa lambat dan lemot. Hal ini karena bandwith dari jaringan wifi tersebut bakal terbagi ke banyak pengguna dan kalian tidak bisa menikmatinya dengan maksimal.

6. WiFi Doctor


WiFi Doctor

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa mengatasi permasalahan tentang wifi. Aplikasi WiFi Doctor ini akan membantumu mendiagnosis masalah koneksi jaringan dan memperbaikinya secara instan setiap hari. Aplikasi ini juga mampu menjaga kerahasiaan kalian saat terhubung dengan WiFi publik.

Aplikasi WiFi Doctor ini bisa jadi penguat sinyal wifi. Aplikasi ini juga bisa memeriksa wifi yang terhubung dengan ponsel kalian aman atau tidak. Selain itu, WiFi Doctor juga bisa memonitor perangkat yang terhubung ke hotspot WiFi yang kalian miliki.

7. WiFi Analyzer


WiFi Analyzer

Jika kalian mencari alat penguat sinyal untuk meningkatkan sinyal pada perangkat, kalian bisa mencoba menginstal WiFi Analyzer. Saat menggunakan koneksi wifi di rumah, WiFi Analyzer dapat mengevaluasi saluran terbaik untuk menghindari tumpang tindih dengan koneksi wifi lainnya.

Dengan kata lain, aplikasi ini dapat memberikan kekuatan sinyal yang optimal pada perangkat kalian. Saat sedang menggunakan wifi di tempat umum, kalian juga bisa mengandalkan aplikasi ini untuk memilih jaringan nirkabel terbaik untuk dihubungkan ke perangkat kalian.

Kalian juga bisa mengikuti tips dalam artikel ini agar koneksi internet tetap stabil dan WFH berjalan lancar. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips merawat laptop agar tetap prima meski digunakan dalam waktu yang lama saat WFH.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait