Tidak Perlu Bersikap Ketakutan dan Menghindar
SerbaSerbi

Hari AIDS Sedunia juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan solidaritas dengan jutaan orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA) di seluruh dunia. Nyatanya, ada banyak ODHA hidup terasingkan dari masyarakat.

WowKeren - Walau tergolong sebagai virus pembawa penyakit menular, HIV hanya dapat berpindah melalui darah atau cairan tubuh saat berhubungan seks, penggunaan jarum suntik, dan beberapa kasus kehamilan serta persalinan. Untuk itu, kalian tak perlu terburu-buru bersikap ketakutan atau menghindar jika kerabat atau orang di sekitar mengidap HIV/AIDS. Para ahli kesehatan di masa kini sudah mengungkap lebih jauh tentang penyebab dan apa saja yang patut dilakukan untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS. Artinya. kalian tak perlu berlebihan jika suatu saat nanti harus hidup berdampingan dengan ODHA, baik di tempat kerja atau di lingkungan rumah.

Yang perlu diingat, berdekatan atau bersosialisasi dengan ODHA tidak akan menyebabkan kalian terinfeksi virus HIV. Sebab kenyataannya, virus HIV tidak akan mudah menyebar seperti virus flu. Virus HIV hanya bisa ditularkan melalui kontak darah, air susu, sperma, ataupun cairan vagina. Air susu juga berpotensi menularkan virus HIV dari ibu yang sudah berstatus ODHA kepada bayinya. Sementara sperma ataupun cairan vagina hanya mungkin menularkan virus HIV kepada mereka yang melakukan hubungan seksual dengan ODHA.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts