Jangan Diabaikan, 7 Sinyal Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Sistem Imun Mulai Melemah
Pixabay
Health

Jika kamu sering mengalami infeksi bisa jadi itu sinyal dari tubuhmu bahwa sistem imun sedang bermasalah. Begitu juga jika kamu sering merasa lelah di siang hari saat bekerja.

WowKeren - Memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting agar badan bisa tetap sehat. Terutama di masa seperti sekarang ini di mana pandemi tengah menyebar dan virus corona siap menyerang siapa saja. Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat kita bisa melawan penyakit untuk bisa sembuh.

Sebaliknya, daya tahan tubuh lemah akan membuat kita mudah terserang penyakit. Menurunnya daya tahan tubuh ini juga bisa disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, dehidrasi, merokok, hingga stres.

Saat daya tahan mulai menurun, tubuh biasanya akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Berikut tim WowKeren rangkum beberapa tanda ketika daya tahan tubuh mulai melemah.

(wk/zodi)

1. Merasa Lelah Berkepanjangan


Merasa Lelah Berkepanjangan
Getty Images/Caiaimage/Agnieszka Wozni

Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa lelah? Meskipun sudah tidur di malam hari, tampaknya hal itu tak banyak membantumu dan kamu pun masih merasa kekurangan energi di siang hari. Jika kamu mengalami kondisi semacam ini, bisa jadi itu adalah sinyal tubuhmu untuk meminta pertolongan.

Ketika tubuh diserang infeksi maka sistem kekebalan akan berjuang dengan mengerahkan segala sumber daya yang dimilikinya. Ketahui aktivitasmu akhir-akhir ini apakah pekerjaan yang menumpuk telah merampas waktumu untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

2. Sering Sakit Perut


Sering Sakit Perut
Getty Images/Kondoros/Ava Katalin

Sering mengalami sakit perut seperti diare bisa jadi merupakan tanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Terlebih lagi jika kondisi tersebut dibarengi dengan sembelit yang sering terjadi. Bakteri baik pada usus memainkan peran besar dalam mengatur keseimbangan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Mikroorganisme sehat ini membantu melindungi usus dari infeksi dengan mengirimkan sinyal yang diperlukan ke sistem kekebalan tubuh terutama sel darah putih. Tetapi jika bakteri baik ini dilawan, mikroba jahat akan mengiritasi usus sehingga menyebabkan sakit perut. Sinyal yang diperlukan untuk melawan infeksi ini hilang dan hal ini melemahkan sistem kekebalan.

3. Mudah Terserang Flu dan Batuk


Mudah Terserang Flu dan Batuk
Rawpixel/Ake

Cuaca yang tidak menentu juga bisa melemahkan daya tahan tubuhmu. Saat daya tahan tubuhmu melemah, kamu akan mudah sekali terkena flu hanya dari kehujanan sebentar saja. Atau bahkan kamu mudah tertular dari rekan kerja yang menderita pilek atau batuk.

Beberapa jenis virus dan bakteri bisa menginfeksi tubuh hingga menyebabkanmu mengalami gejala flu. Ketika terinfeksi, pada umumnya tubuh mampu melawannya. Tetapi dalam kondisi kekebalan yang lemah, tubuh tidak dapat memenuhi permintaan konstan untuk memproduksi sel darah putih sehingga membuatmu mudah terserang flu.

4. Luka pada Kulit Lama Sembuh


Luka pada Kulit Lama Sembuh
Getty Images

Tanda lain yang bisa menjadi indikator melemahnya daya tahan tubuh adalah ketika lukamu memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Sistem kekebalan memainkan peran vital dalam penyembuhan luka kulit.

Ada empat tahapan berurutan dalam proses penyembuhan luka, yang mana semua proses ini bergantung pada sejumlah sel imun. Sehingga jika proses ini terganggu maka akan berbuntut pada semakin lamanya proses pemulihan luka.

5. Merasa Stres


Merasa Stres
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Stres memang sering dikaitkan dengan kondisi kekebalan tubuh. Semakin sering kamu mengalami stres maka besar kemungkinan kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Stres jangka panjang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan menurunkan limfosit atau sel darah putih.

Sel darah putih di dalam tubuh berfungsi sebagai pejuang utama dalam melawan infeksi. Oleh sebab itu penting untuk mengurangi tingkat stres yang kamu alami agar tidak semakin menurunkan respons kekebalan.

6. Sering Mengalami Infeksi


Sering Mengalami Infeksi
Getty Images/Guido Mieth

Jika kamu sering mengalami infeksi bisa jadi itu sinyal dari tubuhmu bahwa sistem imun sedang bermasalah. Misalnya jika kamu harus berobat untuk mengatasi infeksi saluran kencing, saluran pernapasan, malaria, atau tifus secara berulang-ulang dalam setahun.

Mudah merasa mual hampir sepanjang waktu hingga harus menemui dokter bisa jadi merupakan sinyal tubuh ketika tidak mampu melawan mikroorganisme yang menyerang. Ini adalah pertanda yang sangat jelas jika sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

7. Muncul Masalah Kulit


Muncul Masalah Kulit
Getty Images

Jaringan lipid berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi untuk menghalangi organisme masuk ke dalam tubuh. Ketika sistem imun tubuh harus berjuang melawan infeksi, jaringan lipid tidak dapat bekerja efisien. Akibatnya, kulit menjadi kering dan pecah-pecah sehingga bakteri akan masuk ke kulit. Inilah yang menyebabkan kulitmu mudah mengalami jerawat dan eksim.

Apakah kamu saat ini sedang mengalami salah satu dari tanda-tanda adi atas? Sebaiknya jangan sepelekan kondisi yang kamu alami. Karena meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mengupayakannya.

Tidak sulit untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana mulai dari makan sehat hingga berolahraga. Selain itu, pastikan juga kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi beberapa makanan ini karena bisa menurunkan imun tubuh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait