AS Pecah Rekor 290 Ribu Kasus COVID-19 Sehari Usai Kerusuhan di Capitol
Dunia

Melonjaknya jumlah kasus harian ini diduga disebabkan oleh kerusuhan di Capitol. Sebagaimana diketahui, sejumlah massa pendukung Trump menyerbu dan menyerang Gedung Kongres AS.

WowKeren - Amerika Serikat kembali mencatat rekor untuk kasus harian virus corona pada Jumat (8/1) waktu setempat. Negeri Paman Sam tersebut mencatat hampir 290 ribu kasus baru dalam rentang 24 jam.

Dalam periode yang sama, AS juga mencatat 3.676 kematian. Satu hari sebelumnya, AS melaporkan hampir 4.000 kematian dalam 24 jam. Sementara itu, berdasarkan data Covid Tracking Project, sekitar 131 ribu warga AS sedang menjalani perawatan di rumah sakit saat ini akibat Covid-19.

Diduga kuat melonjaknya jumlah kasus harian ini disebabkan oleh kerusuhan yang terjadi di Capitol Hill. Sebagaimana diketahui, pada Rabu (6/1) petang waktu setempat, sejumlah massa pendukung Donald Trump menyerbu dan menyerang Gedung Kongres AS.

Di sisi lain, sejak pandemi terjadi jelang pertengahan 2020, AS telah mencatat 21,8 juta kasus dan lebih dari 368 ribu orang meninggal dunia.


Sebagai catatan, sejak awal pandemi Maret lalu, kasus corona AS baru menembus angka 10 juta pada 9 November 2020. Hal tersebut berarti terjadi lonjakan kasus besar-besaran selama dua bulan terakhir.

Pemerintah AS sendiri mulai menggelar kampanye besar-besar terkait vaksinasi. Hampir 2,8 juta warga AS telah disuntikkan vaksin corona pada tahap awal. Angka itu masih jauh di bawah target Gedung Putih yang mencapai 20 juta vaksinasi sebelum menutup 2020.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS alias Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat jumlah vaksin yang telah didistribusikan lebih dari 12 juta dosis.

Namun, upaya vaksinasi kepada petugas kesehatan dan warga yang rentan terhambat oleh persoalan logistik dan kian terbatasnya kapasitas rumah sakit dan klinik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait