Sering Muncul Tiba-tiba, 8 Tips Ini Bisa Kalian Coba Untuk Redakan Gatal Saat Biduran
Health

Biduran biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, jika rasa gatal yang dirasakan terkesan ringan, kalian bisa mencoba mengurangi rasa gatalnya dengan beberapa perawatan di rumah.

WowKeren - Pernahkah kalian tiba-tiba merasakan gatal di seluruh tubuh yang kemudian di barengi munculnya bentol-bentol tanpa ada sebab yang jelas? Bisa jadi kalian sedang mengalami biduran. Biduran, atau dalam istilah medis disebut urtikaria, adalah ruam kemerahan yang muncul pada kulit. Biduran merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang paling sering terjadi.

Biduran terlihat sebagai bercak-bercak, ruam, dan bentol-bentol yang terasa gatal. Bercak ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Biasanya gejala biduran muncul secara tiba-tiba, kemudian memudar dengan sendirinya. Biduran sering dikaitkan dengan reaksi alergi baik makanan, obat atau suhu dingin.


Biduran biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 24 jam, dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun jika dibarengi dengan pusing, sesak napas dan lemas, kalian sebaiknya meminta pertolongan medis karena tersebut menandakan reaksi alergi yang parah dan memerlukan penanganan segera.

Namun, jika rasa gatal yang dirasakan terkesan ringan, kalian bisa mencoba mengurangi rasa gatalnya dengan beberapa perawatan di rumah. Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips mengatasi gatal yang terjadi akibat biduran. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Cari Tahu Pemicunya


Cari Tahu Pemicunya
Shutterstock/Lovelyday Vandy

Langkah awal perawatan terpenting pada biduran adalah mengetahui faktor pemicunya, dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan faktor tersebut. Biduran memang seri kali terjadi secara tiba-tiba, hal ini membuat banyak orang yang bingung dengan pemicunya.

Munculnya biduran bisa terjadi karena infeksi virus, reaksi alergi, konsumsi makanan tertentu, sengatan serangga, hingga kondisi cuaca, yaitu paparan udara panas atau dingin. Ingat-ingatlah apa yang kalian lakukan/makan sebelumnya. Jika biduran muncul setelah makan makanan tertentu, maka hindari mengonsumsi makanan tersebut. Atau jika biduran muncul saat stres, maka lakukan relaksasi untuk mengurangis stress.

2. Gunakan Kompres Dingin


Gunakan Kompres Dingin

Mengompres bagian yang biduran dengan es atau air dingin dapat membantu meredakan iritasi dan rasa gatal. Kalian bisa mengompresnya dengan cara membungkus es batu dengan handuk dan kompres di bagian yang terasa gatal. Biarkan selama kurang lebih 10 menit dan ulangi jika masih gatal.

Jangan gunakan kompres air hangat karena hal ini akan memicu gatal lebih terasa. Kompres dingin ini bisa membantu mengurangi gejala dan memberi rasa nyaman pada bentol dan gatal. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi paparan alergen, sehingga biduran tidak semakin parah.

3. Pakai Baju Longgar


Pakai Baju Longgar
Unsplash/Vlah Dumitru

Menggunakan pakaian yang longgar membuat kulit yang mengalami biduran dapat bernapas dan suhu tubuh tetap sejuk. Sebaliknya, memakai pakaian ketat justru bisa membuat kulit terasa makin gatal bahkan iritasi karena kulit tertekan dengan baju yang kalian kenakan.

Selain itu, pilih baju dari katun yang menyerap keringat untuk menghindari kelembapan berlebih. Lingkungan yang lembap membuat bakteri di kulit semakin berkembang dan kulit pun jadi semakin gatal.

4. Mandi


Mandi
Rawpixel/Jira

Salah satu cara untuk mengatasi bentol biduran adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Mandi atau membersihkan kulit merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi biduran. Saat biduran muncul, mandilah dengan air bersih, tetapi jangan gunakan air hangat saat membasuh kulit yang mengalami biduran.

Sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan air yang memiliki suhu normal atau suhu ruangan. Mandi dengan air bersih bisa membantu mengurangi gejala dan memberi rasa nyaman pada bentol dan gatal. Membersihkan kulit bertujuan untuk mengurangi paparan alergen yang mungkin masih tersisa di kulit, sehingga biduran tidak semakin parah.

5. Hindari Menggunakan Produk Yang Bisa Mengiritasi


Hindari Menggunakan Produk Yang Bisa Mengiritasi

Saat mandi hindari menggunakan sabun atau shampoo yang bisa menyebabkan iritasi. Saat biduran, kondisi kulit sedang sensitif sehingga apa saja bisa menjadi allergen dan membuat biduran jadi makin parah. Sabun tertentu juga dapat menyebabkan kulit kering dan memperparah sensasi gatal saat kalian biduran. Jadi, gunakan sabun yang tergolong untuk kulit sensitif.

Sabun ini biasanya tidak mengandung pengharum dan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. Aplikasikan produk segera setelah mandi untuk membantu meredakan sensasi gatal. Terdapat beberapa obat biduran yang dapat digunakan saat mandi. Produk ini untuk membantu mengurangi sensasi gatal. Produk yang tergolong sebagai obat biduran, meliputi oatmeal (khusus untuk mandi) atau satu hingga dua genggam soda kue.

6. Gunakan Pelembab Kulit


Gunakan Pelembab Kulit
Unsplash/Clarissa Watson

Olesi bagian kulit yang terserang dengan losion. Produk ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan perih akibat biduran. Pilihlah jenis losion yang mengandung Calamine dan oleskan pada area kulit yang mengalami bentol. Pada tingkat yang parah, biduran mungkin harus diatasi dengan konsumsi obat antialergi.

Lidah buaya dapat menjadi sumber vitamin E yang dibutuhkan kulit untuk sehat. Bahan ini juga dapat mengurangi sensasi gatal akibat biduran. Selain itu, efek dingin yang diberikan pelembab dapat memberika sensasi nyaman pada kulit yang gatal.

7. Jaga Tubuh Agar Tetap Sejuk


Jaga Tubuh Agar Tetap Sejuk
Unsplash/Siniz Kim

Suhu yang panas dapat membuat rasa gatal semakin parah. Kenakan pakaian yang tipis dan longgar, serta berbahan nyaman dan dapat menyerap keringat. Jaga suhu udara di dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman.

Hindari duduk di bawah sinar matahari langsung atau mandi air panas, untuk mencegah kekambuhan biduran. Hindari juga berada di ruangan yang gerah. Pasalnya keringat yang muncul justru akan membuat biduran makin terasa gatal.

8. Konsumsi Obat


Konsumsi Obat
Shutterstock

Jika rasa gatal masih mengganggu, cobalah untuk mengkonsumsi obat. Konsumsi pil antihistamin sebagai obat biduran menjadi cara efektif untuk mencegah gatal-gatal. Selain itu, antihistamin juga memblokir pelepasan histamin oleh tubuh yang menjadi pemicu kemunculan gejala biduran. Jangan lupa untuk membicarakan dengan dokter jika kalian sedang dalam kondisi hamil dan menyusui, memiliki kondisi medis lain, atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Jika gejala yang kalian alami terasa memburuk atau bertahan lebih lama dari beberapa hari, sebaiknya segera periksalah ke dokter. Begitu pula jika faktor pemicu biduran tidak diketahui dengan jelas. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti tes darah dan tes alergi untuk mengetahui pemicu biduran.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa obat alami yang bisa redakan gatal karena alergi. Simak juga artikel satu ini untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi alergi kosmetik.

You can share this post!

Related Posts