Belum Banyak yang Tahu, Ini 7 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan
Health

Daun bidara banyak dimanfaatkan sebagai jamu dengan cara direbus. Daun yang memiliki bentuk bundar kecil ini mengandung berbagai senyawa alami yang sangat baik untuk tubuh

WowKeren - Alam menyediakan berbagai manfaat untuk manusia, salah satunya tumbuhan. Tak sedikit tumbuhan yang ada di muka bumi bisa bermanfaat untuk membantu manusia menyembuhkan diri dari penyakit. Salah satunya daun bidara.

Bidara sendiri merupakan sejenis pohon kecil yang menghasilkan buah berwarna hijau. Pohon ini tumbuh di daerah kering dan disebut juga dengan tanaman widara. Tak hanya buahnya yang banyak mendatangkan manfaat, daun bidara juga berkhasiat untuk kesehatan.

Daun bidara banyak dimanfaatkan sebagai jamu dengan cara direbus. Daun yang memiliki bentuk bundar kecil ini mengandung berbagai senyawa alami yang sangat baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana ini.

(wk/zodi)

1. Mengatasi Masalah Pencernaan


Mengatasi Masalah Pencernaan
iStock

Salah satu masalah pencernaan yang umum adalah maag. Daun bidara dipercaya mampu meringankan dampak negatif dari asam lambung. Sehingga jika kamu memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung bisa memanfaatkan daun ini.

Tak hanya itu, daun bidara juga bermanfaat untuk membantu mengobati tukak lambung. Untuk mengonsumsi daun bidara, disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu lalu diminum airnya. Jika kamu tidak ingin ribet, daun bidara juga tersedia dalam bentuk suplemen yang siap dikonsumsi.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka


Mempercepat Penyembuhan Luka
Getty Images/Stockbyte

Selain mampu mengatasi masalah pencernaan, daun bidara juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena daun bidara mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi sehingga akan mendukung proses regenerasi sel.

Selain itu, sifat daun bidara yang anti-bakteri juga bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka. Tak cukup sampai di situ, daun bidara juga kaya kandungan senyawa glikosida. Senyawa ini mampu membantu menghilangkan bekas luka bakar maupun luka gores.

3. Memperbaiki Pola Tidur


Memperbaiki Pola Tidur

Daun bidara juga dipercaya bisa memperbaiki pola tidur dengan membantu mengurangi insomnia. Manfaat ini didapatkan dari kandungan saponin pada daun bidara. Saponin adalah sejenis senyawa yang banyak ditemukan pada tanaman dan memberikan efek menenangkan.

Senyawa bioaktif lainnya yang terdapat pada daun bidara adalah flavonoid. Penelitian lain menunjukkan jika flavonoid dalam daun bidara bisa meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh


Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Getty Images/iStockphoto/Viacheslav Peretiatko

Meski belum banyak dikenal, daun bidara rupanya juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan pada daun bidara mampu mengurangi stres oksidatif yang akan mengurangi fungsi kekebalan sehingga menyebabkan tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Daun bidara mengandung senyawa alami seperti saponin, flavonoid, dan polisakarida, berperan sebagai peningkat imunitas tubuh. Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk mencegah risiko terjangkit penyakit. Intip juga tanda-tanda jika daya tahan tubuh mulai melemah di sini.

5. Mengatasi Flu


Mengatasi Flu
Getty Images

Karena khasiat yang dimilikinya, mendapatkan ekstrak daun bidara juga cukup mudah. Saat ini daun bidara sudah banyak dijual di pasaran dalam bentuk suplemen maupun minyak tetes sebagai obat herbal. Minyak daun bidara yang dijual di pasaran dipercaya mampu mengatasi flu.

Selain flu, daun bidara juga diyakini mampu membantu menurunkan demam. Demam bisa terjadi pada siapa saja, terutama ketika tubuh sedang tidak fit dan terlalu lelah. Kandungan flavonoid pada daun ini mampu menurunkan suhu panas akibat demam.

6. Mengurangi Jerawat


Mengurangi Jerawat
Getty Images/PeopleImages

Pada sebagian orang, jerawat yang muncul bisa hilang dengan sendirinya namun bagi sebagian lainnya ada yang harus melakukan effort untuk mengatasinya. Daun bidara mengandung sifat antibakteri sehingga sangat berkhasiat untuk mengurangi dampak jerawat.

Selain itu, sifat anti-inflamasinya juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini daun bidara yang sudah dicuci bersih harus ditumbuk halus lalu balurkan pada daerah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air.

7. Mengatasi Masalah Haid


Mengatasi Masalah Haid
iStock/deeepblue

Siklus haid yang tidak teratur adalah masalah umum yang kerap dihadapi kaum hawa. Kondisi ini bisa terjadi salah satunya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Daun bidara dipercaya mampu menyeimbangkan hormon sehingga bisa membuat siklus haid menjadi lebih teratur.

Meski belum begitu populer, sejumlah penelitian telah membuktikan manfaat daun bidara. Sebelum mengonsumsi daun bidara atau menggunakannya untuk pemakaian luar, sebaiknya kamu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin muncul sebagai efek sampingnya.

Selain daun bidara, sumber alami lain yang juga tak kalah berkhasiat adalah propolis. Propolis adalah getah yang dihasilkan oleh lebah saat proses pembuatan sarang. Jadi, madu bukan satu-satunya hasil dari lebah yang berkhasiat untuk kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait