Enggak Kalah Sama Luar Negeri, 7 Salad Lezat Asli Indonesia Ini Bakal Bikin Ketagihan
Kuliner

Meski salad pada umumnya dikenal sebagai makanan dari budaya luar negeri, Indonesia rupanya juga memiliki banyak hidangan jenis ini termasuk pecel dan gado-gado.

WowKeren - Salad merupakan salah satu menu makanan yang dianggap cukup menyehatkan karena pada umumnya dibuat dari buah dan sayuran. Sehingga hidangan yang satu ini bisa dijadikan sebagai opsi untuk menu diet sehari-hari.

Meski demikian, salad pada umumnya dikenal sebagai makanan yang berasal dari budaya luar negeri. Jangan salah! Indonesia rupanya juga memiliki banyak hidangan jenis salad ini, lho. Racikan sayur dan buah asli Indonesia juga tidak kalah nikmatnya.

Sebab, dalam racikan tersebut ditambahkan bumbu khas Tanah Air. Kalau kamu sedang berburu kuliner khas Indonesia, tak ada salahnya kamu mencoba hidangan salad ini. Selain nikmat juga menyehatkan, bukan? Berikut pilihan salad asli Indonesia yang bisa kamu coba.

(wk/zodi)

1. Gado-Gado


Gado-Gado

Menu yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita, bukan? Hidangan ini terdiri dari irisan mentimun, kentang rebus, wortel, kecambah, dan selada. Ada juga racikan yang ditambah dengan tahu atau tempe goreng serta irisan telur rebus.

Yang membuat hidangan ini lezat adalah sausnya. Saus ini terbuat dari kacang goreng yang sudah digiling. Rasa gurih dan sedikit manis dari saus ini bisa membuat siapa saja ketagihan akan menu gado-gado. Apalagi ditambah dengan taburan kerupuk di atasnya.

2. Lotek


Lotek

Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, kamu bisa menjumpai dengan mudah menu lotek ini. Meski hampir mirip dengan gado-gado, namun ada hal yang membedakan lotek ini dengan menu tersebut. Sayuran yang disajikan untuk lotek direbus terlebih dahulu.

Kalau kamu menikmati kuliner ini dalam kondisi lapar, bisa menambahkan nasi atau lontong. Lotek pada umumnya dinikmati dengan bakwan goreng yang renyah. Dibanding gado-gado, saus lotek rasanya sedikit lebih manis karena dicampur dengan gula merah.

3. Urap


Urap

Di Jawa Timur, menu ini hampir selalu bisa ditemui saat acara tasyakuran. Urap terbuat dari irisan daun kenikir, kacang panjang, dan kecambah yang dicampur dengan parutan kelapa yang sudah disangrai dan diberi bumbu. Bumbunya terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan terasi.

Sayur untuk urap direbus terlebih dahulu. Meski demikian, salad ini tetap segar dengan tambahan daun kemangi yang memunculkan aroma khas. Dengan rasanya yang pedas, urap biasa dinikmati dengan ikan maupun ayam goreng.

4. Rujak Cingur


Rujak Cingur

Kalau kamu berkunjung ke Jawa Timur, kurang lengkap jika kamu belum mencicipi rujak cingurnya. Salad ini terdiri dari irisan buah seperti mentimun, krai, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, dan cingur.

Cingur inilah yang membuat hidangan ini khas. Cingur sendiri merupakan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Racikan tersebut kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari olahan petis udang, garam, bawang goreng, gula merah, dan cabai. Saus ini memiliki aroma rasa yang khas dengan irisan pisang biji hijau yang masih muda.

5. Trancam


Trancam

Hampir sama dengan urap, trancam pada umumnya disajikan dalam keadaan pedas. Namun berbeda dengan urap, bahan yang digunakan masih mentah. Salad yang satu ini cocok bagi kamu yang menginginkan rasa segar bercampur pedas. Sebab, trancam terbuat dari irisan mentimun yang kaya akan kandungan air serta kacang panjang.

Tambahan daun kemangi yang segar dan biji lamtoro menambah aroma khas pada hidangan ini. Racikan salad khas Jawa Tengah ini juga ditambah dengan kecambah dan dicampur dengan parutan kelapa yang gurih. Trancam pada umumnya dinikmati dengan nasi putih dan ayam goreng.

6. Karedok


Karedok

Salad ini merupakan makanan khas Sunda, Jawa Barat. Karedok terbuat dari mentimun, taoge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi, dan terong mentah. Sama seperti beberapa salad Indonesia lainnya, karedok juga disajikan dengan saus.

Saus untuk karedok berupa bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula Jawa, garam, dan terasi. Pada umumnya, karedok disajikan sebagai menu pelengkap sehari-hari dengan nasi dan kerupuk.

7. Pecel


Pecel

Berbicara mengenai salad, kurang lengkap jika tidak menyertakan pecel. Bisa dibilang, menu yang satu ini sudah "melegenda" karena hampir bisa ditemui dimana-mana. Pecel pada umumnya dinikmati sebagai sarapan ditambah dengan irisan telur goreng atau ayam bumbu Bali dan rempeyek kacang.

Penyajian makanan yang murah meriah ini beragam tergantung daerahnya. Ada pecel khas Ponorogo, Blitar, Kediri, hingga Madiun. Pada umumnya yang membedakan rasa masing-masing pecel adalah komposisi bumbunya.

Indonesia kaya akan budayanya sehingga tak heran jika hal ini melahirkan beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Selain salad, kamu bisa mencoba dodol khas dari berbagai wilayah dengan rasa dan karakteristik yang unik. Masih kurang puas? Tak ada salahnya kamu juga mencoba beberapa kuliner kopi nusantara seperti di artikel ini, ya.

You can share this post!

Related Posts