Sehat Enggak Perlu Ribet, 8 Cara Sederhana Ini Ampuh Untuk Tingkatkan Sistem Imun!
Health

Sistem imun juga berperan penting dalam membuang sel-sel tubuh yang berpotensi membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kalian untuk selalu meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh demi tubuh yang sehat.

WowKeren - Sistem imun adalah kumpulan jaringan, protein, sel, dan organ tubuh tertentu, yang mana kesemuanya ‘bersatu’ untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dibawa oleh mikroorganisme jahat seperti bakteri dan virus, pun faktor pemicu penyakit lainnya.

Sel darah putih merupakan salah satu komponen utama dari sistem imun tubuh. Sistem imun memiliki fungsi utama sebagai proteksi tubuh dari serangan penyakit. Tubuh yang senantiasa sehat bugar dan tidak mudah terserang penyakit sudah pasti memiliki sistem imun yang baik. Selain itu, fungsi sistem imun adalah untuk memperbaiki jaringan-jaringan di dalam tubuh yang mengalami kerusakan, atau bahkan mati.

Sistem imun juga berperan penting dalam membuang sel-sel tubuh yang dirasa tidak normal dan berpotensi membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kalian untuk selalu meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh demi tubuh yang sehat. Bagaimana caranya? Berikut tim WowKeren rangkum 8 cara sederhana yang ternyata mampu tingkatkan kualitas sistem imun kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Makan Makanan Sehat Dengan Teratur Adalah Kunci Utama Jaga Sistem Imun


Makan Makanan Sehat Dengan Teratur Adalah Kunci Utama Jaga Sistem Imun
Unsplash/Dani Rendina

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang mudah kalian lakukan adalah dengan cara makan teratur dan tepat waktu. Saat kalian jatuh sakit, asupan vitamin dan mineral mampu membantu untuk cepat pulih. Kalian disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang yang mengandung antioksidan, vitamin A, C,E dan nutrisi lainnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Jangan Malas, Rutin Olahraga Juga Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Imun


Jangan Malas, Rutin Olahraga Juga Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Imun

Dengan berolahraga secara teratur, kalian bisa membantu untuk mejaga tekanan darah, berat badan, kesehatan jantung, dan dapat terlindungi dari penyakit tertentu. Olahraga merupakan hal yang baik untuk melancarkan peredaran darah, yang merupakan cara sel-sel sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik.

Kalian disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki atau berlari santai saat pagi hari.

3. Hindari Stres Karena Bisa Picu Berbagai Penyakit Tubuh


Hindari Stres Karena Bisa Picu Berbagai Penyakit Tubuh

Menjaga diri agar tidak stres berlebihan tidak hanya bagus untuk suasana hati, tetapi juga bisa berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Kalian perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh. Luangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah, baik berendam air panas, meditasi, hingga menonton film, bisa menjadi alternatif untuk menjaga tubuh agar rileks dan tidak stres berlebihan.

4. Badan Yang Lelah Bakal Mudah Terserang Penyakit, Oleh Karena Itu Atur Pola Tidur


Badan Yang Lelah Bakal Mudah Terserang Penyakit, Oleh Karena Itu Atur Pola Tidur

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan kurangnya waktu tidur dapat membuat kalian rentan terhadap serangan penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh menghasilkan sedikit antibody pada saat tubuh kurang beristirahat.

Saat kekurangan waktu tidur, kalian menjadi lebih mudah stress dan insomnia. Waktu istirahat yang baik adalah delapan jam per harinya. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia kalian. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

5. Jaga Juga Kesehatan Pencernaan Kalian Karena Bisa Pengaruhi Sistem Imun


Jaga Juga Kesehatan Pencernaan Kalian Karena Bisa Pengaruhi Sistem Imun

Kesehatan gastro atau pencernaan lebih penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Dari sebuah jurnal kesehatan, mengenai kaitan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh oleh yang dimuat pada British Society for Immunology, diketahui bahwa sel kekebalan tubuh alami hidup pada saluran pencernaan yang sehat.

Hal ini mewakili hampir 70% dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Apabila saluran cerna sehat, perut terasa nyaman. Penyerapan nutrisi akan berlangsung dengan semestinya, metabolisme lancar, tubuh mendapat perlindungan, serta suasana hati akan terjaga.

6. Bantu Sel Imun Lawan Virus Jahat Dengan Cukupi Asupan Vitamin C


Bantu Sel Imun Lawan Virus Jahat Dengan Cukupi Asupan Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh.

Suatu hal yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, mengonsumsi vitamin C secara rutin sangat disarankan bagi Anda yang ingin meningkatkan imunitas tubuh dan tentunya menjadi suatu tindakan preventif dari adanya penyebaran virus-virus berbahaya

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih Agar Tubuh Tetap Fit Dan Tidak Mudah Sakit


Perbanyak Konsumsi Air Putih Agar Tubuh Tetap Fit Dan Tidak Mudah Sakit

Tubuh kita, 80 persennya mengandung air. Jika kita mengalami dehidrasi, maka akan memicu respons stres yang hanya akan menurunkan respons sistem kekebalan tubuh kita. Selalu biasakan diri mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya.

Salah satu manfaat air putih hangat yaitu memperkuat imun tubuh agar organ tubuh seperti ginjal dan hati tetap bisa bekerja dengan baik. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kalian sebaiknya minum air sedikitnya delapan gelas per harinya. Selain itu, bisa pula minum air putih hangat yang bisa memperkuat imun tubuh agar organ seperti ginjal dan hati tetap bekerja dengan baik.

8. Tinggalkan Gaya Hidup Tak Sehat, Hindari Rokok Dan Alkohol Agar Imun Terjaga


Tinggalkan Gaya Hidup Tak Sehat, Hindari Rokok Dan Alkohol Agar Imun Terjaga
Getty Images/Pascal Le Segretain

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Rokok memiliki berbagai racun dari bahan kimia yang dikandungnya. Zat tersebut akan terhirup saluran pernapasan, yang pada akhirnya dapat memicu kerusakan organ dan menurunnya fungsi dari organ sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan.

Akibatnya, tubuh akan lebih sulit melawan bibit penyakit yang berada lingkungan sekitar karena harus mengatasi kerusakan organ dan melawan racun dari paparan asap rokok. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Selain itu intip juga yuk beberapa jenis makanan yang ampuh banget tingkatkan sistem imun kalian di sini. Simak juga beberapa minuman yang ampuh untuk redakan flu di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait