8 Aplikasi Ini Cocok Buat Kamu yang Hobi Menulis, Asah Bakatmu Mulai dari Sekarang!
Tekno

Bila kamu memiliki bakat menulis namun kebingungan untuk memulainya, sebaiknya manfaatkan delapan aplikasi smartphone berikut ini untuk mengembangkannya.

WowKeren - Menulis jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Melalui tulisan, kita dapat menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran dan berkomunikasi dengan dunia luas dengan lebih leluasa. Karena itulah menulis sering dikaitkan dengan peningkatan suasana hati hingga memulihkan emosi dari segala macam stres yang melanda.

Di era modern seperti saat ini, kita bisa menulis di mana saja dan kapan saja. Kita tak hanya bisa menulis di buku menggunakan pena, namun juga bisa melakukannya melalui laptop maupun smartphone.

Nah, bagi kamu yang ingin mengembangkan bakat menulis namun kebingungan untuk memulainya, sebaiknya jangan gampang menyerah. Sebab ada beberapa aplikasi di smartphone yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bakat tersebut. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Steller


Steller

Steller merupakan singkatan dari story teller yang bisa diartikan dengan penutur cerita atau pendongeng. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat mempermudah penggunanya untuk bercerita yang meliputi teks, foto dan video. Karena Steller bertujuan untuk berbagi cerita, kamu bisa menceritakan berbagai hal dengan membubuhkan beberapa foto maupun video di dalamnya.

Nantinya cerita yang kamu unggah di Steller akan berbentuk seperti e-book dengan satu judul cerita yang memiliki beberapa lembar halaman. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa saling berbagi cerita melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook dan Twitter. Yang tak kalah menarik, kamu juga bisa mengikuti sesama pengguna Steller untuk mengikuti perkembangan cerita yang mereka tulis.

2. Wattpad


Wattpad

Wattpad merupakan salah satu aplikasi menulis yang cukup populer karena menyediakan komunitas online untuk para penulis dan pembaca. Melalui aplikasi ini, sudah ada banyak penulis yang menerbitkan bukunya secara fisik dan beberapa di antaranya sukses menjadi best seller.

Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai kategori yang bisa dibaca, sehingga kamu juga bisa membuat cerita sendiri sesuai dengan kategori yang kamu inginkan. Di antaranya adalah romance, comedy, thriller hingga horror. Tertarik untuk menjadi penulis terkenal melalui aplikasi ini? Jika iya, buruan download sekarang!

3. JotterPad


JotterPad

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk menulis novel, puisi, lirik lagu hingga artikel. Format tulisan yang ada pun memiliki banyak pilihan, seperti txt, pdf, markdown, hingga docx. Selain itu, JotterPad juga menyediakan banyak pilihan font yang menarik dan enak dibaca. Dengan kelebihan tersebut, kamu bisa merasakan sensasi membaca online seperti sedang membaca buku fisiknya.

Aplikasi ini memiliki desain user-friendly yang bisa memudahkanmu untuk mengaksesnya di mana saja dan kapan saja serta melakukan kustomisasi pada tampilannya. Yang tak kalah menarik, JotterPad juga menghadirkan beragam fitur menarik seperti free-distraction editor, quick preview sampai screenwriter profesional loh.

4. Medium


Medium

Medium adalah aplikasi berikutnya yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang suka membaca artikel opini, reportase mendalam, fotografi serta artikel feature yang panjang. Meski mengangkat bacaan yang cukup berat, aplikasi ini didesain dengan simpel dan sederhana, sehingga bisa menghadirkan pengalaman membaca yang menyenangkan walau dalam durasi yang lama.

Selain untuk membaca karya orang lain, kamu juga bisa menulis dan mendapat apresiasi dari pengguna yang lain. Karena aplikasi ini tersinkronisasi dengan cloud, kamu bisa memulai dan mengakhiri tulisan di berbagai perangkat, termasuk smartphone maupun tablet.

5. Storial.co


Storial.co

Bagi kamu yang ingin mengunggah tulisan atau cerita dalam format buku, Storial.co merupakan aplikasi yang cocok untukmu. Sejak awal diciptakan, aplikasi ini bertujuan untuk melahirkan penulis baru. Di dalamnya hadir berbagai fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menuliskan cerita per bab. Yang enggak kalah seru, kamu juga bisa mendengarkan cerita lewat audio loh.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki komunitas menulis yang bisa menghubungkanmu dengan penulis maupun pembaca yang lain. Jadi jika kamu sedang bingung mencari inspirasi untuk tulisanmu, kamu bisa banget berdiskusi dengan mereka. Menarik banget kan?

6. Penana


Penana

Penana tergolong baru jika dibandingkan dengan aplikasi menulis lainnya. Aplikasi ini dirancang untuk calon penulis yang memiliki ribuan ide untuk dituangkan melalui berbagai cerita dalam format serial maupun kolaboratif. Selain itu, Penana juga menghadirkan fitur yang cukup unik yakni fitur lomba menulis secara rutin yang disebut dengan NaNoWrimo.

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangatlah mudah, sebab kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Penana, membuat akunnya, lalu gunakan untuk menulis. Setelah menulis, kamu juga bisa mendapatkan pemberitahuan dari pembaca yang mengomentari tulisanmu loh. Bagaimana, tertarik mencoba?

7. Novelist


Novelist

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang untuk para penulis novel maupun kamu yang ingin menjadi novelis. Melalui aplikasi ini kamu bisa menggunakan tool untuk menyusun plot hingga outline dari tulisanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur deadline agar lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Ada beragam fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan tulisanmu. Mulai dari pemilihan template untuk buku, editor teks dengan format dan auto save serta mode preview yang praktis. Yang tak kalah menarik, Novelist juga mendukung tulisan berformat EPUB, RTF maupun HTML loh!

8. Writer Tools


Writer Tools

Aplikasi kece terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian adalah Writer Tools. Ini merupakan aplikasi yang menyediakan fitur Timer, yaitu pengatur waktu yang berjalan selama 25 menit untuk menulis. Ketika waktunya selesai, kamu disarankan untuk berhenti menulis dan beristirahat sejenak.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang disebut dengan Writing Progress. Fitur ini memungkinkan kita untuk memantau hasil tulisan secara berkala serta untuk mengetahui statistik dari buku yang sedang kita tulis. Yang tak kalah menarik, kamu juga bisa membuat profil setiap karakter dari novel melalui fitur Characters yang ada di dalamnya. Seru banget deh pastinya!

Demikian delapan rekomendasi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan bakat menulis. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi situs belajar bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar alat musik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait