Tampak Kesulitan Bernapas, Pakar Sebut Kondisi Trump Masih Jauh Dari Kata Sehat
Dunia

Video yang menunjukkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kesulitan bernapas saat kembali ke Gedung Putih beberapa waktu lalu menjadi sorotan oleh pakar kesehatan.

WowKeren - Kondisi kesehatan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kerap menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Hal ini disebabkan karena Trump dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) pekan lalu.

Meski begitu, kini Trump sudah kembali ke Gedung Putih dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin negara. Namun, sebuah rekaman video yang menunjukkan Trump kesulitan bernapas mendadak jadi sorotan di dunia maya.

Dikutip dari Business Insider, Trump dipulangkan usai dirawat di rumah sakit militer Walter Reed Medical Center. Namun, kondisi Trump saat itu dinyatakan masih belum negatif COVID-19.

Sesampainya di Gedung Putih, dia menaiki tangga, melepas maskernya di balkon, memberi hormat pada helikopter yang akan berangkat, dan melangkah ke dalam gedung. Urutan itu tampaknya dirancang untuk menunjukkan bahwa Trump telah pulih dan kembali bekerja.

Namun, sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa Trump terlihat jauh dari kata sehat dan tampak kesulitan bernapas. Asisten Profesor University of Alberta, Ilan Schwartz, mengatakan tarikan napas Trump tampak tidak normal.

Source: Twitter


Seorang dokter di Inggris juga menyimpulkan dari rekaman itu bahwa presiden tampak tidak sehat. "Jika Anda melihat video di balkon Gedung Putih, dia (Trump) jelas mengalami kesulitan bernapas," kata Zoe Norris, seorang dokter umum dan dosen, kepada BBC Breakfast.

Setelah melepas maskernya, Trump berdiri sekitar dua menit, mengacungkan jempol, memberi hormat kepada helikopter yang berangkat yang membawanya dari rumah sakit, dan memasuki Gedung Putih. Ia membuat komentar yang tak terdengar kepada seseorang yang tak terekam kamera.

Source: Twitter

Dalam video lain, yang tampaknya direkam tak lama setelah kembali ke Gedung Putih, Trump mengaku telah pulih. "Sekarang saya lebih baik dan mungkin saya kebal, saya tidak tahu," kata Trump dalam video itu, di mana dia tampak tidak kesulitan bernapas saat berbicara. Dalam kesempatan tersebut, Trump juga meminta kepada rakyat AS untuk tak takut terhadap COVID-19.

Hingga saat ini, Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar atas video yang menunjukkan Trump tampak kesulitan bernapas. Citra yang Trump coba gambarkan melalui kembalinya dia ke Gedung Putih justru berbenturan dengan penilaian dari tim medisnya.

Dalam jumpa pers pada Senin pagi, dokter Gedung Putih, Sean Conley, mengatakan kepada wartawan bahwa Trump belum sepenuhnya keluar dari masalah. Namun, Conley mengatakan bahwa tingkat oksigen Trump dan pernapasannya sepenuhnya normal.

Conley mengatakan Trump akan "dikelilingi oleh perawatan medis kelas dunia 24 jam sehari selama tujuh hari dalam sepekan, bahkan setelah dia kembali ke Gedung Putih. Tetapi Conley menambahkan akan membutuhkan sekitar sepekan sebelum dokter mengetahui apakah Trump telah pulih sepenuhnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait