Pencapaian Fantastis Biden-Harris Pecahkan 6 Rekor Usai Sah Pimpin AS
Dunia
Pelantikan Presiden AS 2021

Deretan rekor berhasil dipecahkan oleh Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris setelah keduanya resmi memimpin Amerika Serikat (AS). Apa saja rekor-rekor itu?

WowKeren - Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/1) waktu setempat. Kemenangan mereka sebagai pemimpin baru negara adidaya itu rupanya juga diwarnai dengan pencapaian fantastis.

Dilansir dari CNN, keduanya telah mencatatkan sejumlah rekor baru dalam sejarah dunia politik di Negeri Pam Sam. Berikut merupakan 6 rekor yang dicetak Biden dan Harris sebagai pemimpin AS periode 2021-2025:

1. Suara Terbanyak

Dalam Pilpres AS 2020, Biden dan Harris berhasil mencatat rekor suara terbanyak sepanjang sejarah AS. Keduanya mengantongi 81.282.903 suara dar masyarakat AS.

Angka tersebut jauh melebihi rekor yang dipegang pendahulu sebelumnya, Mantan Presiden AS ke-44 Barack Obama. Obama pada Pilpres 2008 berhasil meraih 69.498.516 suara.

Sejarah mencatat partisipasi pilpres tertinggi di AS terjadi pada 1960 dengan 63,8 persen. Lalu disusul 1964 dengan 62,8 persen dan 1968 dengan 62,5 persen. Kemudian pilpres 2016, partisipasi hanya mencapai 60,1 persen.

2. Kemenangan di Georgia

Kemenangan Biden dan Harris di Georgia merupakan prestasi sendiri bagi Partai Demokrat. Bagaimana tidak, selama ini calon presiden dari Partai Demokrat yang sulit menang di negara bagian tersebut.

Calon dari Demokrat terakhir yang bisa menang di Georgia adalah Bill Clinton, dimana peristiwa ini terjadi pada 1922 silam. Tentunya, keberhasilan Biden memenangkan suara di Georgia yang biasa dimenangkan oleh kubu Partai Republik adalah sebuah keuntungan.

3. Kemenangan di Arizona

Hampir serupa di Georgia, pencapaian Biden di Arizona sukses mencetak sejarah. Calon dari Partai Demokrat terakhir dapat memperoleh kemenangan dengan mendapat suara terbanyak di Arizona terjadi pada 1996 silam.


4. Biden Jadi Presiden AS Tertua

Terpilihnya Joe Biden sebagai presiden juga menjadi sejarah tersendiri bagi AS. Ia tercatat sebagai presiden tertua dalam sejarah kepresidenan AS, dimana saat ini usianya sudah menginjak 78 tahun. Namun, isu tersebut sepertinya bukan menjadi masalah serius bagi Biden dan warga AS yang memilihnya.

”Harapannya, saya bisa menyerukan bahwa tua itu membawa kebijaksanaan dan pengalaman yang bisa membuat segala sesuatunya lebih baik. Anda yang memutuskan, bukan saya,” kata Biden mengutip dari South Coast Today.

Biden mengalahkan pendahulunya, Donald Trump yang telah memegang rekor sebagai presiden tertua di AS. Diketahui, Trump berusia 70 tahun saat pertama menjabat sebagai Presiden AS.

5. Pasangan Demokrat Pertama Bukan Dari Ivy League

Biden dan Harris juga menjadi presiden dan wapres AS pertama dari demokrat yang bukan merupakan lulusan Ivy League sejak tahun 1984. Selama ini, presiden dari demokrat selalu berasal dari kampus Ivy League.

Biden sendiri berkuliah di University of Delaware dan Syracuse University College of Law. Sedangkan Harris menempuh pendidikan di Howard University dan University of California, Hastings College of the Law.

6. Harris Cetak Tiga Rekor Sebagai Wapres AS

Terpilihnya Harris sebagai wapres AS telah mencetak tiga rekor sekaligus dalam sejarah kepemimpinan AS. Pertama, ia menjadi wanita pertama yang memegang jabatan sebagai wapres AS.

Kedua, Harris juga menjadi keturunan kulit hitam pertama yang menjadi wapres AS. Terakhir, ia juga tercatat sebagai imigran asal Asia Selatan pertama yang sukses meraih posisi sebagai orang kedua di AS.

Harris yang telah mewakili California di Senat sejak 2017 adalah putri dari seorang imigran Jamaika dan India. Harris tumbuh besar di gereja Black Baptist dan kuil Hindu.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts