Tiongkok dan India Sepakat Tarik Pasukan dari Perbatasan Usai Kisruh Bentrok Berdarah
Dunia

Tiongkok dan India tengah mempersiapkan perundingan putaran kelima yang dipimpin langsung panglima militer kedua negara. Namun tak disebutkan kapan perundingan itu akan berlangsung.

WowKeren - Tiongkok dan India sepakat menarik pasukan masing-masing di sebagian perbatasan Himalaya yang disengketakan kedua negara tersebut. Langkah itu dilakukan Tiongkok dan India setelah militer kedua negara sempat terlibat bentrok di perbatasan hingga menewaskan puluhan pasukan pada Juni lalu.

"Situasi di lapangan terus mereda dan tensi juga menurun. Pasukan garis depan di perbatasan dari kedua negara (Tiongkok-India) telah ditarik di sebagian besar wilayah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbien, dalam jumpa pers di Beijing, sebagaimana dikutip dari CNN.

Wang mengatakan Tiongkok dan India tengah mempersiapkan perundingan putaran kelima yang dipimpin langsung panglima militer kedua negara. Namun, ia tak menyebutkan kapan perundingan itu akan berlangsung.

Yang jelas, sebelumnya perundingan antara kedua negara tak mencapai hasil yang baik. Baik Tiongkok maupun India diketahui terus mengerahkan pasukan dan alat utama sistem pertahanan (alutsista) ke perbatasan meski kedua negara sepakat menyelesaikan ketegangan dengan jalur diplomatik.

Di sisi lain, ketegangan antar kedua negara bermula saat Beijing mengklaim bahwa India secara sepihak membangun jalan serta jembatan di wilayah garus perbatasan LAC sejak April. Kemudian pada 6 Mei, pasukan India disebut melintasi perbatasan untuk membangun benteng serta barikade.


Merespons hal tersebut, India mengatakan sejak awal Mei, Tiongkok telah menghalangi pola patroli tradisional India di LAC. Hal itu kemudian menyebabkan bentrok pasukan kedua negara di wilayah perbatasan.

Kemudian pada 6 Juni, India dan Tiongkok telah menyepakati deeskalasi di LAC. Kedua belah pihak menyatakan komitmen untuk menghormati dan mematuhi LAC serta tidak melakukan aktivitas yang dapat mengubah status quo.

Namun pada 15 Juni, pasukan India dan Tiongkok kembali terlibat bentrok. Sebanyak 20 tentara dari pihak India dilaporkan tewas. Sementara Tiongkok disebut memiliki 40 korban jiwa. Sama seperti sebelumnya, kedua negara kembali saling tuding menjadi pihak yang melanggar LAC.

Sebagai informasi tambahan, Tiongkok dan India memiliki perbatasan sepanjang 3,440 kilometer. Keduanya mempunyai klaim wilayah yang tumpang tindih. LAC adalah garis demarkasi yang memisahkan klaim wilayah kedua negara di Ladakh.

Karena medan perbatasan berupa sungai, danau, dan tebing bersalju, garis pemisah itu dapat bergeser. Hal tersebut menyebabkan pasukan patroli perbatasan kedua negara kerap bersinggungan dan tak jarang memicu perkelahian atau kontak fisik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru