Jarang Disadari, 8 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Dapat Memicu Pertumbuhan Sel Kanker
Health

Tanpa sadar, sebagian orang terbiasa melakukan berbagai aktivitas yang dapat memicu kanker. Karena itulah penting untuk mengetahui kebiasaan apa saja itu agar bisa ditinggalkan sesegera mungkin.

WowKeren - Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan dan ditakuti oleh banyak kalangan. Oleh karena itulah tidak sedikit orang yang menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi agar bisa terhindar dari kanker.

Namun ada beberapa kebiasaan sepele yang dapat memicu munculnya penyakit ini. Karena tak sadar akan bahayanya, kebanyakan kita terus melakukannya setiap hari. Padahal, jika tidak segera ditinggalkan kebiasaan ini akan terus menekan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Anda pasti tidak mau hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu ketahui delapan kebiasaan sepele tersebut agar Anda bisa meminimalisir risikonya sedini mungkin. Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Meletakkan Ponsel di Dekat Kepala Saat Tidur


Meletakkan Ponsel di Dekat Kepala Saat Tidur

Di era modern saat ini, ponsel seakan telah menjadi kebutuhan wajib yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang. Tanpa ponsel, sebagian kita akan merasa terputus dari dunia luar. Karena beragam fungsinya yang menakjubkan, tidak sedikit dari kita yang membawa ponsel kemanapun, termasuk saat pergi tidur.

Jika Anda memiliki kebiasaan satu ini, sebaiknya mulai tinggalkan sekarang karena berisiko menimbulkan penyakit kanker. Perlu diketahui bahwa ponsel akan mengeluarkan frekuensi radio saat mengirim dan menerima sinyal. Karena itulah meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur berisiko menyebabkan kanker otak.

2. Tidur dengan Televisi Menyala


Tidur dengan Televisi Menyala

Beberapa orang yang mengalami kesulitan tidur sengaja menyalakan televisi untuk membuatnya terlelap. Namun kebiasaan satu ini tidak dibenarkan, karena ternyata dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Environmental Health Perspectives Journal pada tahun 2010 menjelaskan bahwa cahaya buatan dari televisi berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat. Hal ini dikarenakan cahaya tersebut dapat mengacaukan melatonin, hormon yang dapat membuat seseorang tertidur.

3. Bekerja Shift Malam


Bekerja Shift Malam

Sebagai pegawai, kita memang diharuskan untuk mengikuti kebijakan perusahaan, termasuk bekerja shift malam. Sekilas memang tidak ada yang salah dengan hal ini, namun jika kita bekerja shift malam dalam kurun waktu yang lama, kita berisiko terkena penyakit kanker payudara.

Hal ini didasarkan dari studi yang diterbitkan di British Medical Journal. Riset ini dilakukan pada 2.300 wanita yang sebagian bekerja shift malam. Peneliti menemukan bahwa mereka yang bekerja shift malam selama 30 tahun atau lebih berisiko terkena kanker hingga dua kali lipat. Hal ini disebabkan adanya tekanan melatonin serta faktor-faktor lain, seperti gangguan tidur, kurang vitamin D, serta gaya hidup yang tidak sehat.

4. Duduk Terlalu Lama


Duduk Terlalu Lama

Sebagian besar pekerja menghabiskan waktu mereka dengan duduk setidaknya selama delapan jam setiap hari. Padahal jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan satu ini dapat memicu penyakit kanker endometrium, kolorektal hingga payudara. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik yang membuat antioksidan tidak dapat bekerja dengan maksimal, sehingga radikal bebas akan menumpuk di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap bergerak sesekali saat bekerja. Entah itu sekedar berdiri selama beberapa menit atau berjalan untuk melakukan ibadah dan beristirahat. Aktivitas fisik ini dapat membantu menyeimbangkan hormon sehat dan tidak sehat, sehingga mampu menciptakan lingkungan yang lebih baik di dalam tubuh.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Gula


Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Kebiasaan makan atau minum sesuatu yang manis dan mengandung banyak gula cukup membahayakan tubuh. Karena selain menyebabkan diabetes dan obesitas, kebiasaan yang sering disepelekan ini juga dapat memicu kanker. Gula adalah makanan favorit sel kanker, sehingga jika jika mengkonsumsi sesuatu yang manis secara berlebihan, sel kanker akan berkembang dengan sangat pesat.

Selain itu, usahakan juga untuk menghindari kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Tingginya kandungan bahan pengawet yang ada di makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara pada wanita.

6. Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol


Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kanker. Hal ini dikarenakan zat beracun dari asap rokok berpotensi memicu perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, Anda akan berisiko terkena berbagai penyakit serius lainnya.

Selain merokok, minum minuman beralkohol juga rentan menyebabkan kanker. Di antara jenis kanker yang disebabkan oleh alkohol adalah kanker payudara, kanker di sekitar kepala, leher serta hati. Anda pasti tidak ingin hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, segera hindari dua kebiasaan buruk ini sekarang juga.

7. Penggunaan Plastik yang Berlebihan


Penggunaan Plastik yang Berlebihan

Penggunaan perabotan dari bahan plastik yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu kanker. Penelitian menunjukkan bahwa semua plastik dapat larut bahan kimia jika tergores atau dipanaskan. Karena itulah pada tingkat paparan tertentu, beberapa bahan kimia dalam produk plastik seperti bisphenol A (BPA) dapat menyebabkan kanker pada manusia.

BPA sendiri merupakan estrogen sintetik lemah yang ditemukan di beragam produk plastik yang kaku, seperti lapisan makanan dan formula, sealant gigi serta pada sisi mengkilap kertas struk belanjaan. Karena menyerupai estrogen, BPA akhirnya menjadi pengganggu hormon seperti kebanyakan bahan kimia dalam plastik lainnya.

8. Kurang Olahraga


Kurang Olahraga

Kebiasaan sepele berikutnya yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker adalah jarang berolahraga. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara olahraga rutin dengan tingkat risiko kanker payudara. Mereka yang berolahraga secara teratur cenderung lebih sehat dan memiliki berat badan ideal dengan lebih sedikit lemak.

Sel-sel lemak sendiri dapat membuat estrogen dan sel-sel lemak ekstra membuat estrogen ekstra. Saat sel-sel payudara terkena estrogen ekstra dari waktu ke waktu, risiko seseorang terkena kanker payudara akan lebih tinggi. Karena itulah berolahraga secara rutin dapat menekan produksi estrogen, sehingga Anda bisa meminimalisir terkena kanker payudara.

Demikian delapan kebiasaan sepele yang dapat memicu kanker yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang dapat mengganggu kesehatan ginjal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa merusak otak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait