Singgung Inflasi, Joe Biden Klaim Ekonomi AS Tetap Kuat Meski Ada Penurunan PDB
AFP/JIJI
Dunia

Ketidakpastian global saat ini tampaknya juga mempengaruhi kehidupan perekonomian negara di dunia, tak terkecuali Amerika Serikat (AS). Presiden Joe Biden pun membeberkan kondisi ekonomi AS.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pemerintahannya diketahui tengah berupaya keras untuk mengecilkan laporan ekonomi baru yang mengganggu, yang mana menambah bukti resesi, mencoba untuk menarik fokus ke kemajuan legislatif utama pada langkah-langkah menjinakkan inflasi, mengurangi utang dan mempertahankan keunggulan kompetitif Amerika.

Melansir The Associated Press, Partai Republik mengatakan bahwa laporan yang menunjukkan ekonomi menyusut untuk kuartal kedua berturut-turut adalah bukti "resesi Biden" pada saat inflasi berada pada level tertinggi dalam empat dekade.

Menanggapi hal tersebut, Biden lantas mengutip angka pengangguran yang mendekati rekor terendah dan tanda-tanda berlanjutnya investasi bisnis dalam perekonomian. Atas hal ini, ia pun menyatakan "itu tidak terdengar seperti resesi bagi saya."

Kemudian pada Kamis (28/7), Biden mengatakan bahwa ekonomi AS saat ini kuat dan stabil dengan tanda-tanda kemajuan yang jelas meskipun laporan terbaru dari Departemen Perdagangan menunjukkan penurunan 0,9 persen dalam Produk Domestik Bruto (PDB).


"Ekonomi kita menciptakan lebih dari 1 juta pekerjaan pada kuartal kedua, periode yang sama dengan laporan PDB hari ini," ujar Biden dalam sambutannya sebelum menjadi tuan rumah pertemuan meja bundar dengan para pemimpin bisnis, dilansir dari UPI, Jumat (29/7).

Lebih lanjut, Biden mengakui bahwa pertumbuhan yang lebih lambat, tetapi menekankan diperlukan untuk transisi ke ekonomi yang stabil dan menurunkan inflasi tanpa melepaskan keuntungan yang telah dicapai. Ia mengatakan kenaikan itu mencakup lebih dari 9 juta pekerjaan yang diciptakan sejak menjabat dan pengangguran di 3,6 persen, mendekati rekor terendah dalam sejarah.

Biden kemudian menuturkan bahwa AS mengalami rebound terkuat di bidang manufaktur dalam beberapa dekade dan rumah tangga serta bisnis mesin ekonomi yang terus bergerak maju. Di samping itu, ia juga menunjuk pada investasi yang kuat di sektor-sektor seperti energi bersih.

Di samping itu, Biden memberikan pujian terhadap upaya kongres untuk meloloskan RUU semikonduktor CHIPS. Ia pun mendesak Kongres untuk juga meloloskan Undang-Undang Pengurangan Inflasi untuk menurunkan biaya obat bagi orang Amerika yang berjuang melawan inflasi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru