Lemari Sudah Penuh Sesak? Ini Tips Menyimpan Pakaian Agar Hemat Tempat
Getty Images
SerbaSerbi

Menata pakaian memang bukan pekerjaan yang mudah. Bisa dibilang cukup menyita waktu karena kita harus memikirkan pola sedemikian rupa agar semua pakaian bisa muat.

WowKeren - Saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau berselancar di platform e-commerce terkadang kita merasa tergoda untuk membeli baju baru. Apalagi jika ada penawaran diskon menarik. Padahal, baju di lemari sudah penuh sesak sehingga masalah baru yang timbul adalah bagaimana menyimpan baju agar bisa tetap muat di dalamnya.

Menata pakaian memang bukan pekerjaan yang mudah. Bisa dibilang cukup menyita waktu karena kita harus memikirkan pola sedemikian rupa agar semua pakaian bisa muat. Sebab jika asal dilipat, bisa jadi tumpukan baju akan memakan tempat lebih dari semestinya.

Terlebih lagi, di dalam lemari tentu tidak hanya berisi pakaian, bukan? Ada handuk, pakaian dalam, celana, hingga jaket. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan tips khusus saat melipat pakaian agar lemari bisa menampung lebih banyak.

(wk/zodi)

1. Melipat Kemeja Lengan Panjang


Melipat Kemeja Lengan Panjang
YouTube/Alejandra.tv

Jika selama ini kamu menggantung kemeja lengan panjang yang mana itu cukup memakan tempat, sebaiknya mulai beralih untuk melipatnya. Menggantung pakaian dalam lemari akan memakan banyak tempat. Padahal, ruang yang kamu pakai untuk menggantung baju tersebut bisa kamu pasang sekat tambahan untuk pakaian yang disimpan dengan cara dilipat.

Selain itu, melipat kemeja dengan cara yang benar akan bisa mencegahnya dari kusut. Untuk memastikan agar kemeja tetap rapi maka sebelum melipatnya pastikan kamu sudah menutup seluruh kancingnya, ya.

2. Lipat Kaus Kaki dengan Cara Digulung


Lipat Kaus Kaki dengan Cara Digulung
https://goldiesocks.com/

Menyimpan beberapa kaus kaki juga bisa mengurangi ruang pada lemarimu. Untuk itu, kamu perlu trik khusus untuk membuat tumpukan kaus kakimu tidak memakan tempat namun tetap terlihat rapi. Kamu bisa menggulungnya sepasang-sepasang.

Selain menghemat tempat, merapikan kaus kaki dengan cara digulung akan mencegahmu dari risiko kehilangan salah satu bagian kaus kaki. Kejadian semacam ini akan sangat merepotkan jika kamu terburu-buru berangkat ke kantor, bukan? Caranya tumpuk sepasang kaus kaki lalu gulung dari atas ke bawah. Ambil salah satu sisi kaos kaki bagian atas untuk mengunci gulungan tersebut.

3. Lipat Handuk Dengan Cara Digulung


Lipat Handuk Dengan Cara Digulung

Handuk pada umumnya juga cukup memakan tempat di dalam lemari. Hal ini mengingat ukurannya biasanya lebih lebar dari pakaian biasa dan juga materialnya yang tebal. Untuk menghemat tempat, lipat handuk dengan cara digulung.

Caranya, lipat handuk menjadi dua bagian secara memanjang. Lalu lipat lagi menjadi dua sehingga berbentuk seperti persegi panjang. Gulung dari luar ke dalam. Tumpuk handuk di lemari dengan posisi bagian ujung saling bertemu.

4. Lipat Sweater 2 Kali


Lipat Sweater 2 Kali
YouTube/Martha Stewart

Hindari menyimpan sweater di lemari dengan cara digantung. Sebab, lama-kelamaan posisi ini akan menyebabkan sweater tertarik ke bawah sehingga akan membuatnya kendur. Untuk itu, sebaiknya lipat dengan rapi.

Satukan masing-masing lengan panjang sweater pada bagian tengah hingga membentuk seperti garis diagonal yang saling berpotongan. Lipat bagian bawah ke atas sehingga menjadi dua sama besar. Jangan terlalu banyak membuat lipatan pada sweater sebab bisa membuatnya mudah kendor.

5. Lipat Jeans 4 Kali


Lipat Jeans 4 Kali
Getty Images/hilmi_m

Celana jeans biasanya dilipat sebanyak tiga kali setelah menyatukan kedua sisinya. Untuk lebih menghemat tempat, cobalah melipatnya sebanyak empat kali. Jadi seperti biasa, satukan kedua sisi jeans kemudian lipat pada bagian tengahnya.

Lalu buat tiga garis bayangan untuk membagi jeans yang sudah dilipat tadi ke dalam tiga bagian. Setelah itu lipat. Cara ini akan membuat hasil lipatan menjadi lebih kecil sehingga kamu pun bisa menghemat lebih banyak tempat di dalam lemari.

6. Simpan Kaus dengan Cara Digulung


 Simpan Kaus dengan Cara Digulung
YouTube/Matthew Nguyen

Selain melipat pakaian dengan cara-cara di atas, tak ada salahnya kamu mencoba trik baru yakni menggulung pakaianmu. Dengan menggulung pakaian maka hasil lipatan akan menjadi lebih ringkas hingga seukuran kaus kaki. Caranya cukup mudah. Pertama-tama putar setengah bagian bawah baju dari sisi dalam ke sisi luar.

Lalu lipat sisi kiri dan kanan ke arah dalam sama rata hingga membentuk seperti persegi panjang. Lipat pada bagian tengah lalu gulung dari atas ke bawah. Agar gulungan tak lepas, ambil sisi baju yang bagian bawahnya sudah dilipat keluar untuk menutup gulungannya.

7. Susun Secara Horizontal


Susun Secara Horizontal

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menyusun pakaian yang sudah kamu lipat sedemikian rupa secara horizontal. Penyusunan semacam ini selain memudahkanmu saat mengambil pakaian juga lebih hemat tempat. Untuk penataan horizontal sebaiknya terapkan pada pakaian berbahan tebal karena jika terlalu tipis akan sulit untuk membuatnya tetap berdiri.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika menata pakaian di lemari bisa memakan waktu, maka sebaiknya lakukan aktivitas ini saat akhir pekan. Yakni ketika kamu tidak memiliki tanggungan pekerjaan dan urusan bersih-bersih rumah sudah selesai.

Selain tips melipat pakaian, yuk intip juga trik mencuci handuk agar tetap lembut di artikel ini. Penting juga untuk memperhatikan tips merawat jeans agar awet dan tahan lama. Kamu bisa melihat tipsnya di artikil ini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru