Jangan Ngaku Cinta Tanah Air Kalau Belum Cicipi  8 Hidangan Nasi Khas Nusantara Ini
https://asianfoodnetwork.com/
Kuliner

Sebagai makanan pokok, nasi dikonsumsi hampir setiap hari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Masing-masing wilayah memiliki cara yang khas untuk menikmati nasi.

WowKeren - Nasi adalah salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Sebagai makanan pokok, nasi dikonsumsi hampir setiap hari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, nasi merupakan sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai penghasil energi.

Karena wilayah Indonesia yang cukup luas membentang dari Sabang sampai Merauke, tak heran jika masing-masing wilayah memiliki cara yang khas untuk menikmati nasi. Hampir setiap daerah memiliki hidangan khas nasi mereka dengan lauk yang beragam serta proses pembuatan yang bervariasi.

Jika kamu salah satu penikmat kuliner nusantara, kamu perlu mencicipi aneka hidangan nasi dari Tanah Air. Ada nasi jagung hingga nasi jamblang, berikut delapan kuliner nasi khas nusantara yang wajib kamu coba.

(wk/zodi)

1. Nasi Kuning


Nasi Kuning

Kalau kuliner nasi yang satu ini tentu sudah tak asing lagi, bukan? Nasi kuning menjadi hidangan yang hampir bisa ditemui di setiap perayaan atau syukuran. Warna kuning yang dihasilkan nasi ini berasal dari olahan rempah kunyit. Karena cukup populer, setiap daerah kerap menyajikannya dengan cara yang berbeda.

Biasanya, nasi kuning banyak dijadikan sebagai nasi tumpeng. Dibentuk menyerupai kerucut, nasi ini disajikan di atas tampah bambu. Pada bagian bawah nasi akan diletakkan beragam lauk pauk yang disusun secara melingkar. Nasi tumpeng sendiri melambangkan kemakmuran dan kekayaan.

2. Nasi Jagung


Nasi Jagung

Seperti namanya, nasi ini terbuat dari jagung, alih-alih beras. Namun bukan sembarang jagung, jagung yang digunakan adalah yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Hampir sama seperti nasi beras pada umumnya, nasi jagung juga bisa dinikmati bersama lauk pauk lainnya.

Biasanya, nasi jagung paling enak dinikmati dengan urap sayur pedas dan ikan asin hingga sayur lodeh. Nasi jagung banyak dikonsumsi oleh masyarakat di daerah pedesaan karena harganya yang relatif lebih murah dibanding beras. Selain di Jawa, nasi yang satu ini juga dikonsumsi oleh masyarakat di Flores, Sumba, dan Timor.

3. Nasi Subut


Nasi Subut

Beralih ke Kalimantan Timur, ada hidangan khas yang namanya nasi subut. Berasal dari wilayah Tana Tidung, hidangan ini diolah dengan mencampurkan nasi, ubi jalar, dan biji jagung. Ubi jalar dipotong dadu kemudian dikukus. Lalu biji jagung diberi garam untuk memberikan rasa gurih.

Ketiga bahan yang sudah matang kemudian dicampur menjadi satu. Perpaduan ketiga bahan tersebut membuat nasi Subut lebih menarik karena tampilannya yang berwarna-warni. Nasi ini biasanya dinikmati dengan sate ikan pari

4. Nasi Megono


Nasi Megono

Nasi Megono banyak ditemukan di daerah Pekalongan, Batang, hingga Pemalang. Adapun penamaan nasi ini berasal dari perpaduan dua kata dalam bahasa Jawa yakni mergo yang artinya sebab dan ono yang artinya ada.

Nasi ini disajikan dengan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa dan rempah. Lauk inilah yang menjadi ciri khas hidangan nasi megono. Untuk lauknya, biasanya ada tempe mendoan, yakni tempe yang diiris tipis dan digoreng setengah matang dengan tepung.

5. Nasi Padang


Nasi Padang
nibble.id

Nasi padang hampir bisa ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Makanan ini pun juga menjadi salah satu kuliner favorit. Tak sulit untuk menemukan depot masakan Padang yang menyajikan berbagai macam pilihan lauk pauk dan sayur yang dimasak menggunakan bumbu rempah.

Beberapa lauk yang biasanya disajikan adalah daging sapi rendang, kari ikan, sayur daun singkong, babat, usus, atau tendon kaki, paru sapi hingga ayam goreng. Sambal khasnya yang berwarna hijau memiliki aroma rempah yang khas sehingga menambah cita rasanya. Intip juga kuliner khas Padang lainnya yang tak kalah lezat di sini.

6. Nasi Jamblang


Nasi Jamblang

Makanan ini berasal dari Jawa Barat. Penamaan nama ini merujuk pada tempat asal pedagang makanan tersebut, yakni Jamblang yang berada di sebelah barat Kabupaten Cirebon. Yang membuat nasi ini khas adalah cara penyajiannya yang dengan menggunakan daun jati.

Beberapa menu yang biasa disajikan sebagai lauknya adalah sambal goreng, tahu sayur, paru, semur hati, hingga daging. Ada juga perkedel, sate kentang, semur ikan, hingga telur dadar. Namun, ada satu menu yang menjadi khas nasi ini yakni sotong kuah kental. Sotong adalah sejenis cumi-cumi namun memiliki ukuran yang lebih besar.

7. Nasi Gegok


Nasi Gegok

Berasal dari Trenggalek, kuliner nasi yang satu ini cocok untuk kamu penikmat makanan pedas. Disebut juga sego gegok (sego berarti nasi dalam bahasa Jawa). Jenis beras yang digunakan untuk nasi gegok ini biasanya lebih punel. Nasi ini disajikan dengan sambal teri yang sangat pedas.

Karena bahannya yang mudah didapat, kamu bisa kok membuat nasi nusantara ini di rumah. Nasi yang sudah dimasak setengah matang dibungkus bersama sambal teri menggunakan daun pisang. Kemudian kukus selama 15 menit dan nasi gegok siap dihidangkan.

8. Nasi Timbel


Nasi Timbel

Mendengar kata timbel, apa yang ada di pikiranmu? Nasi timbel bukan berarti nasi dicampur dengan logam timbel, ya. Nasi timbel adalah makanan khas dari daerah Sunda yang biasanya dibuat dari beras merah campuran yang dimasak menggunakan daun pisang. Nasi ini biasanya dihidangkan dengan campuran lauk pauk seperti daging ayam, lalapan, hingga sambal.

Manakah dari daftar di atas yang merupakan favoritmu? Jika membahas kuliner nusantara memang tidak akan ada habisnya. Selain nasi, masyarakat Indonesia juga "tak terpisahkan" dengan yang namanya sambal. Makan tanpa sambal bagi sebagian orang tak ubahnya seperti makan sayur tanpa garam.

Meskipun pedas namun hidangan yang satu ini selalu sukses membuat penikmatnya ketagihan. Yuk intip aneka sambal nusantara yang lezat dengan berbagai bahan khasnya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel