Ada Line Hingga Telegram, Ini 8 Aplikasi Populer Selain WhatsApp untuk Chat Setiap Saat
Tekno

Ada baiknya kamu menginstal aplikasi chat cadangan di ponsel agar tetap bisa berkirim pesan saat salah satu aplikasi mengalami masalah. Berikut beberapa di antaranya.

WowKeren - Pola komunikasi terus mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Teknologi telah berkembang sedemikian rupa hingga memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan rekan yang berada di tempat jauh hingga ribuan mil jaraknya.

Komunikasi yang serba praktis dan cepat bisa dilakukan dengan aplikasi yang terpasang di ponsel. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah WhatsApp. Tampilan layar yang sederhana membuatnya praktis untuk digunakan.

Namun, ada kalanya WhatsApp mengalami down sehingga membuat penggunanya tidak bisa berkirim pesan ataupun file. Jika sudah seperti ini tentu sangat menyusahkan, bukan? Untuk itu kamu perlu menginstal aplikasi chat cadangan di ponsel agar tetap bisa berkirim pesan saat salah satu aplikasi mengalami masalah. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Line


Line

Aplikasi yang satu ini sebenarnya tidak kalah populer dibanding WhatsApp. Line sangat cocok bagi pengguna yang suka berkirim pesan dengan menggunakan stiker. Pasalnya, di sini tersedia ribuan stiker mulai dari animasi binatang lucu hingga karakter favoritmu.

Selain stiker, pengguna juga dimanjakan dengan ratusan tema yang bisa dibeli dengan menggunakan koin. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa bosan dengan tampilan chat yang polos atau itu-itu saja. Dengan Line kamu juga bisa update dengan informasi terkini dengan berita yang tersaji di timeline-nya.

2. Telegram


Telegram

Telegram disebut-sebut sebagai saingan WhatsApp. Punya berbagai fitur menarik, Telegram sudah cukup populer di Indonesia, meskipun belum sepopuler WhtasApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi chat multi platform di mana pesan yang dikirim oleh pengguna akan terenkripsi.

Aplikasi besutan Pavel Durov ini cocok untuk kamu yang sangat concern dengan privasi. Yang lebih menarik lagi, fitur self destruct yang dimilikinya memungkinkan pengguna menghapus pesan ataupun file yang dikirim dalam waktu tertentu setelah pesan itu dibaca.

3. Skype


Skype

Skype menyediakan fitur yang lengkap. Tak hanya chat tetapi juga panggilan suara dan video. Skype juga memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar file berupa foto dan dokumen yang bisa mendukung pekerjaan sehari-hari.

Tak hanya chat pribadi antar teman, kamu juga bisa membuat grup khusus untuk membahas proyek pekerjaan. Di grup ini juga pengguna bisa melakukan panggilan untuk melangsungkan meeting atau membahas proyek yang tengah dikerjakan.

4. WeChat


WeChat

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok, Tencent, ini memiliki fitur yang hampir sama dengan WhatsApp. Mulai dari mengirim pesan teks, membuat chat grup, serta pesan suara hingga panggilan video.

WeChat memiliki fitur Moments yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi update mereka. Kamu bisa mengunggah update berupa teks, artikel, video, dan gambar hingga maksimal 9 lembar. Fitur ini hampir sama seperti yang ada pada Facebook, Twitter, maupun Line.

5. Facebook Messenger


Facebook Messenger

Aplikasi ini pasti sudah tak asing lagi bagi para pengguna media sosial Facebook. Facebook Messenger biasa digunakan oleh para pengguna platform besutan Mark Zuckerberg tersebut. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa saling bertukar stiker atau emoji untuk mengungkapkan suasana hati.

Aplikasi yang masih satu perusahaan dengan WhtasApp ini bisa kamu jadikan alternatif untuk chat. Bedanya dengan WhatsApp, kamu tak perlu tahu nomor telepon orang lain untuk bisa chat dengannya, tetapi cukup username Facebook-nya saja.

6. Signal


Signal

Belum lama ini, kabar terkait kebijakan WhtasApp yang "memaksa" pengguna untuk membagikan data mereka ke Facebook sempat menjadi bahan perbincangan. Tak sedikit pengguna yang kecewa hingga bahkan mulai berpikir untuk beralih ke aplikasi lain, seperti Signal.

Di Signal pengguna bisa melakukan obrolan dan panggilan grup. Menariknya, berbeda dari aplikasi pada umumnya, Signal adalah organisasi nirlaba independen. Artinya, pengembangan Signal murni didukung oleh dana hibah dan donasi dari para pengguna.

7. Slack


Slack

Satu lagi aplikasi yang cocok untuk komunikasi bisnis, Slack. Melalui obrolan grup yang terdiri dari anggota timmu, kamu bisa berbagi pesan teks dan dokumen terkait proyek yang tengah dikerjakan. Aplikasi ini juga memungkinkan panggilan terhadap satu orang atau grup.

Slack juga memiliki fitur lain yang memungkinkan penggunanya untuk melihat proses kinerja dalam mengelola proyek. Boleh dibilang, Slack adalah salah satu aplikasi yang tepat untuk mendukung WFH. Untuk kamu yang tertarik mengetahui aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas saat WFH, bisa membacanya di artikel ini.

8. Viber


Viber

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu instal adalah Viber. Hampir sama seperti WhatsApp, kamu juga bisa menyembunyikan informasi last seen atau kapan terakhir kali kamu terlihat online. Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan statusmu apakah sedang offline atau online.

Kamu bisa memblokir kontak yang mengganggu demi kenyamanan chat. Menariknya lagi, Viber juga memungkinkanmu untuk menggabungkan pesan yang masuk menjadi satu notifikasi dengan fitur Smart Notification-nya, sehingga kamu tidak akan terganggu dengan notifikasi yang berulang-ulang.

Itulah tadi aplikasi chat yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif selain WhatsApp. Tak ada salahnya kamu menginstal 2-3 aplikasi chat lain di ponselmu sebagai antisipasi jika salah satu aplikasi tidak bisa digunakan. Yuk, intip juga aplikasi chat yang tak kalah populer di zamannya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait