Mau Coba Pakai Clubhouse Bareng Elon Musk? Hati-Hati Malah Kena Blokir, Ini Alasannya
Tekno

Aplikasi audio chat Clubhouse yang sedang booming karena promosi bos Tesla Elon Musk ternyata berpotensi diblokir di Indonesia. Berikut alasanya.

WowKeren - Aplikasi Clubhouse tengah menjadi sorotan publik usai dipromosikan oleh orang terkaya di dunia, Elon Musk. Promosi dari bos produsen mobil listrik Tesla itu menyebabkan pengguna aplikasi Clubhouse langsung meningkat, termasuk dari Indonesia.

Namun tampaknya booming Clubhouse ini harus diwaspadai terutama dari ancaman pemblokiran. Hal ini seperti disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mengungkap Clubhouse belum mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik yang berizin operasi di Indonesia.

"Clubhouse belum terdaftar di Kominfo," ujar Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, lewat pesan singkat, Selasa (16/2). "Dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020."

Dilansir dari Warta Ekonomi, setiap penyelenggara sistem elektronik lingkup privat wajib mendaftarkan diri dan mengikuti kebijakan yang berlaku di Indonesia, sebagaimana diatur di Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2020. "Sesuai PM 5/2020, bagi yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku akan mendapatkan sanksi administrasi berupa pemutusan akses," tegas Dedy, dikutip pada Rabu (17/2).


Kendati demikian, Clubhouse masih punya waktu untuk mendaftarkan aplikasinya ke otoritas berwenang Indonesia, yakni paling lambat sampai Mei 2021. "Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020," pungkas Dedy.

Mau Coba Pakai Clubhouse Bareng Elon Musk? Hati-Hati Malah Kena Blokir, Ini Alasannya

pse.kominfo.go.id

Bila merujuk pada laman pse.kominfo.go.id, Clubhouse memang belum terdaftar di laman tersebut, baik di segmen PSE terdaftar dan PSE lama. Menurut Dedy hingga kini memang masih ada beberapa platform yang beroperasi di Indonesia namun belum terdaftar di laman tersebut karena masih dalam proses.

Di sisi lain, aplikasi Clubhouse yang tengah merengguk popularitas besar karena aplikasi audio chat-nya digandrungi banyak tokoh dunia tersebut baru menjangkau pengguna iOS saja. Namun melansir Metro, pengembang Clubhouse saat ini sedang mengerjakan versi Android, meski belum tahu kapan aplikasi itu bisa diunduh di Play Store.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts