Bantu Kamu Tetap Aman Saat Liburan, Ini 8 Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Era New Normal
Travel

Meski sejumlah tempat wisata telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 saat new normal, kita tetap perlu melakukan langkah antisipasi agar terhindar dari penularan virus Corona. Penasaran bagaimana saja caranya? Simak dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Berbagai tempat wisata sudah mulai dibuka sejak kebijakan new normal diberlakukan. Dibukanya kembali berbagai tempat wisata tentu membuat sebagian masyarakat bersuka cita. Karena setelah menghabiskan banyak waktunya di rumah selama beberapa bulan terakhir, kini mereka bisa kembali jalan-jalan atau sekedar refreshing.

Pihak pengelola tempat wisata biasanya akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan COVID-19 demi mencegah penyebarluasan virus Corona. Namun, sebagai pengunjung kita tetap perlu melakukan berbagai langkah antisipasi agar tidak terinfeksi virus Corona saat mengunjungi berbagai tempat wisata.

Nah, karena itulah tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips berlibur ke tempat wisata di era new normal. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Pergi dalam Kondisi Sehat


Pergi dalam Kondisi Sehat

Sebelum pergi ke tempat wisata, pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan sehat dan bugar. Jika kalian memiliki beberapa gejala flu seperti batuk, pilek maupun demam tinggi, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk berlibur.

Sebab jika sedang sakit, daya tahan tubuh akan melemah dan membuatnya lebih rentan terinfeksi virus Corona. Situasinya akan menjadi lebih buruk jika kamu sedang batuk karena berisiko menularkan virus penyakit pada orang lain.

2. Bawa Surat Bebas COVID-19


Bawa Surat Bebas COVID-19

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya lakukan rapid test atau swab test secara mandiri sebelum pergi ke tempat wisata. Dengan begitu kamu sudah siap dan tidak kebingungan jika tempat wisata tujuan memintamu menunjukkan surat bebas COVID-19.

Selain itu, pastikan untuk memahami peraturan new normal di tempat wisata tujuan. Pasalnya peraturan new normal tidak diberlakukan secara serentak di seluruh destinasi wisata. Jadi sebelum berangkat, kamu harus mengetahui bagaimana aturan serta protokol dalam berwisata di lokasi tujuan.

3. Selalu Menggunakan Masker


Selalu Menggunakan Masker

Menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona, terutama saat kamu mengunjungi berbagai ruang publik seperti tempat wisata. Cara ini tak hanya berguna untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Agar perlindunganmu semakin lengkap, sebaiknya gunakan face shield, topi, kacamata hingga pakaian lengan panjang. Dengan begitu, kamu bisa menghindari kontak kulit dengan orang lain dan mencegah terkena droplet saat berada di tempat wisata.

4. Bawa Hygiene Kit


Bawa Hygiene Kit

Selama pandemi Corona, sebaiknya selalu bawa hygiene kit saat beraktivitas di luar rumah, termasuk ketika berlibur di berbagai tempat wisata. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu selalu terlindung dari virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Barang pertama yang harus selalu ada di dalam tas adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda. Selain itu, bawa juga tisu basah, tisu kering, sabun cair dan cairan disinfektan yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu saat sedang berlibur.

5. Bawa Bekal Sendiri


Bawa Bekal Sendiri

Saat berkunjung ke tempat wisata, tidak sedikit orang yang memilih untuk membeli makanan di lokasi. Tujuannya agar lebih praktis alias tidak perlu repot-repot memasak dari rumah. Namun di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, sebaiknya kamu membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Dengan begitu, kamu bisa memastikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, meminimalisir interaksi dengan orang lain serta agar lebih hemat.

Selain makanan, bawalah juga botol minuman berisi air putih agar kamu tidak dehidrasi saat berkeliling di tempat wisata. Bila merasa bosan dengan rasa tawar air putih, kamu bisa membawa jus buah-buahan atau infused water. Dengan begitu, kamu tak hanya terhindar dari kehausan namun juga mendapatkan manfaat kesehatan dari berbagai minuman tersebut.

6. Bawa Alat Ibadah Pribadi


Bawa Alat Ibadah Pribadi

Belibur di tempat wisata memang terasa menyenangkan hingga sering membuat kita lupa waktu. Namun jika waktu salat tiba, tentunya kita harus mengutamakan kewajiban tersebut. Karena itu, sebaiknya bawa peralatan ibadah sendiri dari rumah untuk untuk menghindari penggunaan fasilitas umum yang bisa meningkatkan risiko penularan virus Corona.

Bagi para wanita, Anda bisa membawa mukena parasut dan sajadah lipat yang bisa dimasukkan dalam kantong kecil. Sedangkan bagi para lelaki, Anda bisa membawa sarung dan sajadah atau cukup menggunakan pakaian rapi sejak dari rumah.

7. Selalu Jaga Jarak


Selalu Jaga Jarak

Salah satu cara penting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penulaeran virus Corona di tempat wisata adalah dengan disiplin menerapkan physical distancing. Oleh sebab itu tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter saat berada di sana.

Bila perlu, pilih jalur yang sepi saat sedang jalan-jalan di tempat wisata serta hindari restoran atau toko yang sedang dipenuhi oleh banyak pengunjung. Selain itu, pastikan untuk selalu mengantre dengan disiplin dan jangan menyentuh sembarang benda saat berada tempat di umum.

8. Terapkan Etika Bersin dan Batuk


Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Tips terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu menerapkan etika batuk dan bersin saat berada di destinasi wisata. Hal ini diperlukan untuk mencegah penyebaran droplet secara luas lewat udara dan menghindari rasa tidak nyaman dari orang sekitar.

Etika batuk dan bersin yang pertama adalah menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun. Setelah itu, segera buang tisu dan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Demikian delapan tips berkunjung ke tempat wisata yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman mendaki gunung di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menginap di hotel agar terhindar dari penularan virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait