Cocok Untuk Diet Hingga Cegah Kanker, Talas Ternyata Simpan 7 Manfaat Ini Untuk Kesehatan!
Health

Talas memang cukup sering dikonsumsi dalam kuliner nusantara. Namun ternyata tidak banyak orang yang tahu manfaat talas. Umbi-umbian ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja?

WowKeren - Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan talas. Talas sendiri merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beberapa makanan lokal bahkan menggunakan talas sebagai bahan utamanya.

Bukan tanpa alasan, selain mudah didapat, talas juga memiliki cita rasa yang nikmat. Umbi-umbian ini memiliki kulit luar berwarna coklat dan daging berwarna putih dengan bintik-bintik ungu. Tekstur talas mirip dengan kentang atau singkong. Ketika talas dimasak, rasanya menjadi agak manis.

Meski cukup sering dikonsumsi, tidak banyak orang yang tahu manfaat talas. Umbi-umbian ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaat talas bagi kesehatan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaatnya untuk kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Serat dan pati resisten yang terdapat pada talas diyakini mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hasil penelitian membuktikan, bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, pati resisten yang ada di dalamnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Talas mengandung potassium yang mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu, talas baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

2. Membantu menurunkan berat badan


Membantu menurunkan berat badan

Talas memiliki kandungan serat yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan lemak tubuh yang lebih sedikit. Serat dapat memperlambat pengosongan perut sehingga membuat kalian kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan sepanjang hari.

Talas juga dapat membuat makanan yang dicerna dan diserap lambung dan usus menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, talas juga dapat mengurangi masalah pencernaan, seperti kembung, diare, produksi gas berlebih, dan kram perut. Oleh sebab itu, hal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan kalian.

3. Mengontrol Gula Darah


Mengontrol Gula Darah

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan, talas ternyata juga mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Kalian disarankan mengonsumsi talas secara rutin dengan diiringi diet yang sehat. Itu akan membantu mengurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

4. Atasi Masalah Penglihatan


Atasi Masalah Penglihatan

Talas diketahui mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin A untuk membantu penglihatan lebih jernih. Selain itu, talas juga mengandung antioksidan, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin.

Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak, beta-carotene juga bisa membantu mengatasi penyakit jantung. Oleh sebab itu, talas sangat bagus untuk menjaga kesehatan pengelihatan kalian.

5. Cegah Tanda-tanda Penuaan Dini


Cegah Tanda-tanda Penuaan Dini

Talas kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif pada sel akibat radikal bebas. Sumber antioksidan diperoleh dari vitamin C dan E yang terkandung di dalam talas. Talas mendorong pertumbuhan sel baru sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan lebih segar.

Hal tersebut membantu dalam menghalangi munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti bintik hitam, kerutan, dan garis-garis halus. Kandungan talas juga berperan penting dalam pembentukan kolagen. Seperti yang banyak diketahui, kolagen dapat membuat kulit tetap kenyal.

6. Perkuat Sistem Imun


Perkuat Sistem Imun

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C untuk membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, talas juga mampu mencegah anemia karena kandungan zat besinya membantu proses pembentukan sel darah merah, sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme, dan membentuk sel baru dalam tubuh.

7. Cegah Kanker


Cegah Kanker

Talas mengandung senyawa nabati yang disebut dengan polifenol. Adapun polifenol utama yang ditemukan dalam talas adalah quercetin. Uji tabung dan penelitian pada hewan menemukan bahwa quercetin dapat mendorong kematian sel kanker, serta memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.

Quercetin juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan sifat antikanker pada talas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait