Bikin Wajah Jadi Kinclong, Ini 8 Manfaat Menakjubkan Buah Tomat Untuk Kecantikan
Rawpixel/Markus Spiske
Lifestyle

Tomat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang murah meriah namun memiliki sejumlah manfaat menakjubkan untuk kecantikan. Penasaran apa saja khasiatnya? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Memiliki kulit cerah dan sehat merupakan impian setiap wanita. Karena itulah mereka rela melakukan berbagai perawatan dan menggunakan beragam produk kosmetik untuk mendapatkan wajah yang cantik dan menawan. Hal ini memang tidak salah, namun kita berisiko merasakan efek buruk dari bahan kimia yang terkandung di berbagai produk kosmetik. Belum lagi kita harus merogoh kantong dalam-dalam setiap bulannya untuk melakukan perawatan mahal.

Karena itulah beralih pada perawatan yang lebih alami bisa kamu jadikan alternatif, salah satunya adalah dengan menggunakan masker tomat untuk mempercantik wajah. Meski sering dianggap sepele, buah satu ini rupanya memiliki sejumlah kandungan yang dapat mengatasi kerusakan pada sel-sel kulit wajah dan melindunginya agar selalu terawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalian hanya perlu menjadikan tomat sebagai masker yang diaplikasikan secara rutin pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kalian dapat mengkombinasikannya dengan berbagai bahan alami seperti madu, timun maupun yoghurt. Biar kalian lebih semangat untuk mencoba perawatan dengan masker tomat, sebaiknya simak dulu sejumlah manfaatnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Mencerahkan Wajah


Mencerahkan Wajah

Bagi kalian yang memiliki kulit kusam dan ingin memiliki wajah kinclong, sebaiknya gunakan masker tomat secara rutin. Perlu diketahui bahwa tomat mengandung antioksidan seperti likopen dan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah, meratakan warna kulit, hiperpigmentasi serta menyamarkan bekas jerawat.

Agar hasilnya semakin maksimal, kalian bisa mencampur tomat menggunakan perasan air lemon, buah dengan sifat antibakteri yang dapat merusak kuman-kuman di kulit wajah. Cara membuatnya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu mengaplikasikan campuran tomat halus dan air lemon pada wajah lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin, dan setelah kering olesi dengan minyak zaitun untuk mendapat efek kelembapan.

2. Mencegah Jerawat


Mencegah Jerawat

Buah murah meriah satu ini juga dapat kalian manfaatkan untuk mencegah jerawat loh. Tomat bahkan mengandung asam salisilat, salah satu bahan yang terdapat dalam berbagai produk jerawat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A, C, K dan sifat asam yang dapat mengurangi serta membersihkan jerawat dari wajah. Dan jika digunakan secara rutin, masker tomat dapat mengecilkan pori-pori, salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan. Pertama, campurkan satu sendok makan cuka apel, setengah cangkir baking soda serta irisan tomat segar yang telah dilumatkan. Setelah itu aplikasikan pada wajah selama kurang lebih 20 menit. Bersihkan lalu keringkan wajah dengan kain lembut. Ulangi cara ini secara rutin sampai kamu merasakan manfaatnya.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka


Mempercepat Penyembuhan Luka
YouTube/American Academy of Derma

Manfaat tomat berikutnya adalah kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka. Khasiat ini didapat dari kandungan antiperadangan di dalam buah tomat seperti likopen, beta karoten, lutein serta vitamin E dan C.

Berbagai senyawa tersebut diketahui mampu bekerja untuk mengurangi rasa sakit serta gejala iritasi seperti kulit terbakar atau terkena panas. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat berkhasiat untuk menyamarkan bekas jerawat yang berwarna kehitaman atau kemerahan.

4. Melindungi Wajah dari Paparan Sinar UV


Melindungi Wajah dari Paparan Sinar UV

Bagi kalian yang sering beraktivitas di luar rumah, sebaiknya lakukan perawatan dengan masker tomat secara rutin. Hal ini dikarenakan tomat mengandung likopen yang memiliki efek perlindungan terhadap paparan sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Meski dapat mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari, kalian tetap harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi saat beraktivitas di luar ya.

Selain dijadikan sebagai masker wajah, kalian juga bisa mengkonsumsi tomat secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, tomat yang dikonsumsi selama 10-12 minggu dapat menurunkan sensitivitas kulit terhadap radiasi sinar UV. Dengan begitu, kita bisa membuat wajah tetap sehat dan menurunkan risiko terkena berbagai gangguan kulit akibat terpapar sinar matahari.

5. Mencegah Penuaan Dini


Mencegah Penuaan Dini
Pexels

Bagi kalian yang ingin selalu tampil muda, masker tomat bisa menjadi alternatif perawatan sebab kandungan vitamin B yang ada di dalamnya memiliki sifat anti penuaan. Jika digunakan secara rutin, masker tomat dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, kerutan serta berkontribusi pada perbaikan sel.

Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan seperti likopen dan vitamin C yang juga memiliki khasiat menakjubkan. Kandungan tersebut diketahui dapat menangkal radikal bebas yang memicu berbagai tanda penuaan serta keriput.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati dan Komedo


Mengangkat Sel Kulit Mati dan Komedo

Ketika diaplikasikan sebagai masker, tomat mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat wajah menjadi lebih sehat dan menawan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa langsung menghaluskan tomat lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Selain itu, masker tomat juga dapat kalian gunakan untuk mengatasi komedo hitam di wajah. Komedo sendiri disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori. Nah, di sini tomat berperan untuk mengontrol produksi sebum dan mengurangi komedo secara perlahan.

7. Melembapkan Kulit


Melembapkan Kulit

Bagi kalian yang ingin mengatasi kulit wajah kering secara alami, sebaiknya lakukan perawatan rutin menggunakan tomat karena efek melembapkan yang dimilikinya. Keasaman dalam tomat dapat mengatasi kulit kusam, kasar serta mendorong pembaharuan sel. Selain itu, masker tomat juga efektif dalam menjaga kulit agar tetap bersih dan kencang.

8. Meningkatkan Produksi Kolagen


Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat buah tomat berikutnya yang tidak kalah penting adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen. Manfaat ini lagi-lagi didapatkan dari kandungan vitamin C yang tinggi dari buah tomat. Dengan mendapatkan manfaat tersebut, tomat mampu membuat wajah menjadi lebih sehat dan kencang jika diaplikasikan secara rutin.

Demikian delapan manfaat menakjubkan buah tomat yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat luar biasa teh hijau untuk kecantikan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah kegunaan kentang bagi kecantikan.

You can share this post!

Related Posts