Siarkan Harta Kekayaan Helena Lim, KPI Beri Teguran Tertulis Untuk Program 'Silet' INews TV
rcti.tv
TV

Program acara 'Silet' di INews Tv belum lama ini kembali mendapatkan teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat lantaran menyiarkan harta kekayaan milik Helena Lim.

WowKeren - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan teguran tertulis untuk program "Silet" yang disiarkan oleh INews TV. Rupanya teguran ini merupakan kedua kalinya yang diberikan oleh KPI.

Lembaga tersebut mendapati pelanggaran dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 saat menyiarkan liputan artis bernama Helena Lim. Dalam siarannya, "Silet" menayangkan koleksi barang mewah milik Helena Lim seperti jam tangan, kalung, tas, baju, sepatu dan mobil dilengkapi dengan menyebutkan harganya.

Helena Lim sendiri merupakan seorang penyanyi yang dikenal kaya raya. Bahkan ia sempat dijuluki sebagai Crazy Rich Pantai Indah Kapuk karena sosoknya sebagai sosialita yang memiliki kekayaan melimpah.

Lebih lanjut, Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, mengatakan bahwa adegan memamerkan koleksi barang mewah dengan menyebutkan harganya sangat bertentangan dengan nilai-nilai kesederhanaan dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, tayangan memamerkan kekayaan tidak memiliki pembelajaran yang baik terutama bagi anak dan remaja. Seolah mengajarkan ukuran nilai diri dari materi.


"Program berklasifikasi R dilarang menampilkan materi yang mengganggu perkembangan kesehatan fisik dan psikis remaja seperti gaya hidup konsumtif, hedonistis," jelas Mulyo, seperti dilansir dari website resmi milik KPI, Senin (3/8). "Kami sangat menyesalkan munculnya konten yang mengajarkan pola hidup demikian dalam program siaran."

Mulyo juga beranggapan bahwa siaran soal pamer harta tersebut tidak layak disiarkan mengingat belakangan pandemi Corona membuat banyak orang mengalami kesulitan ekonomi. "Ini tidak memberi contoh yang baik terlebih dalam kondisi seperti sekarang di saat banyak orang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pademi," pungkas Mulyo.

Kini kabar soal teguran tertulis tersebut juga telah dibagikan oleh akun gosip di IOnstagra,m. Netizen lantas ramai memberikan beragam tanggapan mereka di kolom komentar.

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts