Film 'Tenet' Christopher Nolan Rilis Lebih Dulu di Indonesia Dibanding AS, Kapan?
Warner Bros. Pictures
Film

'Tenet' sendiri sudah mengalami tiga kali tunda tayang. Awalnya, film ini seharusnya tayang perdana pada pertengahan Juli, namun terus diundur akibat perkembangan pandemi.

WowKeren - Indonesia menjadi satu dari banyak negara yang bisa menikmati film terbaru arahan sutradara kondang Christopher Nolan, "Tenet", lebih dulu daripada Amerika Serikat. Kabar ini beredar berdasarkan rencana perilisan internasional yang diumumkan Warner Bros pada Senin (27/7) waktu setempat.

Berdasarkan pengumuman tersebut, "Tenet" akan dirilis di 70 negara, termasuk Indonesia, Australia, Prancis, Jerman, Italia, dan Korea, pada akhir Agustus, sebelum film itu resmi tayang di AS pada 3 September mendatang. Di Indonesia sendiri, film ini akan dirilis pada 26 Agustus mendatang jika tak ada hambatan.

Keputusan tersebut dianggap cukup mengejutkan, mengingat film-film Warner Bros biasanya akan tayang lebih dahulu di AS atau diputar serentak secara internasional.

Disebutkan bahwa Warner Bros mengambil keputusan ini setelah melihat kondisi banyak bioskop internasional yang sudah kembali beroperasi dan membutuhkan film-film Hollywood baru untuk menarik perhatian penonton.

Berbeda dengan AS yang hingga kini masih menjadi salah satu negara dengan kasus corona terbanyak di dunia dan meningkat signifikan setiap harinya. Kondisi itu berdampak pada ketidakpastian pembukaan kembali bioskop lokal dalam waktu dekat.

Dilansir dari Variety pada Selasa (18/7), Warner Bros juga memutuskan merilis "Tenet" di pasar internasional lebih dulu karena melihat penjualan tiket "Train to Busan 2: Peninsula" mencapai lebih dari USD 21 juta di Korea sejak tayang pada 15 Juli. Hal itu menandakan kepercayaan publik untuk kembali ke bioskop.


Kendati demikian, Warner Bros tetap mengkhawatirkan peredaran film bajakan dan pasar berkurang apabila film yang dibuat dengan biaya USD 200 juta ini dirilis bertahap.

"Para calon penonton jadi mengetahui plotnya. Jika spoiler bocor, itu bisa mengurangi permintaan dan ketertarikan penonton untuk melihat film itu di AS," demikian pernyataan Warner Bros.

Tenet sendiri sudah mengalami tiga kali tunda tayang. Awalnya, film ini seharusnya tayang perdana pada pertengahan Juli. Kondisi pandemi yang belum membaik membuat perilisan film ini terus diundur.

Namun terlepas dari hal tersebut, "Tenet" sendiri memang menjadi salah satu sajian yang cukup dinantikan kehadirannya, mengingat kiprah Nolan di industri perfilman yang tak perlu diragukan lagi. Film ini tentunya diharapkan mampu menjadi hit di box office seperti proyek-proyek garapan sutradara nomine Oscar tersebut sebelumnya.

Sebut saja "Momento", "Insomnia", "The Prestige", trilogi Batman versi Christian Bale ("Batman Begins", "The Dark Knight", "The Dark Knight Rises"), "Interstellar", hingga "Dunkirk" yang dirilis pada 2017 lalu.

"Tenet" sendiri dibintangi oleh sejumlah pemeran ternama. Di antaranya adalah John David Washington, Robert Pattinson, hingga Michael Caine. Sayangnya, hingga kini plot "Tenet" masih sangat dirahasiakan oleh Nolan.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts