Liburan Tetap Aman dan Menyenangkan, Ini 7 Tips Jalan-Jalan ke Pantai Saat New Normal
Travel
Skenario New Normal COVID-19

Ingin liburan ke pantai namun takut tertular virus Corona? Tenang, sebaiknya ikuti tujuh tips berikut ini agar liburanmu berlangsung aman dan menyenangkan.

WowKeren - Sejak kebijakan new normal diberlakukan, berbagai destinasi wisata kembali dibuka. Hal ini tentu membuat sebagian masyarakat bersuka cita. Karena setelah menghabiskan banyak waktunya di rumah selama beberapa bulan terakhir, kini mereka bisa kembali jalan-jalan atau sekedar refreshing.

Salah satu destinasi wisata yang jadi pilihan wisatawan untuk berlibur adalah pantai. Karena di pantai kita dapat menyaksikan indahnya lautan biru, melihat panorama bawah laut, berjalan-jalan di pasir hingga menikmati kelezatan hidangan laut.

Namun karena pandemi Corona masih berlangsung, kita harus selalu menjaga diri agar tidak sampai terkena COVID-19. Untuk itu, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips aman berlibur ke pantai yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Usahakan Tidak Pergi dengan Rombongan Besar


Usahakan Tidak Pergi dengan Rombongan Besar

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah tidak pergi ke pantai dalam rombongan besar. Karena seperti yang diketahui, kerumunan dapat meningkatkan penularan virus Corona. Kendati demikian, kamu tetap boleh kok pergi dengan sahabat atau keluarga dekat asal jumlahnya tidak lebih dari 10 orang.

Selain itu, usahakan untuk disiplin menerapkan social distancing. Pastikan selalu menjaga jarak dengan teman, keluarga atau pengunjung yang lain minimal sejauh dua meter. Karena ada banyak sekali orang yang terinfeksi virus Corona namun tidak menunjukkan gejala apapun alias terlihat sehat.

2. Pilih Pantai yang Sepi


Pilih Pantai yang Sepi

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan berkaitan dengan pemilihan lokasi pantai. Selama kasus positif COVID-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan, sebaiknya pilih destinasi yang tidak begitu terdampak atau yang ditetapkan sebagai zona hijau. Agar lebih aman, sebaiknya pilih destinasi yang masih cukup sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Jangan sampai kamu datang ke pantai yang seperti pasar karena sangat ramai wisatawan dan meningkatkan risiko penularan virus Corona. Usahakan juga untuk memilih jalur yang sepi dan hindari kedai yang sedang ramai pengunjung untuk meminimalisir interaksi dengan orang lain.

3. Selalu Gunakan Masker


Selalu Gunakan Masker

Sejak pandemi virus Corona mencuat, menggunakan masker telah menjadi rutinitas baru yang tak bisa dilewatkan saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menangkal droplet atau percikan cairan demi mencegah penularan virus asal Wuhan tersebut.

Agar perlindunganmu semakin maksimal, sebaiknya gunakan face shield, topi dan kacamata. Usahakan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang untuk meminimalisir kontak kulit dengan orang lain saat jalan-jalan di pantai. Dengan begitu, kamu bisa memutus rantai penularan virus Corona dengan lebih baik.

4. Bawa Starter Kit New Normal


Bawa Starter Kit New Normal

Agar terhindar dari virus Corona saat liburan di pantai, pastikan untuk menyertakan starter kit new normal di dalam tas. Barang pertama yang harus kamu bawa adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda.

Bawa juga barang-barang penting lainnya seperti masker cadangan, tisu basah, tisu kering, sabun cair dan cairan disinfektan travel kit. Starter kit tersebut akan sangat berguna untuk menjaga kebersihan tangan setelah memegang berbagai benda di area pantai yang kemungkinan telah ditempeli virus Corona.

5. Jangan Berenang


Jangan Berenang

Berenang menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke pantai. Namun di tengah pandemi, sebaiknya kamu hindari dulu aktivitas satu ini. Meskipun CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat belum menemukan bukti yang menunjukkan virus Corona dapat hidup di air, aktivitas ini sebaiknya tetap dihindari. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kontak fisik dengan orang lain dan apabila tak sengaja minum air laut.

Selain renang, hindari juga kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti olahraga pantai. Agar tidak terlalu bosan, kamu bisa menikmati pemandangan sambil mengabadikan setiap momen berharga dengan orang terdekat.

6. Ganti berjemur dengan Jalan-Jalan


Ganti berjemur dengan Jalan-Jalan

Banyak yang percaya bahwa berjemur dapat menangkal virus Corona sebab sinar matahari dan suhu panas dapat membunuh sejumlah virus, termasuk virus SARS, flu burung dan influenza. Namun jika kalian pergi ke pantai, sebaiknya hindari dulu aktivitas satu ini demi mencegah penularan virus Corona. Pasalnya dikhawatirkan kamu akan terkena droplet dari orang yang sedang berlalu lalang.

Sebagai gantinya, sebaiknya habiskan waktumu dengan berjalan-jalan menyusuri pantai. Rasakan lembutnya butiran pasir dengan berkeliling dari ujung ke ujung dengan orang terdekat. Dengan begitu, momen liburan di pantai akan tetap terasa menyenangkan!

7. Hindari Menyewa Barang


Hindari Menyewa Barang

Tips terakhir yang WowKeren berikan ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Usahakan untuk tidak menyewa barang-barang yang ada di pantai seperti papan selancar, kursi duduk, payung dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda tertentu, sehingga kamu berisiko tertular jika tidak sengaja memegang benda tersebut.

Agar lebih aman, tak ada salahnya untuk menyiapkan semua peralatan yang diperlukan dari rumah. Meski sedikit merepotkan, cara ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan kalian dan keluarga yang sedang berlibur.

Demikian tujuh tips aman liburan ke pantai yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips melakukan snorkeling untuk pemula. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman berwisata ke waterpark.

You can share this post!

Related Posts