Ramah Buat Kulit Sensitif, 7 Rekomendasi Skincare Fragrance Free Ini Enggak Bakal Bikin Iritasi!
Lifestyle

Meskipun aman, namun beberapa bahan pewangi ini bisa mengiritasi kulit wajah beberapa konsumen terutama yang memiliki kulit sensitif. Jadi enggak ada salahnya untuk menghindari produk skincare beraroma.

WowKeren -

Produk perawatan yang beredar di pasaran saat ini sudah sangat beragam. Beberapa formulanya telah disempurnakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tak sedikit para produsen skincare mencampurkan bahan pewangi pada produknya.

Meskipun aman, namun beberapa bahan pewangi ini bisa mengiritasi kulit wajah beberapa konsumen terutama yang memiliki kulit sensitif. Mengutip dari Cleure, sebagian besar fragrance terbuat dari essential oil dan senyawa aromatik. Biasanya pewangi ini punya efek samping yang dapat membahayakan kesehatan kulit seperti reaksi alergi berupa kemerahan.

Fragrance enggak hanya berbahaya untuk kulit sensitif, tetapi juga untuk tipe lainnya karena dapat memberikan gejala dan efek yang sama. Jadi walaupun kalian tak pernah bermasalah dengan produk apapun, enggak ada salahnya untuk menghindari produk beraroma. Berikut tim WowKeren rangkum 7 produk skincare yang diklaim sebagai fragrance free. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser


Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser

Pada dasarnya sebagaian produk dari brand Sensatia Botanicals diklaim sebagai fragrance free. Selain itu, sesuai namanya, formul produk-produk brand ini sudah dipastikan bebas dari bahan-bahan kimia seperti parfum ataupun pewarna buatan. Salah satu produk yang terkenal ampuh dan aman untuk semua jenis kulit adalah Acne Clarifying Facial Cleanser.

Sabun cuci muka ini dirancang khusus untuk mengendalikan kulit berjerawat, pembersih wajah ini efektif untuk angkat kotoran dan minyak di wajah. Komposisinya terdiri dari bahan alami seperti lidah buaya, zat aktif dari tea tree oil, dan kulit lemon yang punya sifat antiseptik tinggi. Produk ini juga punya bahan unik yakni gotu kola yang kaya akan antioksidan untuk mencegah kulit supaya terhindar dari stres.

2. Emina Trace Less Oil Cleanser


Emina Trace Less Oil Cleanser

Jika kalian sedang kesulitan mencari produk pembersih wajah yang enggak menimbulkan iritasi, Emina Trace Less Oil Cleanser ini mungkin bisa jadi alternatif. Emina Traceless Oil Cleanser diklaim bisa membersihkan makeup waterproof dan water-based tanpa sisa.

Tanpa pewangi tambahan, kalian bisa menggunakan produk ini dalam keadaan kulit wajah kering maupun basah. Selain itu, produk ini juga diperkaya moisturizing agent untuk melembapkan kulit dan cleansing agent untuk membersihkan kotoran dan oil-based makeup dengan lebih mudah.

3. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner


Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

Beralih ke brand perawatan wajah dari Korea, toner dari Klairs ini adalah termasuk sebagai produk yang paling banyak difavoritkan loh. Bukan tanpa alasan, Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner diklaim memiliki formula yang ringan dan dapat memaksimalkan penggunaan serum maupun essence yang digunakan setelahnya.

Selain itu, produk ini telah disempurnakan formulanya yang kini sudah bebas fragrance. Toner ini juga dapat diandalkan untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran dan make up dengan kandungan amino acid di dalamnya. Menariknya lagi, toner ini juga mengandung licorice root extract dan aloe vera yang bermanfaat untuk mencegah iritasi sehingga aman digunakan oleh semua jenis kulit.

4. Wardah White Secret Pure Treatment Essence


Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Parfum dan paraben disebut menjadi salah satu penyebab iritasi para pemilik kulit sensitif. Enggak perlu khawatir, Wardah White Secret Pure Treatment Essence merupakan produk yang bebas dari kedua bahan tersebut loh. Kandungan utama essence lokal ini terdiri dari ekstrak edelweiss, tanaman silver vine, dan niacinamide.

Ketiga bahan itu diketahui bertugas untuk menghilangkan noda hitam agar wajah tampak lebih cerah. Selain itu masih ada sodium hyaluronate dan skin awakening system yang mampu melembabkan, melembutkan, dan membuat tekstur kulit jadi lembut.

5. COSRX Snail 96 Mucin Power Essence


COSRX Snail 96 Mucin Power Essence

Sesuai dengan namanya, skincare dari Korea ini memanfaatkan lendir siput sebagai kandungan utamanya sebesar 96%. Selain lendir siput, Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence juga mengandung betaine, butylene glycol, sodium hyaluronate, dan bahan anti-alergi dan mengenyalkan lainnya.

Essence ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit dan efektif untuk menyamarkan bekas jerawat dan mengembalikan tekstur kulit yang rusak. Terlebih lagi, essence ini juga bebas dari kandungan parfum dan bisa mengatasi berbagai masalah kulit termasuk jerawat juga hiperpigmentasi.

6. Mizon Snail Repair Eye Cream


Mizon Snail Repair Eye Cream

Masih menggunakan lendir siput sebagai bahan andalannya, kali ini ada produk Snail Repair Eye Cream dari brand Mizon. Kandungan 80% snail secretion filtrate di dalamnya bakal bantu meregenerasi sel kulit di sekitar area mata. Selain itu, terdapat juga kandungan Endothelial Growth Factor atau EGF yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Produk ini juga diklaim aman digunakan untuk kalian yang memiliki kulit yang sensitif karena bebas parfum, terutama di area sekitar mata. Untuk mengencangkan kulit di sekitar area mata, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan adenosin and peptide yang efektif sebagai skin firming. Snail Repair Eye Cream ini mengandung niacinamide yang ampuh untuk mencerahkan lingkaran hitam di sekitar mata.

7. ElsheSkin Soothing Daily Protection


ElsheSkin Soothing Daily Protection

Kembali ke produk lokal, ElsheSkin Soothing Daily Protection dibuat khusus untuk kulit sensitif. Dengan SPF 30 yang dimilikinya, produk ini siap melindungi wajah dari sinar UV, radikal bebas, dan polusi penyebab iritasi. Untuk bahannya, sunscreen lokal ini dilengkapi dengan Chamomilla Recutita Flower Extract yang mempunyai sifat menenangkan kulit.

Bahan tersebut berfungsi merawat dan membantu melindungi dari pengaruh buruk sinar Matahari seperti kulit kemerahan, rasa terbakar, bintik hitam, kekeringan, dan efek penuaan dini. Kalian juga enggak perlu khawatir, karena formulanya bebas dari pewangi tambahan atau fragrance.

Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk melihat beberapa rekomendasi snail skincare yang diklaim bisa lawan tanda-tanda penuaan. Simak juga beberapa rekomendasi toner lokal untuk wajah berjerawat dalam di artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts