'Tamparan' Bagi Presiden Bolsonaro: Studi Brasil Ungkap Obat Malaria Tak Bermanfaat Untuk Corona
Dunia

Pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro telah merekomendasikan penggunaan hydroxychloroquine sebagai obat virus corona (COVID-19) di Brasil sejak Mei 2020 lalu.

WowKeren - Presiden Brasil Jair Bolsonaro hingga kini masih dinyatakan positif terjangkit virus corona (COVID-19). Bolsonaro juga masih mendorong penggunaan obat malaria (hydroxychloroquine) bagi pasien COVID-19.

Namun demikian, studi terbaru di Brasil menunjukkan bahwa hydroxychloroquine tidak efektif untuk penyembuhan COVID-19. Temuan ini lantas menjadi "tamparan" bagi Bolsonaro yang telah merekomendasikan penggunaan obat malaria untuk virus corona sejak Mei 2020 lalu.

Uji klinis studi tersebut dilaksanakan di 55 rumah sakit di Brasil. Adapun hasil studi tersebut telah dipublikasikan di New England Journal Medicine pada Kamis (23/7).

Rangkaian uji coba terkontrol secara acak (RCT) menemukan bahwa obat malaria ini tidak efektif terhadap virus corona dan justru berpotensi memiliki efek samping yang buruk. RCT Brasil pun mencapai kesimpulan yang sama.


"Di antara pasien yang dirawat karena COVID-19 ringan sampai sedang, penggunaan hydroxychloroquine sendiri maupun bersama azithromycin, tidak meningkatkan status klinis selama 15 hari jika dibandingkan dengan perawatan standar lainnya," demikian kutipan studi yang dilakukan grup Koalisi COVID-19 Brasil tersebut, dilansir Channel News Asia pada Jumat (24/7).

Studi tersebut melibatkan 667 pasien COVID-19. Risiko masalah jantung dan hati justru meningkat pada pasien yang diberi hydroxychloroquine.

Meski demikian, penulis studi tersebut juga mengakui bahwa penelitian mereka masih memiliki sejumlah keterbatasan. "Uji coba ini tidak secara definitif menyingkirkan manfaat substansial dari obat itu dan juga kerusakan substansial yang muncul," lanjut studi tersebut.

Di sisi lain, Presiden Bolsonaro bahkan sempat mempromosikan penggunaan hydroxychloroquine di media sosialnya. Dalam unggahannya di Facebook beberapa waktu lalu, Presiden Bolsonaro tampak melemparkan senyum sembari meminum obat malaria tersebut.

"Saya lebih baik daripada sebelumnya," ujar Bolsonaro sembari menegak satu dosis hydroxychloroquine dengan segelas air. "(Obat ini) bekerja."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru