Ada Durian hingga Ganja, Ini 10 Jenis Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makan Makin Nikmat!
bisniswisata.co.id
Kuliner

Sambal merupakan pelengkap makanan yang tidak bisa dipisahkan dari kuliner Indonesia. Jenisnya juga beragam. Mulai dari bahan dasar dan pembuatan juga berbeda-beda tiap daerah.

WowKeren - Sambal merupakan pelengkap makanan yang tidak dapat dipisahkan dari orang Indonesia. Makanan satu ini memiliki bahan utama cabai yang dihaluskan bersama dengan bahan-bahan campuran lainnya, paling utama yakni garam dan bawang.

Jika berkunjung ke warung makan di penjuru Tanah Air, mereka pasti menyajikan sambal. Entah itu sambal terasi yang sangat umum atau sambal khas dari daerah tersebut.


Ya, sambal di Indonesia memang beragam jenisnya. Bahkan bahan dasarnya aneh-aneh, lho. Misalnya saja sambal yang terbuat dari fermentasi durian. Selain itu, cara memasaknya pun berbeda. Ada yang mentah maupun diolah terlebih dahulu sebelum dihaluskan,

Berikut 10 jenis sambal khas Indonesia yang membuat makanan kalian semakin nikmat. Simak di sini, yuk!

(wk/nris)

1. Sambal Bawang dengan Rasa Pedas yang Kuat


Sambal Bawang dengan Rasa Pedas yang Kuat

Sambal pertama adalah sambal bawang. Jenis sambal satu ini menjadi salah satu yang paling mudah pembuatannya. Sambal bawang memiliki banyak penggemar di Indonesia lantaran rasanya yang sangat pedas. Bagaimana tidak? Sambal ini murni terbuat dari cabai, bawang merah dan bawang putih saja.

Cara membuat sambal bawang mudah. Bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya hanya perlu dihaluskan kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya. Setelah itu, tuangkan minyak panas ke dalam sambal, lalu aduk rata. Sambal ini siap membuat kalian menangis dan ketagihan!

2. Sambal Terasi dengan Aroma Menggoda


Sambal Terasi dengan Aroma Menggoda

Selanjutnya adalah sambal terasi. Sambal satu ini mungkin jadi yang paling universal di Indonesia. Sambal terasi memiliki ciri khas, yakni aroma terasi yang kuat dan membuat yang menciumnya menelan ludah. Rasanya pun sangat nikmat dan dapat dinikmati dengan berbagai lauk apapun. Mulai dari yang digoreng, direbus, dipanggang dan lainnya.

Sambal terasi tergolong tidak terlalu pedas dibandingkan sambal bawang lantaran menggunakan tomat sebagai bahan pembuatannya. Namun, tingkat kepedasan bisa diatur, kok. Agar lebih nikmat, tambahkan jeruk nipis setelah sambal terasi siap disajikan.

3. Sambal Cabe Ijo Khas Padang


Sambal Cabe Ijo Khas Padang

Nah, warga Padang memiliki sambal khas kebanggaan, yakni sambal cabe ijo. Sambal ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu pedas sehingga cocok buat kalian yang tidak tahan pedas. Sambal cabe ijo juga lekat dengan kandungan minyak yang tinggi. Kalian dapat menjumpainya di rumah makanan Padang.

Bahan dasar pembuatan sambal cabe ijo hampir sama dengan sambal lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada cabai dan tomat yang digunakan. Sesuai namanya, sambal ini menggunakan tomat dan cabai hijau yang rasanya memang tidak terlalu pedas. Biasanya, sambal cabe ijo juga ditambahkan ikan asin, petai atau jengkol.

4. Sambal Pencit Alias Sambal Mangga


Sambal Pencit Alias Sambal Mangga

Bahan dasar pembuatan sambal memang sangat banyak, salah satunya adalah mangga muda. Cita rasa pedas, asam dan manis yang dihasilkan sambal pencit bakal memanjakan lidah kalian. Biasanya, sambal pencit menjadi cocolan lauk yang dipanggang seperti ikan panggang atau udang panggang.

Pembuatannya sama seperti sambal pada umumnya, kok. Haluskan cabai merah, terasi, gula dan garam. Kemudian masukkan mangga yang telah diiris tipis-tipis. Aduk hingga rata, dan sambal pencit siap dinikmati!

5. Sambal Kecap yang Sederhana


Sambal Kecap yang Sederhana

Kalian pasti sudah tidak asing dengan sambal kecap, sambal sederhana yang menjadi cocolan nikmat untuk menikmati ikan bakar. Dikatakan sederhana lantaran bahan dan pembuatannya sangat mudah

Cabai dan bawang merah cukup diiris kecil-kecil. Kalian enggak memerlukan bawang putih pada sambal satu ini. Kemudian tuangkan kecap ke dalamnya. Sederhana sekali, bukan? Meski begitu, sambal kecap akan membuat ikan bakar lebih nikmat dua kali lipat.

6. Sambal Matah Khas Bali


Sambal Matah Khas Bali

Sambal matah merupakan makanan khas Bali yang kini tengah populer banget. Banyak produsen makanan yang menjadikan sambal matah sebagai varian produk mereka untuk menarik pembeli. Populernya sambal matah lantaran rasanya yang unik dan nikmat tentunya.

Untuk menikmati sambal matah, kalian enggak perlu jauh-jauh ke Bali. Kalian dapat membuatnya sendiri di rumah, kok. Cabe rawit merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk nipis di potong kecil-kecil kemudian ditambahkan minyak goreng panas. Tinggal aduk merata dan tambahkan garam serta air jeruk nipis. Sambal ini bisa menjadi cocolan makanan apa pun.

7. Sambal Tempoyak yang Terbuat dari Durian


Sambal Tempoyak yang Terbuat dari Durian

Selain mangga, durian pun bisa menjadi bahan utama pembuatan sambal, lho. Sambal tempoyak terbuat dari daging buah durian yang sudah difermentasi. Buat yang suka durian wajib banget nyobain sambal ini. Rasanya tidak bisa diremehkan, lho.

Cara membuatnya memang membutuhkan waktu. Durian tentu harus difermentasi terlebih dahulu. Kemudian campur dengan sambal yang telah dihaluskan dan ditumis. Kalian akan merasakan sensasi pedas, bercampur asam dan manis dari durian dalam sambal tempoyak.

8. Sambal Ganja Khas Aceh


Sambal Ganja Khas Aceh

Apa kalian pernah mencoba sambal ganja dari Aceh? Eits, tenang saja, sambal ini tidak menjadikan ganja sebagai bahan dasar pembuatannya, kok. Nama tersebut diberikan lantaran rasanya yang nikmat dan membuat ketagihan.

Nama asli dari sambal ganja adalah asam edeung, sambal mentah yang memakai udang sebagai bahan utama. Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ganja adalah, udang, bawang merah, belimbing wuluh, cabe rawit, serai, daun jeruk, gula, garam dan minyak goreng panas. Ulek semua bahan sampai agak halus, kemudian tambahkan udang goreng dan haluskan kembali. Setelah itu, masukkan minyak goreng panas di atasnya, laku campur hingga rata.

9. Sambal Dabu-Dabu dari Manado


Sambal Dabu-Dabu dari Manado

Manado juga memiliki sambal khas yang tak kalah nikmatnya, yakni sambal dabu-dabu. Sambal ini biasanya disajikan bersama dengan makanan laut. Rasa pedas dan segar membuat sambal ini menjadi pilihan yang pas untuk menghilangkan rasa amis pada hidangan laut.

Untuk membuat sambal ini, enggak memerlukan proses menghaluskan, lho. Kalian hanya perlu mengiris semua bahan-bahan, seperti bawang merah, cabe rawit merah dan hijau serta tomat merah dan hijau. Campurkan semuanya kemudian tambahkan gula, garam serta perasan jeruk nipis.

10. Sambal Roa yang Nikmatnya Tiada Tara


Sambal Roa yang Nikmatnya Tiada Tara

Selain sambal dabu-dabu, sambal roa juga berasal dari Manado, lho. Sambal roa terbuat dari perpaduan ikan roa yang disuir halus dan disangrai bersama dengan bumbu pelengkap lainnya. Rasanya sangat nikmat dan menggiurkan.

Pembuatan sambal roa memang tidak sesederhana sambal lainnya. kalian harus memanggang terlebih dahulu ikan roa sebelum dihaluskan. Kemudian masak pada wajan tanpa minyak hingga mengeluarkan aroma yang nikmat.

Kemudian, haluskan cabe rawit, cabe merah keriting, tomat merah, bawang merah dan bawang putih. Tumis bumbu tersebut hingga matang. Setelah sambal berwarna kecoklatan, masukkan ikan roa yang diulek sebelumnya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel