Bikin Nyesek, Foto Dokter di Texas Peluk Pasien Corona Lansia yang Putus Asa Viral
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Foto seorang dokter di sebuah rumah sakit Texas, Amerika Serikat, bernama Joseph Varon yang tengah memeluk dan menenangkan pasien COVID-19 lansia yang putus asa mendadak menjadi viral di media sosial.

WowKeren - Foto seorang dokter bernama Joseph Varon yang merawat pasien virus Corona di sebuah rumah sakit Texas, Amerika Serikat mendadak jadi topik hangat. Pasalnya, ia kedapatan memeluk seorang pria lanjut usia yang terkena COVID-19.

Pria itu tampak putus asa ketika dirawat di unit perawatan intensif (ICU) COVID-19. Potret yang mengabadikan momen ini pun viral di media sosial.

Dikutip dari AFP, Selasa (1/12), pelukan nyaman Varon kepada pria berambut putih pada Hari Thanksgiving itu rupanya tertangkap kamera fotografer Getty Images dan telah menjadi viral di seluruh dunia. Varon, kepala staf di United Memorial Medical Center di Houston, mengatakan kepada CNN, bahwa dia memasuki ruang ICU COVID-19 ketika dia melihat pasien lanjut usia "bangun dari tempat tidurnya dan mencoba keluar dari kamar."

"Dan dia menangis," kata Varon. "Jadi saya mendekatinya dan saya (bertanya) padanya, 'Mengapa kamu menangis?'"

"Dan pria itu berkata, 'Saya ingin bersama istri saya.' Jadi saya raih dia dan saya pegang dia, "kata Varon. "Saya merasa sangat kasihan padanya. Saya merasa sangat sedih, sama seperti dia. Akhirnya dia merasa lebih baik dan dia berhenti menangis."


Varon juga mengaku belum putus asa. "Saya tidak tahu mengapa saya belum putus asa. Perawat saya menangis di tengah hari," ujarnya.

Menurutnya, unit isolasi COVID-19 sulit bagi banyak pasien, terutama para lansia. "Bisa dibayangkan," katanya. "Anda berada di dalam ruangan tempat orang-orang datang dengan pakaian antariksa. Kalau sudah lanjut usia, itu lebih sulit karena sendirian."

Ia bercerita bahwa beberapa pasien lansia sering menangis. Bahkan, ada pula yang melarikan diri dari rumah sakit lewat jendela. Namun, Varon mengatakan pria tua dalam gambar itu "melakukannya jauh lebih baik."

"Kami berharap sebelum akhir minggu ini dia bisa keluar dari rumah sakit," katanya. Varon juga berpesan kepada masyarakat yang tidak melakukan tindakan pencegahan di tengah pandemi.

"Orang-orang di luar sana, di bar, restoran, mal," kata dokter itu. "Ini gila. Orang tidak mendengarkan dan kemudian mereka berakhir di ICU saya."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts