7 Ide Kreatif Manfaatkan Ponsel Bekas, Bisa Dijadikan CCTV!
pixabay.com
Tekno

Ada banyak ide yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ponsel bekas. Jangan terburu-buru menjualnya apalagi jika harga jual di pasaran cukup jatuh. Akan sangat sayang, bukan?

WowKeren - Teknologi ponsel terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tak heran jika dalam waktu sebentar saja sudah ada banyak keluaran terbaru dengan berbagai fitur yang menggoda.

Tak jarang pula, karena alasan "tergoda" fitur menarik itu banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli ponsel baru. Padahal, ponsel yang lama masih bisa berfungsi. Hanya karena tergoda fitur baru yang lebih bagus maka fitur yang dimiliki ponsel lama terkesan ketinggalan zaman.

Jika sudah begini maka ponsel bekas akan menjadi tak terpakai. Namun di lain sisi juga sayang untuk menjualnya kembali. Terlebih jika harga jualnya merosot. Nah kamu tak perlu buru-buru menjual ponsel bekas karena masih bisa dimanfaatkan. Berikut ide yang bisa kamu terapkan untuk memanfaatkannya.

(wk/zodi)

1. Dijadikan Sebagai Remote Control


Dijadikan Sebagai Remote Control
pexels.com/Ketut Subiyanto

Ide pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadikan ponsel bekasmu sebagai remote control. Tips ini sangat berguna jika remote control televisi di rumah kamu sudah tak berfungsi dengan baik.

Untuk bisa memanfaatkan fungsi yang satu ini, caranya cukup mudah. Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store yang sudah banyak tersedia secara gratis. Tak perlu mengganti baterai jika sudah habis, kamu hanya perlu mengisi kembali daya ponselmu untuk bisa digunakan kembali.

2. Pasang di Sudut Ruangan Sebagai CCTV


Pasang di Sudut Ruangan Sebagai CCTV
pixabay.com

Siapa sangka jika ponsel bekas akan sangat berguna buatmu untuk meningkatkan keamanan di rumah. Dengan memfungsikan ponsel bekas sebagai CCTV kamu bisa menghemat biaya untuk keamanan rumahmu, bukan? Opsi ini bisa kamu pakai jika hendak pergi keluar rumah dalam waktu singkat.

Caranya tidak sulit, kok. Kamu cukup mengunduh aplikasinya di Google Play Store. Jika sudah, letakkan ponsel bekasmu di sudut ruangan atau lokasi strategis lainnya. Pastikan ponsel terus terhubung ke jaringan WiFi agar bisa bekerja secara optimal.

3. Modem untuk Menunjang WFH


Modem untuk Menunjang WFH
pexels.com/Caio

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari ponsel bekas adalah dengan menjadikannya sebagai modem. Ide ini akan sangat berguna ketika jaringan WiFi sedang mengalami gangguan yang membuatmu tidak bisa mengakses internet.

Sedangkan di lain sisi kamu masih punya deadline kerja untuk diselesaikan hari ini. Kamu juga bisa memakainya secara bergantian dengan ponsel utama. Dengan begitu, ponsel utamamu tidak akan cepat rusak karena terlalu sering dipakai untuk tethering.

4. Main Games Tanpa Gangguan


Main Games Tanpa Gangguan
pexels.com/August de Richelieu

Kamu bisa mengunduh games di ponsel bekasmu dan memakainya sesuka hati di waktu luang. Terlebih lagi jika ponsel bekasmu memiliki spesifikasi yang cukup tinggi sehingga akan ada lebih banyak opsi games yang bisa kamu pasang.

Dengan bermain games menggunakan ponsel bekas, kamu tidak akan terganggu dengan notifikasi chat yang masuk. Sebab, seluruh kontakmu sudah dipindahkan ke ponsel utama yang baru, bukan? Jadi, kamu pun bisa fokus bermain games dengan puas tanpa gangguan.

5. Pemutar Musik Tanpa Henti


Pemutar Musik Tanpa Henti
pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi kamu yang maniak musik, jangan buru-buru menjual ponsel bekas. Sambungkan ponselmu dengan speaker bluetooth di kamar untuk memutar musik favorit. Kamu pun tak perlu terbebani dengan notifikasi yang bisa membuat musik berhenti tiba-tiba.

Musik jalan, kerjaan lanjut, dan kamu pun masih bisa chit-chat dengan rekan kerja atau teman-temanmu tanpa khawatir baterai di ponsel utama akan cepat habis. Pastikan speaker bluetooth dan ponselmu dalam kondisi daya penuh sehingga kamu bisa lebih lama mendengarkan musik.

6. Display Foto Saat Pesta


Display Foto Saat Pesta
pexels.com/Element5 Digital

Ponsel bekas juga bisa membuat acara pesta jadi tambah elegan, misalkan pesta pernikahan. Kamu bisa memajang ponsel-ponsel bekasmu di atas meja menggunakan penyangga.

Atur layar ponsel agar bisa menampilkan foto-foto yang berisi kilas balik kamu dengan pasangan. Selain untuk acara pernikahan, bisa juga untuk pesta ulang tahun. Dengan begitu, pestamu akan menjadi lebih seru, bukan?

7. Pemandu Jalan Saat Traveling


Pemandu Jalan Saat Traveling
pexels.com/Pixabay

Penggunaan Google Maps bisa cukup menguras baterai ponsel. Saat bepergian, hal ini cukup menjadi masalah. Bayangkan saja, ketika hendak menelepon saudara atau teman, baterai ponsel tak mencukupi karena sudah hampir habis akibat penggunaan GPS dan peta.

Masalah ini bisa kamu minimalisir jika turut membawa ponsel bekasmu saat bepergian. Pakai saja ponsel bekas untuk membuka peta Google secara offline. Jika kamu telah mengisinya dengan kuota internat itu akan lebih bagus untuk memandu perjalananmu tanpa perlu khawatir baterai habis di ponsel utama.

Nah, ada banyak sekali ide yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ponsel bekas, bukan? Jadi, jangan terburu-buru menjualnya apalagi jika harga jual di pasaran cukup jauh selisihnya dari harga saat kamu membelinya. Tentu akan sangat sayang, bukan?

Pastikan juga kamu tetap merawat ponsel bekas kamu agar bisa terlihat seperti baru dan bersih. Untuk tipsnya kamu bisa membacanya di artikel ini. Perhatikan juga bagaimana membersihkan lensa kameranya agar bisa kamu gunakan untuk pengambilan gambar yang lebih jernih. Untuk tips ini, intip di artikel berikut, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru