7 Ide Alternatif Aman Pengganti Liburan Natal Saat Pandemi, Masih Seru Dan Berkesan Kok
Rawpixel
Travel

Rencana liburan pun da baiknya diurungkan karena COVID-19. Namun, bagi kalian yang tetap ingin merayakan Natal bersama keluarga dengan momen istimewa, berikut ide alternatif yang bisa dilakukan sebagai pengganti liburan.

WowKeren - Liburan Natal tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, Perayaan Natal tahun ini diselimuti oleh pandemi COVID-19 yang masih terjadi di banyak tempat. Masyarakat pun sangat diharapkan tetap mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan baik dan benar mengingat masa pandemi belum berakhir.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 meminta seluruh pihak bersikap bijak selama liburan Natal hingga akhir tahun nanti. Untuk antisipasi, satgas COVID-19 juga meminta kepada masyarakat untuk bersikap bijaksana dan sadar diri demi kebaikan bersama, termasuk dengan meminimalisir mobilitas selama liburan.

Rencana liburan pun da baiknya diurungkan demi kebaikan bersama. Namun, bagi kalian yang tetap ingin merayakan Natal bersama keluarga dengan momen istimewa, berikut tim WowKeren rangkum 7 ide alternatif yang bisa dilakukan sebagai pengganti liburan. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Wisata Virtual


Wisata Virtual
www.daytoncvb.com

Liburan tak akan terasa seperti liburan jika tak didampingi oleh orang terkasih. Namun, karena pandemi, kegiatan berkumpul tidak dianjurkan. Untuk itu bikin momen liburan ini bisa dikenang, yaitu dengan membuat perayaan Natal dengan virtual. Undang temanmu di aplikasi pertemuan virtual seperti zoom atau google meet dan terapkan beberapa peraturan menarik.

Setiap temanmu pasti punya ide yang kreatif dan jadikan acara perayaan tahun barumu lebih berbeda dari biasanya. Selain itu, banyak juga tempat wisata yang bisa diakses secara virtual bersama teman-teman. Kalian bisa menjelajah tempat baru bersama teman melalui teknologi tersebut.

2. Berkumpul Bersama Keluarga Inti


Berkumpul Bersama Keluarga Inti
Unsplash/National Cancer Institute

Jika kalian tetap ingin merayakan liburan Natal bersama keluarga, kalian bisa mencoba tips satu ini CDC (Centers for Disease Control) Holiday Guidelines menekankan bahwa satu-satunya cara yang benar-benar aman untuk menikmati liburan akhir tahun adalah dengan merayakannya bersama keluarga inti kalian.

Cara paling aman untuk berkumpul adalah dengan kelompok yang lebih kecil, meski dilakukannya di luar. Selain itu, jika kalian tidak bisa mengelak permintaan teman untuk merayakan liburan di luar rumah, paling tidak, jaga jarak dan memakai masker merupakan cara yang lebih diprioritaskan.

3. Staycation


Staycation
Unsplash/Jared Rice

Salah satu cara berlibur aman saat pandemic adalah dengan staycation. Staycation sendiri adalah kegiatan berwisata yang tak banyak berpindah-pindah. Kalian hanya perlu menginap di hotel dan menikmati suasana berbeda sekaligus fasilitas yang hotel tersebut tawarkan. Kegiatan satu ini sangat cocok untuk kalian yang ingin melepas stres namun sedang malas bepergian ke tempat wisata.

Dengan melakukan staycation, kamu bisa beristirahat seharian dan kabur dari padatnya rutinitas sambil menikmati suasana mewah di hotel. Namun, tidak semua hotel cocok untuk staycation loh. Selain dikarenakan fasilitas yang memadai, pastikan juga hotel tempat kalian menginap memiliki protokol kesehatan yang terpercaya.

4. Eksperimen Memasak


Eksperimen Memasak
Unsplash/Conscious Design

Jika tak memiliki rencana liburan, ada baiknya kalian mencoba menghabiskan waktu dengan menyantap makanan lezat. Momen ini memang momen biasa, namun jika dilakukan bersama keluarga yang tercinta tentu akan terasa berbeda. Kalian juga bisa mengajak anak maupun keluarga untuk turut andil dalam membuat masakan special tersebut.

Ada banyak menu pilihan dari buku resep yang kamu beli untuk dipraktikkan sebagai media pembelajaran. Masakan yang sudah jadi, dapat disantap sendiri, bersama keluarga, hingga kerabat terdekat. Tak ada salahnya melakukan kegiatan ini agar momen liburan kalian di rumah semakin seru. Jangan takut salah atau tidak enak, yang penting lakukan semaksimal mungkin.

5. Menekuni Hobi Dan Olahraga Baru


Menekuni Hobi Dan Olahraga Baru
Unsplash/Giulia Bertelli

Jaman sekarang, susah sekali memiliki waktu luang untuk menekuni hobi dengan focus. Beberapa orang waktunya tersita untuk pekerjaan, sekolah dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Nah, saat liburan inilah kesempatan kalian menekuni hobi atau olahraga baru. Mulai dari memelihara tanaman, bermain musik, olahraga, hingga menata halaman belakang, semuanya dapat kamu lakukan sambil bersantai di rumah.

Olahraga juga bisa jadi hal yang bisa kalian kembangkan saat liburan. Tanpa olahraga, stamina dan daya tahan tubuh akan berkurang sehingga lebih rentan terkena penyakit. Ada banyak olahraga yang menyenangkan untuk ditekuni, seperti tenis, renang, basket, badminton, dan lain-lain. Siapa tahu kalian akan menemukan hobi baru dari aktivitas ini.

6. Movie Marathon


Movie Marathon
Unsplash/Clement M.

Kegiatan alternative liburan satu ini yang biasanya dilakukan banyak kalangan karena bikin ketagihan dan enggan berhenti bahkan sampai pagi berganti malam. Kegiatan ini adalah marathon menonton film rekomendasi liburan. Kalian bisa menontonnya di televisi, komputer, web series di YouTube, hingga layanan streaming dalam jaringan baik sendirian maupun bersama keluarga.

Ini adalah tips yang cukup baik, mengingat selama pandemi banyak orang yang rindu pergi ke bioskop. Biasanya tontonan tersebut menyajikan serial populer yang tengah gandrung dibicarakan orang. Begitu pula layanan streaming dalam jaringan yang memiliki serial serta film eksklusif. Hal ini bisa jadi pilihanmu dalam menonton film rekomendasi liburan.

7. Mempererat Bonding Dengan Anak


Mempererat Bonding Dengan Anak
Unsplash/Kelly Sikkema

Terakhir, taka da momen yang paling special selain bercengkrama bersama keluarga dan anak. Manfaatkan momen liburan di rumah kalian ini sebagai sarana mempererat hubungan orangtua dan anak Kalian bisa melakukan banyak kegiatan seru bersama anak seperti bermain puzzle atau lego.

Kalian bisa mengajak anak menyusun puzzle bersama untuk mengisi waktu liburan Natal kali ini. Ajak anak untuk memilih gambar puzzle yang ia sukai, lalu susun bersama. Atau biarkan anak bebas berimajinasi dengan lego dan membuat banyak bentuk, mulai dari mobil-mobilan, pesawat terbang, kastil, hingga hewan.

Untuk kalian yang berniat untuk berlibur dengan cara staycation, sebaiknya simak beberapa tips berburu hotel untuk staycation dalam artikel ini. Kalian juga bisa mengintip artikel ini untuk mengetahui alternatif lain yang bisa kalian terapkan ketika ingin berlibur tahun baru.

You can share this post!

Related Posts