Tetap Produktif Meski Kerja dari Rumah, 7 Aplikasi Ini Bisa Kamu Andalkan Saat WFH
pxhere.com
Tekno

Bergesernya aktivitas kerja dari kantor ke WFH tak jarang menyebabkan orang kesulitan mengatur waktu. Alhasil, kinerja menjadi tidak efektif karena manajemen yang amburadul.

WowKeren - Pandemi telah membawa perubahan pada bagaimana manusia melakukan aktivitas sehari-harinya. Salah satunya adalah aktivitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH). WFH banyak diterapkan tak hanya di Indonesia namun hampir di banyak belahan dunia lainnya demi menekan angka penularan virus.

Tak sedikit para pekerja kantoran yang pola kerjanya bergeser dari yang sebelumnya berada di gedung atau instansi kini beralih ke rumah. Meski pola kerja bergeser menjadi lebih banyak mengandalkan internet atau daring, namun produktivitas harus tetap terjaga.

Untuk tujuan tersebut ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendukung aktivitas kamu saat WFH. Berikut tujuh aplikasi yang bisa kamu andalkan agar WFH tetap berjalan efektif.

(wk/zodi)

1. Evernote


Evernote
evernote.com

Yang pertama adalah Evernote. Seperti namanya, aplikasi ini bisa kamu andalkan untuk menyimpan catatan penting. Misalnya ketika kamu sedang browsing dan menemukan sesuatu untuk diingat agar tidak lupa, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Tak hanya catatan namun juga artikel yang kamu temukan saat menjelajah dunia maya.

Selain catatan berupa tulisan, Evernote juga bisa membantumu menyimpan catatan dalam bentuk gambar maupun rekaman suara. Lebih dari itu, catatan yang kamu simpan juga bisa dibagikan ke rekan kerjamu yang lain sehingga mereka bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.

2. Slack


Slack
slack.com

Slack memungkinkan beberapa orang berkomunikasi dalam satu obrolan grup. Aplikasi ini cocok jika kamu dan tim sedang mengerjakan proyek khusus sehingga untuk koordinasi sehari-hari akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi ini.

Selain proyek, kamu juga bisa membuat ruang khusus untuk divisi tempat kamu bekerja. Tak hanya memanjakanmu dengan fitur panggilan suara maupun video, Slack juga mendung berbagi file dan integrasi ke aplikasi lain seperti Google Drive dan Google Calendar.

3. Skype for Business


Skype for Business
microsoft.com

Aplikasi yang satu ini sepertinya sudah akrab di kalangan para karyawan. Tampilan tema yang bisa diubah sesuai favorit menjadi nilai plus dari aplikasi ini. Skype juga memungkinkan panggilan suara maupun video.

Fitur tersebut bisa kamu andalkan saat menggelar rapat karena panggilan Skype memungkinkan beberapa orang untuk bergabung dalam satu panggilan, baik itu suara maupun video. Terlebih lagi, kamu juga leluasa mengunggah dan mengunduh file dari rekan kerja untuk mendukung pekerjaan sehari-hari.

4. Trello


Trello
trello.com

Jika kamu mencari aplikasi WFH yang mampu menawarkan fitur lebih, Trello bisa kamu coba. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengetahui proyek apa saja yang sedang dikerjakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat siapa saja yang terlibat dalam proyek tersebut.

Kamu juga bisa mengatur prioritas proyek mana yang memiliki urgensi lebih tinggi. Selain bisa digunakan secara gratis, para rekan kerjamu juga bisa melihat sejauh mana progres proyek yang sudah dikerjakan. Trello bisa diakses melalui ponsel sehingga sangat praktis, bukan?

5. Basecamp


Basecamp
basecamp.com

Kamu tak perlu pusing ketika atasan menunjukmu sebagai penanggung jawab beberapa proyek sekaligus. Manfaatkan saja Basecamp. Seperti namanya, aplikasi ini layaknya sebagai tempat berkumpul dan menyusun strategi. Di Basecamp, kamu bisa membuat proyek secara tak terbatas dengan melibatkan banyak orang.

Kamu bisa melakukan koordinasi dengan tim dari jarak jauh tanpa perlu pusing dengan proyek yang sedang kamu kerjakan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Basecamp tak hanya meliputi obrolan tetapi kamu juga bisa membuat jadwal prioritas dan daftar agenda yang perlu dikerjakan.

6. Clockify


Clockify
Clockify.me

Bergesernya aktivitas kerja dari kantor ke WFH tak jarang menyebabkan orang kesulitan mengatur waktu mereka. Alhasil, tak jarang pula kinerja menjadi tidak efektif karena manajemen waktu yang amburadul. Clockify bisa kamu andalkan sebagai solusi untuk masalah ini.

Aplikasi ini akan membantumu melakukan manajemen waktu sebab kamu bisa melacak berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Dari situ, akan terlihat mana pekerjaan yang menguras waktu dan mana yang efektif. Nilai plusnya, kamu bisa menggunakan Clockify beramai-ramai dengan tim kerja untuk tahu kegiatan masing-masing.

7. Forest


Forest
mainmain.id

Satu lagi aplikasi menarik yang sayang jika dilewatkan. Jika kamu mencari aplikasi pendukung WFH dengan tampilan yang unik, kamu perlu mencoba Forest. Aplikasi ini akan membantumu melakukan manajemen waktu secara efektif dengan pohon, sesuai namanya.

Setiap kamu ingin fokus melakukan kegiatan maka Forest akan membuatmu menanam pohon di dalam aplikasi. Bukan dengan disiram atau diberi pupuk, pohon kamu akan tumbuh dengan sendirinya jika kamu melakukan manajemen waktu dengan benar.

Jadi, jika kamu ingin pohonmu tumbuh subur maka lakukanlah manajemen waktu dengan baik dan benar. Semakin kamu giat bekerja dan fokus kamu pun bisa menumbuhkan hutanmu sendiri. Cara yang keren untuk membuatmu tetap fokus, bukan?

Selain aplikasi-aplikasi di atas, dua hal penting saat WFH adalah koneksi internet dan laptop. Laptop dengan performa memadai akan mendukung kinerjamu. Begitu juga dengan koneksi internet yang stabil akan memudahkanmu berkomunikasi dengan rekan dari jauh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru