Jelang Pelantikan, Biden Menangis Dalam Pidato Emosional Di Kampung Halaman
Reuters
Dunia
Pelantikan Presiden AS 2021

Joe Biden bersiap untuk menjalani pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat. Jelang hari H, ia memberikan pidato yang sangat emosional di kampung halamannya.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS) Terpilih Joe Biden bertolak ke Washington D.C. sehari menjelang pelantikannya. Sebelum berangkat menuju ibu kota AS, Biden menyempatkan diri memberikan pidato di kampung halamannya, Delaware.

Dilansir dari AFP, Biden berpidato dengan penuh emosional di depan warga setempat. Ia terlihat menangis terharu dan menyeka air mata saat mengucapkan salam perpisahan kepada kampung halamannya.

Biden mengaku bangga dapat menjadi putra Delaware yang berhasil menduduki kursi di White House sebagai orang nomor satu di AS. Ia pun berjanji akan selalu membawa Delaware di hatinya hingga tutup usia.

”Ini momen yang sangat emosional, perjalanan kita ke Washington dimulai di sini,” ungkap Biden seperti dilansir dari The Independent, Selasa (19/1) waktu setempat. “Dalam keluarga kami, nilai-nilai yang kami bagi, karakter yang kami perjuangkan, cara kami memandang dunia - semuanya datang dari rumah. Semuanya berasal dari Delaware.”

”Saya akan selalu bangga menjadi putra yang berasal dari Delaware. Maaf, saya terlalu emosional,” sambungnya. “Tetapi ketika saya mati, Delaware akan selalu tertulis di hati saya dan hati kita semua.”


Dalam kesempatan ini, Biden juga turut mengenang almarhum sang putra, Beau yang meninggal dunia tahun 2015 silam. Menurutnya, kepergiaan anaknya itu merupakan satu penyesalan yang besar di hidupnya karena ia berharap Beua bisa menjadi Presiden AS.

”Saya punya satu penyesalan,” ujar presiden terpilih dari Partai Demokrat ini. “Kita seharusnya memperkenalkan dia (Beau) sebagai presiden.”

Setelah selesai berpidato, Biden dan sang istri, Jill Biden langsung menuju ke pangkalan udara Andrews. Keduanya menumpangi jet pribadi saat menuju ke Washington.

Biden sendiri berencana mengunjungi Monumen Washington dan Lincoln Memorial sebelum pelantikan sebagai Presiden AS 2021. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas banyaknya warga AS yang meninggal karena virus corona.

Prosesi pelantikan Joe Biden ini akan dilakukan pada Rabu (20/1) siang waktu setempat. Ia akan dilantik bersama wakilnya, Kamala Harris.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts