Asah Kemampuan Berbahasa Inggrismu dengan 8 Situs Gratis Ini, Belajar Jadi Lebih Menyenangkan
Tekno

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi kebutuhan tidak tertulis yang harus dimiliki seseorang di era global seperti saat ini. Nah, jika kamu ingin menghemat waktu dan dana, kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui delapan situs gratis ini.

WowKeren - Di era global seperti sekarang ini, ada banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari perdagangan bebas hingga semakin banyaknya perusahaan asing di Indonesia.

Karena itu, mahir berbahasa Inggris seolah menjadi kebutuhan yang pantang dilewatkan. Tujuannya agar kita bisa bersaing di ranah lokal maupun internasional.

Percaya atau tidak, seseorang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik ternyata lebih mudah diterima di dunia kerja. Dan biasanya, perjalanan karier seseorang akan lebih cemerlang jika dia mahir berbahasa Inggris.


Karena itu, mengasah kemampuan berbahasa Inggris sejak dini dan sesering mungkin sangatlah penting. Tapi jika kamu tidak memiliki banyak waktu dan dana untuk belajar bahasa Inggris, berbagai opsi bisa kamu gunakan.

Salah satunya adalah dengan belajar bahasa Inggris melalui internet. Saat ini ada banyak sekali situs di internet yang siap memfasilitasi kamu untuk belajar bahasa Inggris. Jadi kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Mau tahu situs gratis apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Asah Kemampuan Berbahasa Inggrismu di Duolingo.com


Asah Kemampuan Berbahasa Inggrismu di Duolingo.com

Duolingo.com merupakan salah satu website terbesar untuk belajar bahasa asing. Kamu bebas memilih ingin belajar bahasa apa dari yang sudah disediakan, salah satunya adalah bahasa Inggris.

Selain itu, Duolingo.com juga menyediakan metode belajar yang sangat asyik melalui permainan. Dan lagi-lagi, kamu bisa memilih metode belajar sesuai dengan keinginan. Ada metode santai (5 menit per hari), biasa (10 menit per hari), serius (15 menit per hari) atau gila (20 menit per hari).

Tidak hanya itu, sebab kamu juga bisa memilih tingkat apa yang ingin kamu pelajari. Dan jika bingung, ada tes kemampuan awal yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Jadi, untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris kapan saja dan di mana saja, coba deh manfaatkan Duolingo.com.

2. Belajar Bahasa Inggris Bisa Sangat Menyenangkan dengan LearnaLanguage.com


Belajar Bahasa Inggris Bisa Sangat Menyenangkan dengan LearnaLanguage.com

Situs berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris adalah LearnaLanguage.com. Pasalnya, situs ini akan memberikan pengalaman belajar interaktif yang menyenangkan dan berbeda.

Hal ini disebabkan karena LearnaLanguage.com menyampaikan kurikulum yang dijabarkan dengan bahasa visual. Sehingga cocok banget untuk kamu yang mudah bosan belajar dengan membaca modul yang penuh dengan tulisan.

LearnaLanguage.com sendiri menyediakan lebih dari 1.400 kata untuk kamu pelajari. Selain itu, di situs ini juga ada audio interaktif yang bisa membantumu berlatih pengucapan kata asing dengan benar dan lancar. Seru banget kan?

3. Mau Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Budayanya? Akses Saja Openculture.com


Mau Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Budayanya? Akses Saja Openculture.com

Situs Openculture.com pada dasarnya didedikasikan untuk pembelajaran budaya yang berbasis edukasi bahasa. Artinya, kamu yang mengikuti kelas di situs ini akan belajar bahasa asing sekaligus mendapatkan pengalaman mengenali budaya mereka.

Seperti sebelumnya, Openculture.com juga menawarkan pembelajaran berbasis audio. Sehingga kamu bisa berlatih pelafalan bahasa asingmu. Untuk bidang budayanya sendiri, kamu akan diajak belajar lewat sastra dan juga film.

Tidak hanya itu, sebab di Openculture.com kamu juga bisa belajar berbagai bidang ilmu. Mulai dari astronomi, hukum hingga filsafat. Tinggal kamunya saja akan memilih yang mana.

4. Ingin Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah? Manfaatkan Saja Memrise.com


Ingin Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah? Manfaatkan Saja Memrise.com

Situs gratis berikutnya yang bisa kamu manfaatkan jika ingin belajar bahasa Inggris adalah Memrise.com. Terutama bagi kamu yang ingin menghafal kosakata bahasa Inggris dengan mudah.

Pasalnya, Memrise.com menggunakan pendekatan berbasis permainan untuk membantumu belajar bahasa Inggris. Situs ini juga memiliki beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dengan urut untuk menghafalkan sebuah kata atau frasa.

Misalnya, untuk kosa kata irrigation, prprecipitation dan cultivation. Dalam satu level, kamu akan diminta untuk menghafalkan arti tiga kata itu dengan berbagai pertanyaan. Jika salah, pelajaran akan diulangi sampai kamu menjawab dengan benar. Dan setelah menjawab semua pertanyaan, kamu akan diberikan tambahan kosakata. Dengan cara ini, kosakata yang kamu hafal akan semakin bertambah setiap harinya.

5. Babbel.com, Situs Belajar Bahasa Inggris yang Ramah


Babbel.com, Situs Belajar Bahasa Inggris yang Ramah

Situs belajar bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan secara gratis berikutnya adalah Babbel.com. Selain bahasa Inggris, melalui situs ini kamu juga bisa belajar berbagai macam bahasa. Mulai dari bahasa Portugis, Jerman hingga Rusia.

Situ Babbel.com sendiri terbilang sangat ramah untuk digunakan melalui gawai. Selain itu, situs ini juga memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah kamu bisa belajar bahasa asing secara langsung. Menarik banget bukan?

6. Belajar Bahasa Inggris Lewat Orang Asing Secara Langsung di Hinative.com


Belajar Bahasa Inggris Lewat Orang Asing Secara Langsung di Hinative.com

Hinative.com berasal dari kata "Hi" dan "Native", yang bisa diartikan cara belajar bahasa asing melalui interaksi dengan native speaker dari seluruh dunia. Karena itu, kamu bisa berinteraksi langsung dengan orang asing dari berbagai belahan dunia.

Dengan demikian, kamu juga bisa bertanya secara langsung tentang cara pengucapan, makna dan grammar yang kamu gunakan sudah benar atau belum. Tapi setidaknya kamu harus bisa berbahasa Inggris dasar untuk dapat berkomunikasi dengan mereka.

Karena itu, melalui situs ini kamu mendapat dua keuntungan sekaligus, yakni belajar dan praktik di waktu yang bersamaan. Selain bahasa Inggris, di Hinative.com kamu juga bisa belajar berbagai bahasa asing lainnya. Seru banget kan?

7. Melalui Busuu.com Kamu Akan Dipandu dengan Baik Saat Belajar Bahasa Inggris


Melalui Busuu.com Kamu Akan Dipandu dengan Baik Saat Belajar Bahasa Inggris

Busuu.com adalah salah satu situs untuk belajar bahasa Inggris dengan baik. Di situs ini, kamu bisa belajar secara gratis maupun berbayar. Pengguna Busuu.com dapat berinteraksi dengan native speaker dan menguji kemampuan berbahasa mereka sendiri. Karena itu, situs ini adalah pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris melalui eksperimen sosial.

Hampir mirip sengan Duolingo.com, Busuu.com juga memungkinkan kamu untuk belajar kosakata, grammar maupun ucapan. Bedanya, Busuu.com tidak menggunakan metode permainan, tapi langsung memandu kamu untuk menemukan kosakata baru atau belajar bagaimana grammar harus digunakan.

Selain itu, di Busuu.com kamu juga akan mendapat berbagai tips menarik loh. Misalnya, sapaan "Hello" digunakan untuk situasi yang formal dengan orang yang belum terlalu kamu kenal. Sementara untuk orang yang sudah kamu kenal akrab, kamu bisa menggunakan "Hi".

8. Mau Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Berbagi Ilmu? Akses Saja Livemocha.com


Mau Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Berbagi Ilmu? Akses Saja Livemocha.com

Situs berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris adalah Livemocha.com. Situs ini sendiri tergolong cukup unik, pasalnya di sini kamu bisa belajar bahasa asing, sekaligus memberikan pengajaran untuk bahasa yang kamu kuasai.

Saat pertama kali mendaftar, kamu akan ditanya tentang apa bahasa native-mu. kemudian kamu akan dimasukkan ke dalam kelas yang sama dengan orang-orang yang ingin belajar bahasa native-mu.

Jika kamu memberikan pengajaran dan mereka senang dengan pengajaranmu, maka pengikutmu akan memberikan poin. Poin ini nantinya bisa kamu gunakan untuk belajar di kelas bahasa yang kamu inginkan. Jadi istilah sederhananya, kamu akan belajar dengan metode memberi dan menerima di Livemocha.com.

Demikian delapan situs belajar bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan. Jika kamu ingin mencari tahu tentang situs gratis untuk mencari referensi penelitian, simak artikelnya di sini. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini jika ingin mengetahui berbagai aplikasi ponsel yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

You can share this post!

Related Posts