Kebakaran Hutan Besar di Perbatasan Jerman-Ceko Berpotensi Hancurkan Kawasan Wisata
AFP
Dunia

Kebakaran itu diketahui dimulai sejak akhir pekan lalu dan sudah sempat terkendali, namun menyebar lagi pada Kamis (28/7) pagi ini. Ratusan petugas pemadam kebakaran di kedua sisi perbatasan berupaya memadamkan api.

WowKeren - Kebakaran hebat di perbatasan Jerman-Ceko menyebar dan berpotensi menghancurkan taman nasional berhutan yang populer sebagai kawasan wisata. Kebakaran itu diketahui dimulai sejak akhir pekan lalu dan sudah sempat terkendali, namun menyebar lagi pada Kamis (28/7) pagi ini.

Ratusan petugas pemadam kebakaran di kedua sisi perbatasan memadamkan api dengan bantuan dari negara tetangga Polandia dan Slovakia. Delapan helikopter pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di daerah berbukit dan berbatu yang sulit diakses pada hari Kamis. Sekitar 250 hektar hutan telah terbakar.

Otoritas lokal setempat telah memperingatkan para turis untuk menghindari area tersebut. Pejabat negara bagian Saxony di Jerman telah melarang pejalan kaki memasuki beberapa hutan di wilayah tersebut. Untuk mencegah kebakaran lebih lanjut, mereka juga meminta warga setempat untuk tidak menyalakan kembang api di pesta-pesta pribadi.

"Semuanya sangat menegangkan. Kami sama sekali tidak dapat berbicara tentang meredanya api, namun petugas pemadam kebakaran telah mencapai batas kemampuan mereka," kata Menteri Dalam Negeri Saxony Armin Schuster.


Sebelumnya, ratusan orang juga sempat dievakuasi di wilayah utara Republik Ceko saat petugas pemadam kebakaran terus memerangi api di taman nasional Bohemian Swiss. Pihak berwenang mengatakan kebakaran itu mungkin dipicu oleh penyebab buatan manusia daripada krisis iklim.

Sebagai informasi, kebakaran ekstrem yang dulunya jarang terjadi kini menjadi lebih sering dan berlangsung lebih lama di seluruh dunia. Kebakaran yang merusak didorong setidaknya sebagian oleh perubahan iklim, yang memperburuk skala dan intensitasnya.

Di Amerika Serikat, ribuan orang yang tinggal di luar Taman Nasional Yosemite di California sempat diperintahkan untuk mengungsi karena kebakaran dengan api yang bergerak cepat. Kebakaran Oak yang dimulai pada Jumat (22/7) adalah yang terbesar sepanjang tahun ini di California, dan terjadi di tengah musim kebakaran hutan yang sangat aktif.

Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran terbaru di California terbaru. Baik dengan menggunakan helikopter, pesawat lain dan buldoser untuk mengendalikan api.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait