Joe Biden Trending, Puisi Persatuan Amanda Gorman Banjir Pujian Warga AS
AP Photo/Patrick Semansky
Dunia
Pelantikan Presiden AS 2021

Rupanya tak hanya Joe Biden, sosok Amanda Gorman yang didapuk sebagai poet laureate di acara pelantikan Presiden Amerika Serikat ke-46 juga ikut disorot publik.

WowKeren - Upacara pelantikan Presiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden, menjadi perhatian publik. Nama Joe Biden hingga kini bahkan menjadi trending di lini masa Twitter. Selain warga AS, tidak sedikit netizen yang mengucapkan selamat atas dilantiknya Joe Biden menggantikan presiden AS sebelumnya, Donald Trump.

Rupanya tak hanya Joe Biden, sosok Amanda Gorman yang didapuk sebagai poet laureate di acara pelantikan tersebut juga ikut disorot. Untuk diketahui, poet laureate merupakan penyair yang diangkat pemerintah untuk menulis syair di acara resmi.

Membacakan puisi "The Hill We Climb" bertema persatuan, penampilan Amanda sukses membius publik.

"Menjadi warga AS lebih dari sekedar kebanggaan yang kita warisi. Masa lalu dilewati kemudian kita memperbaikinya. Kita tidak akan kembali, tetapi berubah, menjadi negara yang tetap kuat meski terluka, ramah dan kuat," ungkap Amanda dalam puisinya. "Kita akan bangkit, damai dan pulih lagi."


Dalam puisi yang disampaikan dengan gaya orasi, Amanda merasa bahwa demokrasi tidak akan pernah kalah. Hal ini seakan menyoroti kerusuhan yang terjadi di Capitol Hill dua pekan lalu.

"Kita tidak berjuang mencari persatuan yang sempurna, kita berjuang untuk menempa persatuan dengan tujuan menyusun negara yang berkomitmen kepada budaya, warna, karakter, dan kondisi manusia," tambah Amanda. "Meski demokrasi bisa tertunda dari waktu ke waktu, ia tidak akan pernah dikalahkan."

Pembacaan puisi sebetulnya bukan tradisi wajib di upacara pelantikan. Sebagai contoh, mantan Presiden Donald Trump tidak mengadakan pembacaan puisi. Menurut situs poets.org, baru ada empat presiden yang menerapkan tradisi ini, yakni Presiden John F. Kennedy, Bill Clinton, Barack Obama, dan Joe Biden.

Sementara itu, upacara pelantikan Joe Biden telah usai. Namun untuk tahun ini, akan ada acara TV khusus 90 menit "Celebrating America" yang dibawakan oleh Tom Hanks pada pukul 20.30 waktu setempat.

(wk/diah)

You can share this post!

Related Posts