SNMPTN 2021 Segera Dibuka! Hanya Siswa Eligible Yang Bisa Daftar, Baca Syarat-Syarat Ini
SerbaSerbi

Persiapkan syarat-syarat untuk mendaftar SNMPTN 2021 yang akan segera dibuka. Cek kuota hingga pahami maksud dari hanya siswa eligible yang berhak mendaftar SNMPTN tahun ini.

WowKeren - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dibuka pada 15-24 Februari 2021. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjelaskan hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021.

Hari pendaftaran yang sudah dekat ini membuat LTMPT mengingatkan sekolah untuk segera menetapkan siswa eligible. Pasalnya, hanya siswa eligible yang diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2021 dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

LTMPT menjelaskan siswa eligible adalah siswa kelas 12 yang bisa mendaftar SNMPTN. Nantinya, hanya pihak sekolah yang bisa menentukan siapa siswa eligible.

”Yang dipilih sekolah tersebut itulah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021,” ujar Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto dalam sosialisasi seperti dikutip dari akun YouTube LTMPT OFFICIAL, Kamis (4/2). “Yang menentukan siapa siswa eligible adalah wewenang sekolah.”

Pemilihan siswa eligible ini juga harus sesuai dengan kuota SNMPTN 2021 yang telah disiapkan pemerintah. Hal ini dinilai menguntungkan jika ada siswa yang dipilih dan tidak mau mendaftar SNMPTN 2021, maka pihak sekolah dapat memilih siswa eligible lain untuk memenuhi kuota SNMPTN 2021.

Jadwal SNMPTN 2021

https://ltmpt.ac.id

Cek Kuota SNMPTN 2021

Kuota SNMPTN 2021 dan tahun sebelumnya akan bergantung dari akreditasi sekolah. Sekolah yang memiliki Akreditasi A mendapat kuota 40 persen siswa terbaik. Sedangkan sekolah dengan akreditasi nilai B berhak atas 25 persen dan akreditasi C akan memperoleh kuota lima persen.

Kuota berlaku untuk tiap jurusan di sekolah yang akan mengikuti SNMPTN. Akreditasi dan jumlah murid di tiap jurusan paralel menentukan total siswa eligible yang bisa ikut SNMPTN. Namun, jumlah siswa eligible tidak dihitung per kelas namun total murid dalam satu sekolah sebagai satu institusi.


Berikut cara mengecek kuota SNMPTN 2021:

  1. Klik https://ltmpt.ac.id/.
  2. Pilih SNMPTN di bagian side bar dan klik Kuota Sekolah.
  3. Pilih pencarian berdasarkan lokasi atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  4. Untuk yang memilih pencarian dengan NPSN cukup masukkan deretan nomor tersebut dan klik Cari.
  5. Jika memilih pencarian berdasarkan lokasi cukup pilih provinsi dan kabupaten/kota domisili sekolah, kemudian klik Cari.

Syarat Siswa Eligible SNMPTN 2021

Siswa Belajar

Berbagai Sumber

SNMPTN 2021 merupakan proses seleksi perguruan tinggi negeri yang memang fokus mencari bibit unggul. Hanya siswa yang unggul secara akademis dan hebat di sekolah yang mampu mengikuti SNMPTN 2021 menjadi siswa eligible.

Berikut syarat siswa eligible SNMPTN 2021:

  1. Memiliki nilai akademik yang baik sesuai syarat PTN dan berada di tahun terakhir SMA/MA/SMK.
  2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS.
  3. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang diupload di PDSS.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Nilai yang mempengaruhi keunggulan siswa agar bisa menjadi siswa eligible akan diurutkan berdasarkan nilai beberapa pelajaran. Berikut ini merupakan pelajaran yang digunakan untuk pemeringakatan siswa:

  1. Jurusan IPA: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi.
  2. Jurusan IPS: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi, dan geografi.
  3. Jurusan Bahasa: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, antropologi, dan salah satu bahasa asing.
  4. SMK: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian.

Tahapan Penetapan Siswa Eligible SNMPTN 2021

SNMPTN 2021

Berbagai Sumber

Berikut merupakan cara penetapan siswa eligible sesuai panduan yang disiapkan LTMPT:

  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di LTMPT.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang menyimpan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Tentukan jenis kelas yang ada pada sekolah anda pada menu Jurusan. Data jurusan diambil dari LTMPT, pendaftar diharapkan sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang telah ditentukan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan dengan menyetujui pernyataan yang berjudul Finalisasi Data Sekolah.
  5. Tambahkan siswa eligible dengan mengisi NISN per siswa yang diperoleh dari LTMPT. Penambahan juga bisa dilakukan dengan import data.
  6. Finalisasi data siswa dengan menyetujui pernyataan yang berjudul Finalisasi Data Siswa.
(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait