Segera Umumkan Nominasi, FFI 2020 Ajak Nonton 10 Film Indonesia ini
Selebriti
Festival Film Indonesia 2020

Festival Film Indonesia (FFI) 2020 rencananya akan digelar pada 5 Desember mendatang. Oleh sebab itu, FFI 2020 membagikan daftar 10 film Indonesia yang wajib ditonton!

WowKeren - Festival Film Indonesia 2020 tetap akan digelar di tengah pandemi COVID-19. Kendati begitu, belum dapat dipastikan apakah malam puncak yang akan berlangsung pada 5 Desember mendatang digelar secara virtual.

Meski begitu, Lukman Sardi selaku ketua komite FFI mengaku akan mewujudkan rencana yang tertunda tahun lalu. Rencana tersebut adalah Movie Soundtrack Concert dan FFI Academy yang justru bisa diwujudkan apabila malam puncak digelar secara virtual.

Sebelumnya, FFI 2020 telah mengumumkan 12 film panjang yang akan dinilai untuk penentuan nominasi. Melalui akun Twitter @festivalfilmid, FFI 2020 sekaligus merekomendasikan 10 film panjang Indonesia dalam berbagai kategori. Apa saja?

(wk/nere)

1. Lampor: Keranda Terbang


Lampor: Keranda Terbang
layar.id

FFI 2020 merekomendasikan film "Lampor: Keranda Terbang" dalam kategori pengarah artistik. Film yang dibintangi Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti menceritakan tentang teror Lampor, setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang. Film karya sutradara Guntur Soeharjanto ini sudah dapat disaksikan di Viu.

2. Si Manis Jembatan Ancol


Si Manis Jembatan Ancol
Instagram/film_simanis

FFI 2020 juga merekomendasikan film "Si Manis Jembatan Ancol" dalam kategori pengarah artistik dan penata busana. Menghadirkan akting apik Indah Permatasari, Randy Pangalila, Arifin Putra, dan Ozy Syahputra, film yang digarap Anggy Umbara ini mengisahkan teror perempuan cantik berbaju merah yang konon ingin membalas dendam. Selengkapnya dapat disaksikan di Iflix.

3. Habibie & Ainun 3


Habibie & Ainun 3
Instagram/habibieainunmovie

Film "Habibie & Ainun 3" direkomendasikan FFI 2020 untuk kategori penata efek visual dan penata rias. Sekuel ini lebih berfokus pada kehidupan Ainun yang diperankan Maudy Ayunda, khususnya semasa kuliah. Film yang juga dibintangi Jefri Nichol dan Reza Rahadian tersebut sudah dapat disaksikan di Viu.

4. Mangkujiwo


Mangkujiwo
Instagram/kuntilanakfilm

Selanjutnya, film "Mangkujiwo" direkomendasikan untuk kategori penata efek visual dan penata suara. Nasib naas dialami Kanthi (Asmara Abigail) yang menjadi alat bagi dua petinggi untuk berseteru hingga akhirnya memutuskan bunuh diri meski sedang mengandung. Simak selengkapnya di Iflix.

5. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2


Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2
Instagram/sebelumiblismenjemput

"Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2" juga merupakan film rekomendasi untuk kategori penata efek visual dan penata suara. Dua tahun setelah lepas dari teror, Alfie (Chelsea Islan) ternyata kembali dihadapkan dengan serangkaian tragedi yang akan menjawab masa lalu sang ayah. Tonton di Disney+ Hotstar.

6. Darah Daging


Darah Daging
Instagram/skylar.pictures

"Darah Daging" merupakan film yang direkomendasikan untuk kategori penyunting gambar dalam FFI 2020. "Darah Daging" menceritakan persekongkolan tiga saudara yang dibantu para sahabatnya untuk melakukan perampokan bank. Sayangnya, film yang dibintangi Ario Bayu ini belum rilis di platform streaming resmi.

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini


Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
Instagram/filmnkcthi

Film rekomendasi untuk kategori penata musik dan pencipta lagu tema adalah "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, dan Rachel Amanda diceritakan sebagai sebuah keluarga yang ternyata memiliki cerita pilu masing-masing meski terlihat baik-baik saja. "NKCTHI" tayang di Netflix worldwide, loh!

8. Teman Tapi Menikah 2


Teman Tapi Menikah 2
Instagram/temantapimenikah

"Teman Tapi Menikah2" melanjutkan kisah kehidupan pasangan yang diperankan Adipati Dolken dan Mawar Eva De Jongh setelah menikah. Film ini direkomendasikan FFI 2020 untuk kategori pencipta lagu tema. Tonton selengkapnya di Netflix.

9. Toko Barang Mantan


Toko Barang Mantan
Instagram/film_tokobarangmantan

Rekomendasi selanjutnya untuk pencipta lagu tema adalah film "Toko Barang Mantan". Drama komedi romantis ini mempertemukan Reza Rahadian dan Marsha Timothy yang memiliki hubungan spesial di masa lalu. Kisah selengkapnya dapat disaksikan di Netflix.

10. Love For Sale 2


Love For Sale 2
Instagram/loveforsalefilm

"Love For Sale 2" dipilih sebagai rekomendasi untuk kategori pemeran pendukung perempuan. Kisah Ican (Adipati Dolken) yang belum menikah hingga sang ibu sibuk menjodohkannya menjadi fokus utama cerita. Film "Love For Sale 2" juga dapat disaksikan di Netflix.

You can share this post!

Related Posts